Pola Pikir Anak TK dan Metode Mengajar Guru TK

Image
Fairuz Nurul Fadhilah
Edukasi | Wednesday, 10 Aug 2022, 13:34 WIB

Pola pikir anak merupakan hal kritis yang perlu di perhatikan, karena menyangkut dengan karakteristik dan kognitif anak dalam menyelesaikan suatu masalah. Mengembangkan pola pikir anak harus di lakukan dari sejak dini karena akan sangat mempengaruhi pola pikir anak yang terus berkembang seiring dengan usia. Terbentuknya pola pikir anak terbentuk dari apa yang mereka lihat,rasakan dan pikirkan. Metode mengajar guru sangat harus diperhatikan agar dapat mengembangkan pola pikir anak dengan baik karena pada usia dini 4-6 tahun anak sedang mengalami sensitifitas dalam menerima potensi mereka.

Hal ini mengundang beberapa mahasiswa dan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata bertema SDG’s desa yaitu “desa sehat dan sejahtera” untuk mengajar ke TK Islami Nurul Amal di desa Cibatu, Kabupaten Bekasi.

Pada kegiatan yang dilaksanakan cukup beragam. Pada pagi hari sebelum memulai kelas siswa diajarkan untuk bersiap dan berdoa didepan kelas, kegiatan ini sangat baik diajarkan pada anak karena dapat membangun karakteristik memulai dengan hal positif dan bersiap-siap dengan rapih dan bersungguh-sungguh. Setelah baris-berbaris,bersiap diri, dan berdoa, siswa diajarkan untuk mengikuti pelajaran dengan intruksi guru dan mahasiswa/mahasiswi UPI yang sedang bertugas. Siswa/siswi TK diajarkan untuk melaksanakan shalat dhuha dan berdoa dengan begitu pola pikir anak akan bisa terbangun dengan membangun karakteristik religius dan tidak lupa dengan konsisten. Siswa/siswi TK juga diajarkan untuk menulis dan membaca bahasa arab dan taat untuk mengerjakan PR. Metode guru yang diterapkan adalah dengan metode menyanyi, bercerita, demonstrasi dan bermain.

Pada kegiatan ini juga mahasiswa/mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia dapat mengetahui bahwa karakteristik setiap anak terlihat sejak dini.

“Memang karakteristik setiap anak berbeda, salah satunya fathiya dia memang anak yang spesial karena memang rajin”- salah satu guru di TK Islami Nurul Amal di desa Cibatu, Kabupaten Bekasi.

Selain membantu untuk mengajar anak-anak TK Islami Nurul Amal, mahasiswa/mahasiswi UPI juga memberikan seserahan kepada anak TK Islami Nurul Amal dan anak yatim/piatu di TK Islami Nurul Amal.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Permisan Nusakambangan Diserbu Lanal Cilacap

Image

Membangun ekosistem industri halal yang kuat dan merata di indonesia

Image

Bantuan Pendanaan Startup Oleh Pemerintah Indonesia Untuk Para Mahasiswa

Image

Ceramah Agama Habib Hadi Asegaf di Ponpes AT-TAUBAH LAPAS KELAS I MALANG

Image

Esay APBN 2022

Image

Black Market Polemik Pengusaha Elit

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image