UMP Gelar Pasar Ramadhan Gandeng Ratusan UMKM

Image
humas ump
Edukasi | Friday, 05 Aug 2022, 09:32 WIB
UMP Gelar Pasar Ramadhan Gandeng Ratusan UMKM

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar Pasar Ramadhan dengan menggandeng pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak dalam bidang makanan serta minuman.

Kegiatan yang digelar setiap menjelang waktu berbuka puasa selama bulan Ramadhan 1443 Hijriah di halaman Kampus Ahmad Dahlan UMP itu dibuka secara resmi oleh Rektor UMP Dr Jebul Suroso pada Sabtu (2/4) sore.

Dalam sambutannya, Rektor mengatakan kegiatan tersebut merupakan wujud eksistensi UMP untuk memberi ruang kepada para pedagang agar tetap bisa mendapatkan berkah Ramadhan.

“Mudah-mudahan dagangannya habis dan laris karena kualitasnya bagus, enak, baik, dan harganya juga murah,” katanya.

Saat ditemui usai meninjau seluruh stan dagangan di arena Pasar Ramadhan, Rektor mengatakan UMP memfasilitasi para pelaku UMKM khususnya pedagang kecil untuk berjualan di lingkungan perguruan tinggi Muhammadiyah itu.

“SunMor (Sunday Morning) UMP yang biasanya dilakukan setiap Ahad pagi dialihkan sore hari. Tadi tampak penjualnya banyak. Kami harapkan seluruh mahasiswa dan keluarga besar UMP nanti belanja ke sana pada sore hari,” katanya.

Menurut dia, hal itu wujud kepedulian Universitas Muhammadiyah Purwokerto agar keluarga besar UMP tetap konsentrasi dalam bekerja, sehingga ketika pulang tidak perlu memasak atau menyiapkan jajanan untuk berbuka puasa karena bisa membelinya dari Pasar Ramadhan.

Di sisi lain, kegiatan tersebut juga untuk memfasilitasi dan memberi rezeki serta berbagi dengan para pedagang supaya mendapatkan berkah Ramadhan.

“Insya Allah kegiatan ini digelar selama Ramadhan,” kata Rektor menegaskan.

Terkait dengan jumlah pedagang yang terlibat, dia mengatakan jika dalam kegiatan SunMor UMP diikuti sekitar 230 pelaku UMKM namun untuk ajang Pasar Ramadhan hanya diikuti oleh 125 pedagang.

Menurut dia, hal itu disebabkan pedagang yang terlibat dalam SunMor UMP terdiri atas berbagai bidang UMKM, sedangkan untuk Pasar Ramadhan hanya diikuti oleh pelaku UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman.

“Bahkan jika dibandingkan dengan Pasar Ramadhan tahun sebelumnya, jumlah pedagang yang terlibat dalam kegiatan kali ini jauh lebih banyak,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya tidak memungut biaya dari pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan Pasar Ramadhan termasuk tidak adanya tarif parkir bagi pengunjungnya.

Menurut dia, para pelaku UMKM sudah seperti keluarga bagi Universitas Muhammadiyah Purwokerto karena pihaknya telah berkomitmen bahwa UMP merupakan rumah UMKM.(*/Tgr)

Artikel asli bisa diakses DISINI

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Hakikat Kemerdekaan

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Kepala Rutan Kelas IIB Majene Gelar Sepeda Santai Bersama Pegawai dan DWP

Image

Abonie Digital Music, Distributor Musik Terkemuka Asal Riau

Image

Kompak! Pegawai Rutan Kudus Ikuti Virtual Run 7,7 KM

Image

Mp3 Juice: Free Download Musik Tanpa Batas 2022 Cepat Sekaligus Mudah

Image

Savefrom Net : Cara Mudah Anti Ribet Download Mp4 Dan Mp3 Youtube Tanpa Aplikasi Plus Gratis Disini

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image