Darurat Pelecehan Seksual pada Anak: Mahasiswa UMSurabaya Berikan Edukasi untuk Siswa Sekolah Dasar

Image
Humas KKN Paciran
Edukasi | Sunday, 14 Aug 2022, 16:00 WIB
Sumber: dokumentasi pribadi

Menjadi sebuah keresahan bersama tatkala semakin merebaknya kasus pelecehan seksual yang acap menimpa anak-anak. Ini menjadi tugas berat yang harus kita pikul melalui upaya-upaya pencegahan yang massif. Dimulai dari edukasi hingga pengkondisian lingkungan yang ramah dan aman bagi anak-anak, perempuan, serta individu yang dianggap rentan mengalami pelecehan ini.

Menyikapi hal tersebut, Sabtu, 13 Agustus 2022 melalui program kuliah kerja nyata, mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) melakukan kegiatan edukasi seksual untuk siswa sekolah dasar. Kegiatan ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah 02 dan MI Muhammadiyah 01 Pondok Modern Paciran.

Kegiatan yang bertemakan “Edukasi Seksual untuk Anak Usia Sekolah Dasar, Sebagai Upaya Pencegahan Tindakan Asusila Terhadap Anak" ini, diikuti sebanyak sembilan puluh siswa siswi kelas V dan VI. Materi edukasi disampaikan melalui video interaktif dan media boneka sebagai peraga. Dikemas dengan metode fun learning.

Dalam materinya, narasumber yang merupakan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Kedokteran dengan gamblang menjelaskan anggota tubuh yang tidak boleh disentuh oleh orang lain kecuali orang tua dan dirinya sendiri. Selain itu mahasiswa juga menyampaikan tentang apa yang harus dilakukan oleh anak jika mendapat pelecehan, misalkan disentuh orang lain di bagian terlarang, atau ada yang secara paksa meminta anak membuka baju atau melakukan perbuatan yang tidak wajar dan tak menyenangkan.

Sumber: dokumentasi pribadi

Di penghujung acara, mahasiswa memberikan kuis dan hadiah bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan seputar materi. Semua siswa tampak antusias menjawab pertanyaan seputar materi edukasi yang telah disampaikan.

Usai acara edukasi, siswa dan guru diajak bersama-sama mendeklarasikan seruan “ayo lindungi anak dari kekerasan seksual” melalui cap tangan dalam bentangan kain dengan seruan tersebut.

“Kami senang melihat keceriaan anak-anak dan antusias mereka tadi. Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat,” ujar Hibatun Nihaya, salah satu guru MI yang turut mendampingi.

“Harapannya dari edukasi seksual yang telah di sampaikan, siswa-siswi dapat memahami apa saja bentuk pelecehan, bagian tubuh mana yang tak boleh disentuh, memberi motivasi dan keberanian siswa untuk menolak dan berkata tidak, serta yang paling penting melalui edukasi ini, paling tidak mereka menjadi tidak enggan lagi bercerita kepada orang tua tentang apa saja yang mereka alami,” tutur Holy Wahyuni yang merupakan dosen pembimbing lapangan tim KKN UMSurabaya.

Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sekaligus pemerhati anak ini juga menambahkan, “Selain itu, kami berharap kegiatan ini juga dapat menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya untuk melakukan hal serupa. Bahwa bukan lagi menjadi hal tabu memberikan pemahaman tentang organ tubuh anak yang tidak boleh disentuh, meskipun organ tubuh tersebut selama ini tabu diujarkan oleh anak-anak, seperti payu dara dan kemaluan, semoga semakin banyak sekolah yang dapat mweujudkan lingkungan yang ramah anak dari segala bentuk pelecehan dan perundungan.”

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tim Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Surabaya di Desa Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Karupbasan Purbalingga Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Administrasi dan Fungsional

Image

Umsida Gelar Kuliah Umum dan Penandatanganan MoU dengan Pemkab Nganjuk

Image

Sambut Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah, Pesantren AmanahMu Tasikmalaya Gelar Amanah Great Camp

Image

Upaya PK Bapas Purwokerto lakukan Litmas usulan CB dengan Komprehensif

Image

Cair Hari Ini, Begini Cara Cek BSU Tahap 4 Rp 600.000

Image

Lapas Pemuda Plantungan Turut Berduka Cita Atas Tragedi di Stadion Kanjuruhan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image