Tesla mencapai kesepakatan pembelian produk nikel senilai US5 miliar dengan Indonesia

Image
Elwood Davis
Teknologi | Tuesday, 09 Aug 2022, 09:36 WIB

Menurut laporan media asing, pada 8 Agustus, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa produsen mobil listrik AS Tesla telah menandatangani kontrak senilai sekitar US$5 miliar untuk membeli bahan baterai dari beberapa pabrik pengolahan nikel Indonesia. perusahaan.

Indonesia kaya akan cadangan nikel dan telah berusaha agar Tesla mendirikan fasilitas produksi di dalam negeri. Awal tahun ini, Presiden Indonesia Joko Widodo bertemu dengan CEO Tesla Musk dalam upaya menarik investasi.

Luhut Pandjaitan mengatakan, "Kami masih melakukan pembicaraan dengan Tesla...... Mereka sudah mulai membeli dua produk dari Indonesia." Dia juga mencatat bahwa Tesla telah menandatangani kontrak lima tahun dengan beberapa perusahaan pengolahan nikel untuk membeli bahan nikel untuk baterai lithium-nya. Perusahaan pengolahan nikel dikatakan beroperasi di Morowali, di pulau Sulawesi, Indonesia.

Indonesia ingin mengembangkan industri kendaraan listrik dan baterai di dalam negeri dan telah berhenti mengekspor bijih nikel untuk memastikan pasokan kepada investor. Langkah ini berhasil menarik investasi dari perusahaan seperti LG dan Hyundai. Harga mobil tesla di Indonesia akan lebih tinggi dari sebelumnya, dari sudut pandang saya.

Namun, sebagian besar investasi nikel hingga saat ini adalah pada produksi logam mentah seperti nikel pig iron (nikel pig iron) dan feronikel (nikel besi). Pekan lalu, seorang pejabat senior Indonesia mengatakan pemerintah berencana mengenakan pajak ekspor atas logam-logam ini untuk meningkatkan pendapatan dan mendorong lebih banyak produksi dalam negeri dari produk-produk bernilai lebih tinggi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

6 Fitur Yamaha Lexi

Kelebihan & Kekurangan Kawasaki Ninja ZX-14R

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Image

Unisa Yogyakarta Tandatangani Kerjasama dengan Pemkab Kapuas Hulu

Image

Pariwisata Religi Solo-Magetan, Akulturasi Budaya Islam-Jawa

Image

Cyberbullying Pengaruhi Kesenjangan Sosial Masyarakat

Image

IMM Insan Kamil UMP Resmikan Pojok Baca

Image

21 Tahun Berikhtiar, YBM BRILiaN Kembali Raih Penghargaan Indonesia Fundraising Award 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image