Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Solusi Duit Pas-pasan dan Pusing Mau Diversifikasi Saham

Bisnis | Friday, 26 Nov 2021, 15:15 WIB

Diversifikasi adalah langkah paling jitu untuk meminimalkan risiko kerugian dalam investasi, tak terkecuali dalam investasi saham yang saat ini sudah serba mudah dilakukan secara online.

Namun harus diakui, diversifikasi saham itu mudah dilakukan oleh mereka yang memang memiliki modal gede sehingga bisa melakukan diversifikasi ke belasan saham yang diincarnya.

Dengan dana yang besar maka mereka ini dapat melakukannya dengan mudah, beda halnya dengan investor dengan modal terbatas atau pas-pasan maka diversifikasi saham kayak yang dilakukan pemodal gede sulit diwujudkan.

Namun apakah diversifikasi saham hanya bisa dilakukan dengan modal gede? Ternyata tidak, karena saat ini sudah ada produk di pasar modal yang bernama Exchange Traded Fund (ETF).

Exchange Traded Fund (ETF) adalah produk reksa dana yang diperdagangkan di jam bursa dengan diversifikasi optimal sebagai daya tariknya. ETF adalah reksa dana berbentuk kontrak investasi kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di bursa efek.

Dengan kata lain dapat juga dikatakan kalau ETF adalah sebuah produk investasi yang menggabungkan dua karakteristik produk sekaligus, yaitu reksa dana berbentuk terbuka (open ended fund) dan saham (common stock).

Daya tarik diversifikasi ETF memungkinkan investor memiliki reksa dana rasa saham yang telah terdiversifikasi dengan maksimal. Dengan membeli satu produk ETF maka secara otomatis sudah mendapatkan 30 saham berdasarkan bobot masing-masing saham dalam indeks tersebut.

Sebagai contoh produk ETF IDX30, ketika investor membeli ETF ini maka sama saja ia membeli 30 saham yang mengindeks ke IDX30. So, sebagai investor pemula dengan modal pas-pasan maka pilihan ETF ini tepat karena sudah menawarkan diversfikasi yang maksimal.

Menariknya lagi, saham-saham di IDX30 ini sangat transparan karena nilainya setiap saat diketahui yang notabene tidak jauh dari indeks IDX30. Karena ini pula, reksa dana ini disebut juga dengan reksa dana indeks.

Kehadiran ETF menjadi oase bagi investor dengan modal pas-pasan yang ingin berinvestasi dengan diversifikasi yang optimal. Toh, terkait mekanisme transaksinya pun sudah sangat mudah dengan aplikasi IPOT milik Indo Premier Sekuritas yang sudah mengintegrasikan transaksi ETF baik di pasar primer maupun pasar sekunder.

Transaksi ETF di pasar primer (primary market) yang biasa dilakukan dalam satuan unit kreasi (1000 Lot = 100.000 unit) biasa dinikmati investor kakap atau institusi, sementara itu transaksi ETF di pasar sekunder (secondary market) dalam satuan Lot (1 lot = 100 Unit Penyertaan) jadi tempat investor retail yang memiliki modal pasa-pasan menikmati ETF dengan mudah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image