KKN TEMATIK UPI 2022: Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di RW 013 Kelurahan Paninggilan

Image
Salsalia Alfina Noviasari
Eduaksi | Monday, 08 Aug 2022, 20:50 WIB
Kegiatan program kerja KKN UPI 2022 mengenai penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Program yang dikeluarkan oleh Kemenkes Republik Indonesia mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan bentuk perwujudan untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi yang kondusif bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku agar dapat menerapkan cara–cara hidup sehat dalam rangka menjaga, memelihara, dan meningkatkan kesehatan. Tujuannya adalah agar terbentuknya masyarakat yang menerapkan cara kebiasaan hidup yang sehat pada kesehariannya yang merupakan upaya dalam meningkatkan derajat kesehatannya pada tatanan rumah tangga atau lingkungan masyarakat

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dapat dilakukan di berbagai tatanan, salah satunya adalah dalam tatanan rumah tangga. Penegakan perilaku di tingkat rumah tangga merupakan bentuk pemberdayaan yang memberdayakan seluruh anggota keluarga untuk mengetahui, mau dan mampu menerapkan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.

Terdapat sepuluh indikator Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang harus dicapai dalam tatanan rumah tangga. Berikut adalah sepuluh indikator tersebut yaitu: persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI ekslusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat (stop buang air besar sembarangan), memberantas jentik nyamuk, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, tidak merokok di dalam rumah

Poster Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Untuk menyukseskan PHBS dalam tatanan rumah tangga, Mahasiswa KKN Universitas Pendidikan Indonesia 2022 melaksanakan sebuah kegiatan berbentuk penyuluhan door to door ke rumah-rumah warga yang berada di RW 013 Kelurahan Paninggilan Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Penyuluhan yang bertemakan PHBS pada RW 013 dilaksanakan pada hari Senin sampai Rabu, 25-27 Juli 2022 di lingkungan RW 013. Penyuluhan ini menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya-jawab. Hal-hal yang disampaikan yaitu apa itu PHBS, manfaat PHBS, Program PHBS dalam tatanan rumah tangga, indikator PHBS, serta penjelasan dari setiap indikatornya.

Dokumentasi penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di RW 013 Kelurahan Paninggilan

Kegiatan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang telah selesai dilaksanakan mempunyai dampak positif, yaitu dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya ber-perilaku hidup bersih dan sehat khususnya bagi sebagian masyarakat di RT 001, RT 002, RT 003, RT 004, dan RT 005 RW 013 Kelurahan Paninggilan Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Seiring berjalannya waktu diharapkan seluruh masyarakat mulai membiasakan untuk hidup berdampingan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Integrasi Instansi melalui MoU Layanan Single Submission Pengangkut Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Image

Lakukan Litmas PB, Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Nusakambangan Tekankan Pembinaan Kemandirian

Image

Umsida Ciptakan SUN PO, Teknologi Penerangan Untuk Daerah Bencana

Image

Ketua FKDT Jawa Tengah Mengawali Silaturahmi ke Rois Syuriah PWNU Jateng

Image

Tahanan Rutan Pasangkayu Menjadi Mualaf dan Mantap Memeluk Agama Islam

Image

Sukses Ujicoba, Lapas Terbuka Kendal Rintis Budidaya Timun Suri

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image