Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Dinas Sosial Aceh Kunjungi Dayah Wakaf Barbate

Eduaksi | Friday, 12 Aug 2022, 08:59 WIB
Tim Dinas Sosial Aceh mengunjugi Dayah Wakaf Barbate, Blang Bintang, Aceh Besar, Kamis (11/08/2022). Foto Dok YWBIC

Aceh Besar - Dalam rangka verifikasi faktual terkait penggalangan uang dan barang (PUB) yang akan dilakukan oleh Yayasan Wakaf Barbate Islamic City (YWBIC). Dinas Sosial Aceh mengunjungi Dayah Wakaf Barbate di kawasan Kebun Kurma Barbate, Blang Bintang, Aceh Besar, Kamis (11/08/2022).

Tim Dinas Sosial Aceh yang dipimpin Malawani, SE disambut Pengurus Yayasan Wakaf Barbate Ir. Abubakar, MT (Pengawas), Rahman Zainal (Wakil Ketua), Zulfikar (Sekretaris), Dr. Azwar, ST. M. Eng. Sc (Wakil Sekretaris), Husaini SE (Bendahara), Irwan Faisal, SE. Ak. MM (Wakil Bendahara) dan Ustaz Muhammad Muhajir, Ustaz Zulfikar Ramli, Ustaz Muhammad Hafiz Auji, Lc serta seluruh Santri Dayah Wakaf Barbate.

Malawani yang saat ini menjabat Kepala Seksi Pemberdayanan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial menjelaskan, jika yang dimaksud Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) adalah setiap usaha mendapatkan uang atau barang untuk pembanguan dalam kesejahteraan sosial/mental/agama/kejasmanian pendidikan dan bidang kebudayaan.

“Kegiatan PUB ini didasari dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1961 tentang Pengumpulan Uang atau Barang, UU Nomor 11 Tahun 2029 tentang Kesejahteran Sosial, Keputusan MenteriSosial RI Nomor 56/Huk/1996 tentang Pelakasanan Pengumpulan Sumbangan Masyarakat,” terang Malawani.

Dalam hal pemberian rekomendasi terkait izin PUB, maka tupoksi Dinsos lebih kepada sosialisasi mekanisme penerbitan izin PUB yang dilakukan oleh pemohon (pemohon izin) dan pengawasan terhadap kegiatan dalam bentuk pengumpulan uang atau barang. Sehingga tepat sasaran dan sesuai dengan aturan yang ada.

Ditambahkan Malawani, dengan kunjungan pihaknya secara langsung, pelaksanaan kegiatan yang dikelola oleh Pengurus Yayasan Wakaf Barbate Islamic City, khususnya Santri Dayah Wakaf Barbate, cukup baik dan sempurna adanya.

“In syaa Allah rekomendasi dengan melihat secara langsung dapat segera diproses,’ ungkapnya.

Kepada 19 Santri dan 3 Ustaz Dayah Wakaf Barbate, Malawani turut memberi motivasi agar patuh dan taat dan patut kepada Ustaz yang telah membimbing, dan pupuk rasa persaudaraan sesama disini, “kalian disini seperti satu keluarga, oleh karenanya ibu selalu berdoa supaya kalian menjadi anak yang shaleh dan berbakti kepada orang tua, nusa dan bangsa. Amiin,” harapnya.

Malawani bersama Tim terlihat berbaur dengan Santri saat memberi motivasi kepada di Aula Dayah Wakaf Barbate Kebun Kurma Blang Bintang Aceh Besar.

Dikatakan Malawani, jika santri rindu dan teringat orang tua, maka ambil wudhu, maka lakukan doa kepada orang tua dan kirim Al Fatihah buat mereka. In syaa Allah ini adalah salah satu obat yang mujarab.
"Mengapa ini saya sampaikan anak ibu juga masuk asrama seperti kalian juga,” ulasnya.

Sementara itu Wakil Ketua Yayasan Wakaf Rahman Zainal mengucapkan terima kasih kepada Tim Dinsos Aceh yang telah hadir berkunjung ke Dayah Wakaf Barbate dan memberikan dukungan penuh.

“Kami sangat mengapresiasi kerja nyata yang dilaksanakan oleh jajaran Dinas Sosial Aceh dalam rangka proses rekomendasi dimaksud,” ujar Rahman Zainal.

Turut mendampingi Tim Dinas Sosial Safriani, S. Psi. MM, Amiruddin, S. I. Kom, Taufan Jaya, ST, Fatiya, S. TP dan Cut Isnawati, SHI. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image