KKN UPI 2022: Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDGs Desa Program Kelembagaan Desa Dinamis

Image
Regina Aulia Putri
Edukasi | Sunday, 07 Aug 2022, 20:54 WIB

Program SDGs (Sustainable Development Goals) adalah sebuah program yang dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 25 September 2015. Program SDGs merupakan program yang meneruskan tujuan dan pencapaian dari program Millenium Development Goals (MDGs) yang berawal dari tahun 2001 hingga 2015. Walapun program MDGs telah mencapai banyak tujuan, namun masih ada tujuan yang belum tercapai, maka dari itu dibuatlah program SDGs tersebut.

18 Program SDGs merujuk pada Perpres No. 59 Tahun 2019 yang berisikan tentang menghargai bangsa Indonesia yang memiliki berbagai keanekaragaman seperti agama, suku, bahasa, dan budaya agar terus bertahan dan terus berkembang.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) turut berpartisipasi dalam menjalankan program SDG’s Desa dengan mengangkat tema Kuliah Kerja Nyata (KKN) yaitu Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa yang dilaksanakan dari bulan Juli hingga bulan Agustus 2022. Kelompok 182 mengangkat tema Kelembagaan Desa Dinamis yang pelaksanaannya tersebar di beberapa daerah di terutama di daerah Purwakarta.

Kelembagaan Desa merupakan hal yang sangat penting bagi pembangunan desa yang berakar dari budaya atau kebiasaan masyarakat lokal. Maka dari itu, peningkatan kelembagaan desa harus dilakukan agar dapat mencapai tujuan pembangunan desa. Program SDGs Desa dilakukan agar dapat membuat semua elemen di dalam desa dapat terlibat aktif dalam pembangunan desa serta dalam kehidupan masyarakat untuk tercapainya SDGs Desa.

Pada hari Selasa (12/07) Kelompok 182 yang melaksanakan KKN di Desa Jatiluhur Kabupaten Purwakarta mengadakan sosialisasi dengan pihak Desa Jatiluhur untuk bekerja sama dengan tujuan untuk menigkatkan Kelembagaan Desa Dinamis. Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan respon yang baik dari pihak Desa Jatiluhur dan diharapkan bisa memberikan manfaat yang baik.

Selama menjalani KKN di Desa Jatiluhur, kami banyak melakukan kegiatan seperti mengadakan pengajian bulanan rutin di Desa Jatiluhur dan pengajian mingguan rutin pada wilayah RT 005, Mengadakan rapat musyawarah desa, mengadakan acara Pawai Obor sebagai peringatan tahun baru Islam, membantu meningkatkan UMKM lokal dengan mengadakan Pasar Temporer, membantu administrasi Desa Jatiluhur, serta membangun database untuk meningkatkan data kependudukan menjadi lebih baik lagi.

Setelah KKN ini berakhir, diharapkan kegiatan yang kami lakukan di Desa Jatiluhur dapat terus berlangsung bahkan menjadi lebih baik lagi dan dapat terus bermanfaat bagi banyak orang.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa Prodi Pendidikan Sistem dan Teknologi InformasiUniversitas Pendidikan Indonesia

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Batu Ikuti Sosialisasi Penyusunan SKP Secara Daring

Image

Cara Dapat Barang Gratis di Akulaku Tanpa Undang Teman

Image

Kejujuran Adalah Bekal Hidup Mu Nak

Image

Game Online PC Gratis Yang Wajib Kamu Mainkan Sekarang!!

Image

Kemenkumham Jateng Siap Diaudit BPK RI

Image

Masa Berlaku Paspor Kini 10 Tahun, Imigrasi Siapkan Juknisnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image