Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Kuy, Kenali Isi 4 Jenis Reksa Dana Ini Biar Hasil Investasinya Maksimal

Eduaksi | Thursday, 11 Aug 2022, 10:53 WIB

Investasi reksa dana jadi produk investasi idaman untuk investor pemula yang ingin masuk ke pasar modal. Selain gampang, investor juga nggak perlu ribet untuk melihat dan mengecek market setiap saat.

Investasi reksa dana sudah serba online berbasis aplikasi sehingga mudah dinikmati dengan smartphone di genggaman tangan, semisal melalui supermarket reksa dana IPOTFund yang menjajakan 279 reksa dana dari 43 Manajer Investasi.

Beragam produk reksa dana di platform IPOTFund yang sudah terintegrasi dalam aplikasi IPOT ini memberi banyak alternatif reksa dana sehingga investor bisa memilih yang terbaik dari sisi kinerja biar returnnya maksimal dengan fitur-fitur yang disediakan.

Begitu reksa dana yang terbaik sudah dibeli, investor tinggal duduk manis menunggu hasil kinerja Manajer Investasi yang mengelolanya. Hanya sesekali perlu melihat pertumbuhan return, investor nggak perlu memantengi market setiap saat.

Namun sebelum sampai pada tahap keputusan pada reksa dana tertentu, ada baiknya investor mengenal barangnya terlebih dulu secara detail. Pengenalan isi produk dengan baik akan memberikan kenyamanan sekaligus hasil yang optimal.

Berikut ini isi 4 jenis reksa dana yang wajib dipahami investor:

1. Reksa Dana Pasar Uang

Isi dari Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) ini 100% portofolionya berupa surat berharga dengan jatuh tempo kurang dari 1 tahun. Karena kurang dari 1 tahun (jangka pendek) maka produk RDPU ini cocok untuk investor yang bertipe konservatif dengan jangka waktu kurang dari 1 tahun. Tingkat risiko pada jenis reksa dana ini paling rendah, namun tingkat return juga tidak terlalu tinggi.

2. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Isi dari Reksa Dana Pendapatan Tetap ini 80% portofolionya dalam bentuk efek bersifat uang yang umumnya oblogasi dengan jatuh tempo 1-3 persen. Sama halnya dengan RDPU, Reksa Dana Pendapatan Tetap ini cocok untuk investor konservatif untuk jangka waktu investasi 1-3 tahun. Reksa dana ini cocok untuk investor yang mencari keuntungan tingkat bunga optimal dengan mengutamakan pendapatan yang stabil dan konsisten (income fund).

3. Reksa Dana Campuran

Isi Reksa Dana Campuran ini efek bersifat ekuitas, utang dan pasar uang dengan ketentuan maksimum 79 persen pada masing-masing efek dengan jangka waktu investasi 3-5 tahun. Dengan isi seperti ini maka Reksa Dana Campuran ini cocok untuk investor bertipe moderat. Reksa dana campuran ini cocok untuk para investor yang menginginkan pendapatan yang memadai dengan memanfaatkan peluang pertumbuhan investasi dalam jangka panjang.

4. Reksa Dana Saham

Isi Reksa Dana Saham ini 80% berbentuk efek bersifat ekuitas yakni saham dengan jangka waktu investasi di atas 5 tahun. Dengan isi yang seperti ini maka reksa dana saham cocok untuk investor bertipe agresif. Jenis reksa dana ini sangat cocok buat investor bertipe agresif yang menginginkan tingkat return yang tinggi, tetapi siap juga dengan risiko yang tinggi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image