Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image web seo

Tips Perawatan Mobill Listrik dengan Mudah

Eduaksi | Wednesday, 20 Jul 2022, 16:04 WIB

Selain ramah lingkungan, banyak yang percaya bahwa kendaraan listrik jauh lebih mudah dirawat daripada kendaraan tradisional. Meski begitu, bukan berarti mobil listrik akan bekerja tanpa perawatan. Bahkan untuk kendaraan listrik, komponen-komponennya harus tetap berfungsi optimal dan memastikan kendaraan aman dan nyaman digunakan.

Berikut adalah 10 tips perawatan kendaraan listrik untuk diterapkan pada kendaraan listrik, berhati-hatilah agar tidak menimbulkan masalah saat menggunakan kendaraan listrik. berikut gpsku sudah rangkum dari berbagai sumber dibawah ini.

1 Perhatikan "kesehatan" aki mobil

Sebagai salah satu komponen terpenting, aki mobil listrik menjaganya agar tetap dalam kondisi baik sehingga dapat mempertahankan performa yang baik tanpa masalah. Hal ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mengisi baterai yang tidak perlu hingga 100 persen.

Overcharging dikatakan memperpendek umur baterai, sehingga hanya mengisi hingga 80% dan tidak bertahan lama. Jangan menguras baterai mobil saat menggunakan. Jika baterai mencapai tingkat rendah sekitar 20% atau 10%, baterai yang kurang energi akan cepat rusak dan harus segera diisi.

2. Pastikan motor penggerak dalam keadaan baik

Perawatan kendaraan listrik yang kedua adalah pengemudi harus selalu memperhatikan agar motor penggerak kendaraan listrik dalam kondisi baik. Jika terjadi masalah pada motor penggerak, maka akan sangat mempengaruhi performa berkendara kendaraan listrik tersebut, maka lakukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala.

Selain pemeriksaan dan perawatan berkala kendaraan listrik , selalu ingat untuk melumasi motor penggerak. Pelumas ini tidak perlu sering dilakukan, cukup dilakukan sekali saja, dan setiap kebocoran harus diperiksa secara berkala.

3. Periksa radiator secara teratur

Radiator berfungsi sempurna pada mobil tradisional, selain itu juga digunakan untuk mendinginkan komponen mesin mobil listrik. Pada kendaraan listrik, baterai harus berada pada suhu yang tepat dan tidak boleh terlalu panas untuk mencegah kerusakan.

Air radiator atau cairan pendingin juga harus diperiksa secara berkala untuk mengetahui apakah jumlahnya masih mencukupi atau perlu diganti. Pendingin radiator tidak perlu sering diganti. Artinya, saat mobil sudah mencapai jarak hingga 60.000 km untuk penggantian.

4. Jangan memarkir atau meninggalkan mobil Anda langsung di bawah terik matahari.

Beberapa kendaraan listrik dilengkapi dengan sistem termal untuk menjaga suhu mesin pada suhu kamar dan mencegahnya dari panas berlebih. Oleh karena itu, ketika pengemudi memarkir mobil di bawah sinar matahari langsung, sistem termal ini akan terus bekerja untuk mendinginkan mobil, sehingga lebih cepat menguras baterai kendaraan listrik.

Parkir kendaraan listrik di bawah terik matahari membuat baterai terlalu panas. Baterai yang terlalu panas secara terus-menerus dapat mempersingkat masa pakai baterai atau menyebabkan kerusakan yang cepat.

5. Mengganti ban mobil secara berkala

Beberapa panduan pengguna menyarankan agar pengguna mengganti ban kendaraan listriknya secara teratur agar mobilnya tetap nyaman saat digunakan. Pergantian ban terjadi saat mobil menempuh jarak 8.000 hingga 10.000 km.

6. Pastikan minyak rem selalu dalam jumlah normal.

Minyak rem tidak tahan lama dan tidak perlu sering diganti. Namun, dalam banyak kasus, jumlah minyak rem ini dapat dikurangi. B. Minyak rem harus selalu dalam jumlah normal karena bocor. Jika jumlah minyak rem kurang dari normal, sistem pengereman bisa rusak. Sistem rem yang rusak bisa diperbaiki, tetapi harganya sendiri cukup mahal. Tentu saja, merawat sistem pengereman yang baik jauh lebih murah daripada memperbaikinya dengan biaya tinggi, bukan?

7. Mengganti dan membersihkan filter udara secara berkala

Kendaraan listrik juga memiliki filter udara yang membantu menyaring udara yang masuk ke mesin untuk proses pembakaran. Oleh karena itu, jika filter udara cukup kotor, maka harus dibersihkan agar udara yang masuk ke mesin tetap bersih. Jika filter udara tidak dalam kondisi baik, segera ganti dengan filter udara baru agar udara yang masuk tetap bersih.

8. Filter AC perlu dibersihkan secara berkala

Sebagai faktor untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, sistem AC kendaraan listrik juga perlu dibersihkan secara berkala seperti sistem AC kendaraan konvensional lainnya. Filter AC yang jarang dibersihkan mengumpulkan kotoran dan debu serta mengurangi dinginnya udara yang keluar dari AC. Oleh karena itu, filter AC ini harus dibersihkan secara berkala agar pengemudi EV dapat berkendara dengan nyaman.

9 Mengganti Kampas Rem Jika Terlalu Tipis Kampas rem

adalah salah satu komponen yang membantu Anda mengerem mobil. Seperti pada kendaraan tradisional, kampas rem yang tipis bisa berbahaya pada kendaraan listrik karena sistem pengereman yang tidak optimal. Oleh karena itu, jika bantalan rem terlalu tipis, segera ganti untuk mencegah kerusakan pada rem saat digunakan.

10. Prioritaskan pengisian daya lambat

Pengisian daya membutuhkan waktu, tetapi banyak yang percaya bahwa pengisian daya lambat lebih aman daripada pengisian cepat untuk pengisian daya normal. Pengisian cepat diyakini memperpendek masa pakai baterai, mengurangi daya tahan, dan dapat merusaknya dengan cepat. Oleh karena itu, jika Anda hanya memuat ke SPKLU, gunakan pemuatan cepat hanya sesekali. baca juga pajak honda rebel 500 disini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image