5 Cara Memulai Go Digital Untuk UMKM Pemula, Bikin Omset Meningkat

Image
Andrew Pradana
Bisnis | Saturday, 13 Aug 2022, 18:48 WIB

Sekarang ini, strategi pemasaran tidak hanya berfokus pada promosi secara offline saja akan tetapi juga perlunya pemanfaatan teknologi yang bisa menjangkau pasar dengan lebih luas lagi. Melalui Go digital Anda dapat memanfaatkan teknologi dengan cara memperluas jangkauan promosi bisnis Anda.

Guna mengikuti perkembangan teknologi saat ini sektor UMKM memerlukan konsep go digital. Konsep itu dapat disebut juga dengan digitalisasi bisnis. Digitalisasi bisnis sendiri, adalah sebuah proses yang mengubah interaksi, komunikasi, dan seluruh manfaatnya dalam suatu bisnis konvensional menjadi bisnis digital.

Proses go digital ini mencakup berbagai hal, yakni pengenalan dan penggunaan media sosial, metode transaksi, hingga dengan cara pelaku UMKM mengatur bisnisnya untuk menjadikan kinerja pelaku bisnis berubah menjadi lebih efisien dan mampu bersaing dengan lainnya. Agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi secara baik, berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam memulai go digital untuk pemula, diantaranya:

1. Melakukan Riset Pasar

Cara pertama untuk memulai Go Digital untuk UMKM ini yaitu dengan melakukan riset pasar. Dengan adanya kegiatan riset pasar ini diharapkan dapat membuka peluang yang besar suatu barang terjual. Sejumlah aspek yang penting untuk Anda perhatikan ketika melakukan riset pasar yakni permintaan atas barang yang Anda jual pada platform tempat berjualan nantinya.

2. Melakukan Riset Pesaing

Mempunyai kompetitor dalam berbisnis tidaklah hal yang menakutkan maupun buruk. Dengan mengetahui kompetitor tersebut Anda bisa mengetahui strategi pemasaran secara tepat bagi produk dan juga mempertahankan loyalitas para pelanggan.

3. Mencari Supplier yang Berkualitas

Ketika Anda telah siap untuk beralih ke online, maka Anda perlu memperhatikan kualitas barang yang Anda jual. Jangan sampai para pelanggan merasa kecewa untuk membeli produk Anda. Tentunya menyediakan barang berkualitas ini sangat penting dalam menjaga loyalitas dari pelanggan.

Anda dapat menentukan supplier dari beberapa daerah yang memiliki kualitas bagus di e-commerce. Serta pastikan kembali kredibilitas dari supplier dengan melihat rating dan reviewnya.

4. Memperkuat Brand Bisnis

Gerakan Go digital untuk UMKM ini menuntut brand Anda supaya dapat menonjol diantara lainnya. Hal itu dapat Anda mulai dengan membuat logo dan nama toko yang cukup unik. Nah, dengan begitu para calon pelanggan Anda dapat mengingat bisnis Anda secara mudah.

Serta perlunya membuat sosial media brand Anda sebagai media untuk berkomunikasi dengan para pelanggan. Lakukan interaksi terkait produk Anda.

5. Memasarkan Produk Secara Online

Membuat sosial media merupakan salah cara yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah produk secara online. Anda dapat melakukan pemasaran lewat post dan story promosi menggunakan Instagram dan Facebook secara gratis.

Akan tetapi, bila dirasa kurang Facebook mempunyai fitur iklan berbayar yang dapat Anda pakai. Biayanya bisa Anda sesuaikan dengan anggaran iklan yang sudah dipersiapkan.

Kelebihan dari UMKM Go Digital

Terdapat sejumlah kelebihan atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat Anda telah beralih ke bisnis online, diantaranya:

1. Modal yang Relatif Sedikit

Dengan berbisnis secara online Anda tidak perlu memikirkan modal untuk sewa toko. Modal yang Anda perlukan dalam bisnis online ini hanyalah sebuah handphone, kuota internet, serta bahan baku. Jadi bisa Anda lakukan dimana saja. Serta Anda dapat memperhatikan gadget Anda dan mengawasi toko Anda dimana saja dan kapan saja.

2. Biaya Operasional Lebih Efisien Lagi

Karena tidak memerlukan tempat khusus untuk berjualan, maka biaya operasional dapat lebih efisien. Sehingga Anda hanya perlu memikirkan biaya operasional, misalnya kuota internet, biaya packaging, dan PLN.

3. Audience yang Semakin Luas

Pengguna internet yang saat ini semakin banyak membuat potensi bisnis Anda untuk dikenal pun akan lebih besar. Dengan strategi yang tepat, maka brand Anda dapat dikenal oleh seluruh Indonesia dari berbagai kalangan.

4. Biaya Pemasaran yang Sangat Murah

Karena bisnis online, maka Anda tidak perlu melakukan iklan dengan memakai brosur maupun papan billboard lagi. Sekarang ini pemasaran digital dapat semakin mudah dengan memakai bantuan dari Facebook dan Instagram. Bahkan sejumlah e-commerce pun memiliki fitur pemasaran tersendiri.

Go digital untuk UMKM ini bisa Anda lakukannya secara mudah dan mempunyai banyak sekali kelebihan atau keuntungan yang Bisa Anda dapatkan. Apalagi, bila Anda membuat toko pada e-commerce, misalnya shopee, lazada, tokopedia, dan lainnya secara gratis.

Alasan Mengapa Perlu Melakukan Bisnis Secara Digital

Berikut adalah sejumlah alasan terkait alasan mengapa perlu melakukan bisnis secara digital, diantaranya:

1. Jangkauan Pasar Secara Lebih Luas Lagi

Alasan pertama yang mendasari para pelaku UMKM yaitu supaya untuk memanfaatkan ekosistem digital dan dapat memperluas jangkauan pasar. Keterbatasan sistem distribusi dan pemasaran dari dulu menjadi kendala utama untuk berbisnis kecil. Akan tetapi, sekarang ini hal itu sudah dapat di minimalisirkan dengan hadirnya sosial media dan website yang bisa menjangkau pemasaran sehingga dapat menembus batasan marketing tradisional.

2. Meminimalisir Hilangnya Pendapatan

Meminimalisir hilangnya target ini maksudnya yaitu kecenderungan pengguna yang mulai merasa nyaman terhadap ekosistem digital. Mulai dari jasa transportasi, transaksi sampai dengan belanja kebutuhan secara online.

Bila bisnis Anda tidak menyesuaikan dengan kebiasaan tersebut, maka bersiaplah kehilangan potensi pendapatan dari konsumen yang semakin dimanjakan dengan kemudahan akses secara online.

3. Pertumbuhan Penggunaan Internet Semakin Pesat

Jumlah pengguna internet di Indonesia yang tiap tahun selalu meningkat dengan cukup signifikan ini membuat para pelaku UMKM merambah pasar digital.

4. Biaya Pemasaran Dapat Diatur Sesuai Dengan Kebutuhan Masing-masing

Guna memperkenalkan bisnis, Anda dapat memanfaatkan platform email yang dapat mengirim pesan ke ribuan orang dengan hanya beberapa klik saja. Selain itu, Anda juga dapat melihat seberapa efektif kampanye yang Anda lakukan berkat adanya fitur analytics yang merekam setiap respon dari pelanggan.

5. Pertumbuhan Dapat Lebih Cepat Lagi

Alasan terakhir yang menjadi dasar untuk pelaku UMKM terletak pada pertumbuhan dapat lebih cepat. Kecepatan penyebaran informasi sekarang ini menjadi kunci utama dalam setiap bisnis digital. Sebab dengan memanfaatkan platform digital secara maksimal, maka jumlah pengunjung yang melihat produk Anda akan semakin banyak dan tentunya beragam. Dengan begitu potensi penjualan Anda dapat semakin besar lagi.

Nah itulah, informasi terkait Go digital untuk UMKM. Semoga informasi tersebut dapat membantu para pelaku UMKM.

 

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang Travel Blogger dari Pekanbaru

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kedokteran Unismuh Jalin Kerja Sama dengan Perusahaan Telemedisin Asal Italia

Image

Tingkat Kedisplinan di Implemntasikan oleh Pegawai Rupbasan Semarang dengan Giat Apel Pagi

Image

PK Bapas Nusakambangan Gali Data demi Kesesuaian Rekomendasi Program

Image

Layanan Paspor Hari Sabtu Edisi Unit Layanan Paspor

Image

Apel Bimbingan Klien Asimilasi di Rumah di Bapas Purwokerto

Image

Pengalaman Gonta-ganti Susu Formula Untuk Anak

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image