Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sariningsih

Cerita Seru untuk Anak Hebat

Edukasi | Monday, 15 Aug 2022, 10:35 WIB

Salah satu cara yang efektif untuk membentuk karakter anak adalah dengan bercerita. Anak menyukai buku cerita bergambar karena memungkinkan mereka agar bisa berimajinasi, anak akan lebih mudah memahami ceritanya.

Pengenalan pendidikan karakter sangatlah penting ditanamkan pada anak-anak sejak dini. Salah satunya dengan membacakan buku cerita anak. Seperti membacakan buku Cerita Seru untuk Anak Hebat yang ditulis oleh Dati Pamina Safitri, S.Pd.SD. bersama penerbit Leguty Media yang berisi berbagai cerita mendidik.

Salah satu cerita menarik berjudul ucapan terima kasih yang berharga. Kata terima kasih adalah sebuah kata sederhana, namun sangat berarti maknanya. Jika seorang anak mengucapkan dengan hati yang tulus, akan tampak jelas perbedaannya. Mengucapkan kata terima kasih adalah satu hal yang perlu dibiasakan sejak usia dini.

Saat masih kecil biasanya anak mengucap kata penting ini terutama ketika mereka mendapatkan sesuatu dari orang lain. Sesuatu itu dapat berarti ketika mereka mendapat kado istimewa, permen, makanan, atau barang berharga. Seiring berjalannya waktu, anak perlu mendapatkan pengertian bahwa mengucap kata ‘terima kasih’ sebaiknya bukan hanya pada saat kita mendapatkan sesuatu benda atau materi yang kelihatan saja, namun juga ketika kita menerima kebaikan dan pertolongan orang lain.

Dengan belajar mengucapkan kata 'terima kasih' tanpa disadari kita telah menanamkan satu sikap untuk bisa menghargai sesama sekaligus membiasakan anak untuk dapat mengucap syukur atas segala hal yang diterimanya.

Cerita yang lain berjudul Tempe kesukaan Anakku, cerita keseruan seorang ibu yang menyiapkan makanan untuk anaknya. Seorang ibu selalu mempunyai ide supaya anaknya mau makan. Dengan makanan yang baik anak-anak akan tubuh dengan baik dan sehat.

Buku ini juga dilengkapi dengan berbagai gambar menarik yang mendukung ceritanya. Cocok untuk dijadikan teman membaca anak-anak di sore hari. Orang tua juga bisa menemani putra dan putrinya membaca buku. Dengan membacakan buku anak-anak akan lebih menyukai dunia literasi.

Yang tidak kalah penting dengan membacakan buku untuk anak dapat meningkatkan ikatan antara anak dan orang tua. Orang tua yang sibuk sering melewatkan momen spesial dengan anak. Kondisi ini bahkan bisa membuat anak merasa kurang perhatian.

Manfaat lain ketika membacakan buku untuk anak adalah dapat meningkatkan kemampuan otak anak. Untuk anak balita dia akan mendapatkan berbagai kosakata baru yang mendukung perkembangan otaknya.

Membaca juga mendukung masa depan. Anak-anak yang sudah terbiasa membaca buku biasanya memiliki keinginan atau cita-cita yang lebih terarah di masa depan. Manfaat lain adalah dengan membaca dapat melatih konsentrasi. Walaupun belum lancar membaca huruf dan hanya melihat gambarnya, membaca melatih konsentrasi si kecil.

Terakhir dengan membaca anak dapat melatih imajinasi. Secara tidak sadar, membaca buku dapat melatih otak untuk membayangkan karakter, tempat, gambaran benda, dan lain-lainnya dari cerita.

Mari kita bangun kebiasaan baik membaca buku bersama anak-anak dan dapatkan berbagai manfaatnya. Agar nanti terbentuk generasi cerdas dengan akhlak yang mulia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image