Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image LPKA PALEMBANG

Ratusan Andikpas LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Antusias Ikuti Giat Konseling dan Psikoed

Info Terkini | Saturday, 06 Aug 2022, 11:12 WIB

Bertempat di Masjid At Taubah LPKA Kelas I Palembang, Anak Didik Pemasyarakatan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Palembang (Andikpas LPKA Kelas I Palembang) nampak semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan konseling dan psikoedukasi yang diberikan oleh mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang pada Sabtu (06/08).

Diawali terlebih dahulu dengan psikoedukasi tersebut, metode yang dibawa adalah dengan mempertontonkan video yang membawa nilai edukasi serta juga dapat memberikan manfaat bagi aspek psikologis Andikpas. Dalam video tersebut, terdapat dua tema besar yang diangkat yaitu mengenai cyberbullying dan tolong menolong. Dua tema tersebut dipilih karena dinilai sangat tepat dalam membentuk karakter Andikpas agar senantiasa menghargai sesama dengan tidak melakukan bullying dalam bentuk apapun serta menanamkan sikap ringan tangan.

Usai psikoedukasi, giat kemudian dilanjutkan dengan konseling Andikpas dengan para Mahasiswa PKL Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang. Melalui konseling, terdapat proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli kepada individu yang mengalami sesuatu masalah, yaitu dalam hal ini Andikpas sehingga diharapkan mampu menemukan solusi atas masalah yang dihadapi.

Senada dengan hal tersebut, Hamdi Hasibuan selaku Kepala sangat mendukung kegiatan yang berlangsung. Beliau menegaskan bahwa makin banyak metode yang diterapkan dalam memperbaiki sifat, sikap maupun prilaku Andikpas maka makin maksimal juga hasilnya.

Sebagai informasi, Psikoedukasi adalah sebuah tindakan modalitas yang disampaikan oleh professional, yang mengintegrasikan dan mensinergikan antara psikoterapi dan intervensi edukasi dimana giat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang berbagai aspek penyakit atau gejala, menghilangkan kesalahpahaman dan ketidaksadaran, membantu orang memiliki pengetahuan tentang melakukan dan larangan dalam memberikan perawatan kepada penderita gangguan psikologis.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image