Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ary Gunawan

MI Sunan Pandanaran Gelar Workshop IKM bersama IGI

Eduaksi | Sunday, 14 Aug 2022, 09:01 WIB
Hibatun Wafirah, Sekjend PP IGI (kiri), Ary Gunawan, Ketua IGI DIY (tengah), dan Ili Rohili, M.Pd., Kepala MI Sunan Pandanaran (kanan) saat membuka Workshop IKM.

Madrasah Ibtidaiyah Sunan Pandanaran Sleman (MI Sunan Pandanaran) menyelenggarakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sabtu (13/08). Kegiatan ini menghadirkan narasumber Ibu Hibatun Wafiroh, M.Pd., Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang merupakan instruktur nasional sekolah penggerak.

Acara dibuka oleh Kepala MI Sunan Pandanaran, Bapak Ili Rohili, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ikhtiar belajar Kurikulum Merdeka untuk guru MI Sunan Pandanaran meskipun tahun ini belum menjadi piloting pelaksanaan program oleh Kementerian Agama. "Tidak boleh ketinggalan informasi dan perkembangan." Demikian ditegaskan Ili dalam sambutannya.

Sebagai informasi, Kepala MI Sunan Pandanaran merupakan peraih penghargaan Kepala Madrasah Berprestasi Juara I Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kabupaten Sleman Tahun 2022.

Dalam kesempatan ini, hadir Ary Gunawan, Ketua IGI Wilayah DIY. Ary menyampaikan mengajak guru MI Sunan Pandanaran untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam peningkatan kompetensi guru. "Banyak kegiatan peningkatan kompetensi di IGI DIY, mari bergabung dan saling sharing and growing together." Terang Ary dalam sambutannya.

Penyematan pin IGI secara simbolis kepada Kepala MI Sunan Pandanaran oleh Ketua IGI DIY disaksikan Sekjend PP IGI

Ibu Hibatun Wafiroh merupakan alumni Pondok Pesantren Pandanaran sehingga memiliki ikatan emosional yang kuat sebagai keluarga besar Pandanaran. Kegiatan workshop ini juga menjadi kesempatan untuk bernostalgia dengan rekan seperjuangan maupun kenangan selama menempuh pendidikan.

Workshop IKM yang dilaksanakan dalam upaya mempersiapkan pembelajaran paradigma baru yang diusung dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Ibu Wafi, mengajak semua guru untuk membangkitkan semangat literasi numerasi, kegiatan kolaboratif dan perancangan strategi pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan fullday hingga pukul 16.00 WIB. Peserta nampak antusias dan mengikuti kegiatan dengan sangat bergembira meskipun dilaksanakan di hari Sabtu, di tengah padatnya agenda sekolah.

Berikut beberapa dokumentasi pelaksanaan kegiatan workshop yang dilakukan.

Peserta melakukan kegiatan kolaboratif dalam bentuk diskusi kelompok
Peserta melakukan presentasi hasil melalui post-it
Ice breaking untuk memusatkan perhatian dan relaksasi edukatif
Narasumber berfoto bersama dengan seluruh peserta workshop

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image