Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bubble

Ingin Jus Tambah Sehat? Tambahkan Bahan Makanan Ini Saja

Gaya Hidup | Sunday, 14 Aug 2022, 15:59 WIB

Apa yang biasanya kamu tambahkan jika kamu membuat jus buah atau sayur? Umumnya kita hanya membuat jus dari sayur dan buah sebagai bahan bakunya saja kan?


Jus buah ataupun sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang super sehat karena tidak hanya banyak mengandung vitamin dan mineral, namun, jus buah dan sayuan juga bisa memenuhi kebutuhan gizi harian yang penting, salah satunya yaitu serat.


Buah dan sayuran memang merupakan bahan makanan alami yang banyak mengandung vitamin, serat, mineral, cairan, gula alami, dan fitonutrien yang penting bagi tubuh kita. Tak heran, jika jus buah dan sayuran menjadi bahan makanan yang super sehat dan cukup mudah untuk dikonsumsi.


Tapi tahukah kamu bahwa jus buah dan sayuran yang kamu konsumsi bisa menjadi lebih sehat lagi jika kamu menambahkan beberapa bahan makanan sederhana yang cukup mudah kamu peroleh?


Berikut, 4 Bahan Makanan yang Bisa ditambahkan dalam Jus agar lebih Sehat


Beberapa bahan makanan yang bisa ditambahkan dalam jus agar makin sehat, adalah bahan makanan yang bisa melengkapi kandungan gizi yang belum ada pada jus yang kamu buat.


Hal ini bisa kamu peroleh dari bahan makanan yang berasal dari protein atau biji-bijian. Makanan dari protein, baik yang segar ataupun olahan alami, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambahkan kandungan protein yang belum ada pada jus buah dan sayuran yang kamu buat. Sedangkan, biji-bijian bisa memberikan asupan fitonutrien dan lemak baik dalam jus kamu.

Lantas, apa saja sih bahan makanan yang bisa ditambahkan dalam jus agar lebih sehat?


Berikut, bahan makanan yang bisa kamu tambahkan dalam jus agar lebih sehat yang telah dirangkum dari laman doktersehat pada (14/8/2022).


1. Yoghurt


Yang pertama yaitu yoghurt. Tentu bahan ini sudah umum ditambahkan dalam jus ya? Akan tetapi, jika kamu menginginkan jus kamu super sehat, pilih yoghurt yang rendah lemak dan tanpa rasa.
Hal ini agar efektif membuat kandungan protein hewani dari yoghurt lebih maksimal manfaatnya, sehingga jus yang kamu konsumsi akan bergizi dan lengkap.


Jangan asal memilih yoghurt karena dapat menyebabkan asupan zat gizi yang bisa membuat jus kamu jadi tidak sehat. Lemak tidak jenuh, atau lemak jahat yang ada pada yoghurt tidak rendah lemak dan gula buatan yang tinggi, bisa membuat jus kamu jadi kurang optimal manfaatnya.


2. Kacang Tanah atau Selai Kacang


Pernahkah kamu mencoba menambahkan jus yang kamu buat dengan kacang tanah atau selai kacang? Bahan makanan sumber protein hewani yang satu ini bisa menjadi tambahan jus yang super sehat, loh.
Tidak hanya menambah cita rasa gurih, jus buah atau sayuran kamu juga akan bergizi dan jadi lebih lengkap.


Pilihlah sayuran yang memiliki rasa agak hambar, misalnya seperti sayuran berdaun hijau untuk ditambahkan kacang-kacangan agar semakin nikmat, serta pilih buah yang cocok ditambahkan dengan selai kacang, misalnya seperti pisang.


3. Biji Chia


Kamu bingung bagaimana mengolah biji chia untuk apa? Tambahkan saja pada jus kamu dijamin tambah sehat.


Biji chia bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat sebagai tambahan bahan dalam jus atau sayuran kamu. Kamu juga bisa mencampurkan dalam jus buah atau sayur, serta kamu juga bisa menambahkan biji chia sebagai toping jus atau minuman sehat lainnya.


Hal ini akan lebih efektif serta membuat asupan biji chia yang kaya akan fitonutrien ini, bisa lebih optimal dalam tubuh kamu.


4. Biji Bunga Matahari


Tidak hanya nikmat sebagai camilan, biji bunga matahari juga merupakan bahan makanan super sehat yang bisa kamu tambahkan dalam jus loh.


Biji bunga matahari merupakan bahan makanan sumber vitamin E dan kaya akan lemak baik yang penting bagi tubuh. Hal ini tentu sangat baik untuk mendukung jus yang super sehat dan nikmat, bukan?


Itulah beberapa jenis bahan makanan yang bisa ditambahkan dalam jus agar lebih sehat. Dapatkan informasi seputar pendidikan dan teknologi di megachipdue.info. Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image