Cara Membeli Saham Secara Online untuk Pemula

Image
Kirana Elizabeth
Bisnis | Wednesday, 17 Aug 2022, 21:47 WIB

Untuk membeli saham, pertama-tama Anda memerlukan akun pialang, yang dapat Anda siapkan dalam waktu sekitar 15 menit. Kemudian, setelah Anda mendanai akun Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menemukan, memilih, dan berinvestasi di masing-masing perusahaan.

Ini mungkin tampak membingungkan pada awalnya, tetapi membeli saham sebenarnya cukup sederhana. Berikut adalah lima langkah untuk membantu Anda membeli saham pertama Anda:

1. Pilih pialang saham online

Cara termudah untuk membeli saham adalah melalui aplikasi trading online. Setelah akun dibuka dan didanai, Anda dapat mulai membeli saham melalui situs web broker dalam hitungan menit. Pilihan lain termasuk menggunakan pialang saham layanan lengkap atau membeli saham langsung dari perusahaan.

Membuka rekening pialang online semudah membuka rekening bank: Anda mengisi aplikasi rekening, memberikan identifikasi, dan memilih untuk mendanai rekening melalui cek atau transfer kawat.

2. Teliti saham yang ingin Anda beli

Setelah Anda menyiapkan dan mendanai akun pialang Anda, inilah saatnya untuk masuk ke bisnis pengambilan saham. Seperti trading forex, Tempat yang baik untuk memulai adalah dengan meneliti perusahaan yang sudah Anda ketahui dari pengalaman Anda sebagai konsumen.

Jangan biarkan data yang berlebihan dan volatilitas pasar real-time membanjiri Anda saat Anda melakukan riset. Jaga agar tujuan tetap sederhana: perusahaan yang ingin Anda miliki.

Warren Buffett pernah berkata, "Beli perusahaan karena Anda ingin memilikinya, bukan karena Anda ingin sahamnya naik." Dia melakukan pekerjaan yang bagus dengan mengikuti aturan ini.

Setelah Anda mengidentifikasi perusahaan-perusahaan ini, saatnya untuk melakukan riset. Mulailah dengan laporan tahunan perusahaan—khususnya, surat tahunan manajemen kepada pemegang saham. Surat ini memberi Anda pandangan tingkat tinggi tentang apa yang terjadi di perusahaan dan memberikan konteks untuk angka-angka dalam laporan.

Setelah itu, sebagian besar informasi dan alat analisis yang Anda perlukan untuk mengevaluasi bisnis Anda tersedia di situs web broker Anda, seperti pengajuan B. SEC, transkrip panggilan konferensi, pembaruan pendapatan triwulanan, dan berita terkini. Sebagian besar broker online juga menawarkan tutorial tentang cara menggunakan alat mereka dan bahkan lokakarya pengambilan saham dasar.

3. Tentukan berapa banyak saham yang ingin Anda beli

Anda tidak akan pernah merasakan tekanan untuk membeli sejumlah saham tertentu atau mengisi seluruh portofolio Anda dengan satu saham pada satu waktu. Pertimbangkan untuk memulai perdagangan kertas dan menggunakan simulator pasar saham untuk membuat kaki Anda basah. Tak jauh berbeda dengan trading kripto, trading saham memungkinkan Anda belajar membeli dan menjual saham dengan mata uang virtual.

Atau, jika Anda ingin menginvestasikan uang nyata, Anda dapat memulai dari yang kecil -- sangat kecil. Anda dapat membeli hanya satu saham untuk merasakan bagaimana rasanya memiliki saham individu dan apakah Anda memiliki kemampuan untuk melewatinya tanpa tidur malam. Jika Anda menguasai hak membual pemegang saham, Anda dapat memperluas posisi Anda dari waktu ke waktu.

Investor di saham baru mungkin juga ingin mempertimbangkan saham fraksional, produk yang relatif baru dari broker online yang memungkinkan Anda membeli sebagian kecil saham alih-alih seluruh saham. Ini berarti Anda bisa masuk ke saham mahal dengan investasi lebih sedikit. SoFi Active Investing, Robinhood dan Charles Schwab adalah di antara broker yang menawarkan saham pecahan.

Banyak broker juga menawarkan alat untuk mengubah jumlah dolar menjadi saham. Ini dapat berguna ketika Anda memiliki jumlah investasi tetap (misalnya $500) dan ingin mengetahui berapa banyak saham yang dapat Anda beli dengan jumlah tersebut.

4. Pilih jenis pesanan gudang Anda

Jangan terintimidasi oleh semua angka dan kombinasi kata yang tidak berarti di halaman pemesanan online broker. Lihat lembar contekan ini untuk ketentuan dasar perdagangan saham.

Ada banyak lagi tindakan perdagangan yang mewah dan jenis pesanan yang kompleks. Jangan khawatir sekarang -- atau jangan pernah khawatir. Investor hanya menggunakan dua jenis pesanan untuk membangun karier yang sukses: pesanan pasar dan pesanan batas.

Dengan market order, Anda menunjukkan bahwa Anda akan membeli atau menjual saham pada harga pasar terbaik saat ini. Karena pesanan pasar tidak menetapkan parameter harga untuk perdagangan, kecuali jika Anda mencoba membeli satu juta saham dan mencoba untuk mendapatkan perampokan, pesanan Anda akan segera terisi dan terisi penuh.

Jangan kaget jika harga yang Anda bayar (atau dapatkan saat Anda menjualnya) tidak persis sama dengan harga yang Anda diberitahu beberapa detik yang lalu. Harga beli dan jual berfluktuasi terus menerus sepanjang hari. Untuk alasan ini, saat Anda membeli saham yang harganya tidak terlalu banyak bergerak, sebaiknya gunakan pesanan pasar -- saham unggulan yang besar dan stabil -- daripada perusahaan yang lebih kecil dan lebih bergejolak.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Layanan Paspor Hari Sabtu Edisi Unit Layanan Paspor

Image

Telah Memenuhi Syarat, Tiga Narapidana Rutan Jepara Mendapat Asimilasi

Image

Lapas Brebes Ikuti Pengarahan dari Kakanwil dan Kadivpas Kemenkumham Jateng Melalui Zoom

Image

Kalapas Batang Ikuti Kursus Orientasi Sedang Pramuka

Image

Tingkatkan Kedisiplinan CPNS Lapas Brebes Melaksanakan Apel Malam

Image

Etika Jurnalistik: Pelanggaran Privasi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image