Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Max Ikhsan

Membuat Design Kartu Pelajar dengan Adobe Photoshop

How To | Thursday, 18 Aug 2022, 14:36 WIB
Sumber: maxikhsan.my.id
Sumber: maxikhsan.my.id

Kartu Pelajar merupakan id card khusus yang dibuat sekolah untuk digunakan oleh siswa-siswi sebagai tanda pengenal. Umunya ukuran kartu pelajar sama dengan dimensi E-KTP, sehingga kartu pelajar tersebut mudah dibawa kemana saja.

Setiap sekolah biasanya memiliki design kartu yang berbeda-beda, baik dari segi warna ataupun design gambarnya. Nah, dalam artikel ini saya akan berbagi cara membuat design kartu pelajar simpel menggunakan Adobe Photohop.

Cara Membuat Design Kartu Pelajar

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat design kartu pelajar menggunakan Adobe Photoshop.

1. Siapkan Software Adobe Photoshop

Karena proses pembuatan design kartu pelajar ini menggunakan software Adobe Photoshop, maka silahkan siapkan dulu softwarenya. Apabila Anda belum memilikinya, silahkan download dulu softwarenya di website resmi Adobe. Namun apabila Anda sudah menginstal Adobe Photoshop, maka silahkan masuk ke tahap selanjutnya.

2. Buat Project

Buka Adobe Photoshop, lalu klik File, lalu klik New. Setelah itu masukan ukuran 85,60 mm x 53,98 mm untuk membuat dimensi kartu pelajar mirip dengan dimensi KTP elektronik. Selain itu buat juga resolusinya menjadi 240 pixel/inch.

Sumber: maxikhsan.my.id
Sumber: maxikhsan.my.id

3. Gunakan Pen Tool Dan Buat Design Simple

Silahkan pilih Pen Tool dengan mode Shape. Buat design background kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

Sumber: maxikhsan.my.id
Sumber: maxikhsan.my.id

4. Tambahkan Elemen Tambahan

Setelah Anda selesai membuat design background, selanjutnya Anda bisa menambahkan eleman tambahan seperti logo, nama sekolah, foto siswa/siswi, biodata singkat siswa, keterangan masa aktif kartu, dan website sekolah.

Lihat Contoh gambar di bawah ini.

Sumber: maxikhsan.my.id
Sumber: maxikhsan.my.id

5. Save File Dengan Format PNG

Setelah Anda selesai membuat design kartu pelajar simpel seperti yang saya contohkan, silahkan save filenya dengan format PNG.

Kesimpulan

Untuk mempermudah Anda dalam mempelajari cara mendesain kartu pelajar menggunakan Adobe Photoshop, silahkan Anda download file PSD design kartu pelajarnya di blog saya, yaitu www.maxikhsan.my.id.

Hal ini bertujuan agar Anda mudah memahami dasar pembuatan design kartu pelajar menggunakan Adobe Photoshop secara step by step. Karena dalam file PSD-nya sudah saya buatkan group dengan nama sesuai objek, sehingga Anda akan lebih mudah mempelajarinya.

Apabila Anda sudah bisa membuat design kartu pelajar yang simpel, cobalah membuat design baru yang lebih rumit dan lebih bagus.

Saya juga menyediakan panduan pembuatan design kartu pelajar dalam bentuk video yang bisa Anda lihat di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image