Dalil Sholat Jumat, Kamu Wajib Mengetahuinya

Image
Aditya Putra
Agama | Friday, 05 Aug 2022, 08:27 WIB

Dalil sholat Jumat beserta keutamannya penting untuk diketahui oleh seluruh umat Islam. Sholat Jumat sendiri hukumnya fardhu 'ain alias wajib bagi tiap Muslim laki-laki yang memenuhi syarat.

Bahkan, dalil yang menunjukkan sholat Jumat itu wajib disebutkan dalam Al Quran, Hadits, dan Ijma atau kesepakatan ulama. Salah satunya termaktub dalam Quran, Surat Al Jumuah Ayat 9.

Dalil Sholat Jumat

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa dalil yang menunjukkan bahwa sholat Jumat itu wajib tertulis dalam Surat Al Jumuah di ayat 9 hingga 11. Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (9) فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (10) وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا قُلْ مَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ مِنَ اللَّهْوِ وَمِنَ التِّجَارَةِ وَاللَّهُ خَيْرُ الرَّازِقِينَ (11)

Artinya: "Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah: 'Apa yang di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perniagaan', dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezki." (QS. Al Jumu’ah: 9-11).

Dalam beberapa hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah dan Ibnu 'Umar radhiyallahu ‘anhum, menyebutkan juga jika sholat Jumat hukumnya fardhu ‘ain dan harus dilaksanakan secara berjamaah. Dalil lain yang menunjukkan sholat Jumat itu wajib disebutkan dalam sejumlah hadits Nabi SAW berikut:

الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ إلَّا أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَوْ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِيٌّ أَوْ مَرِيضٌ

Artinya: "Jumat adalah kewajiban bagi setiap Muslim kecuali empat orang. Hamba sahaya yang dimiliki, wanita, anak kecil, dan orang sakit" (HR Abu Daud dengan sanad sesuai standar syarat Bukhari dan Muslim).

"Siapa yang meninggalkan salat Jumat sebanyak tiga kali tanpa ada uzur, maka dicatat sebagai golongan orang munafik" (HR. Ath-Thabrani dalam Al-Kabir, dari riwayat Jabir Al-Ja’fi).

Terdapat banyak peristiwa hebat yang terjadi di hari Jumat. Sehingga menambah keistimewaan dan keutamaan dari sholat Jumat itu sendiri.

Cek Info lainnya >> Disini

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Newbie

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ratusan Warga dan Mahasiswa Serbu Kantor Bupati Pasbar, Ada Apa?

Image

Mengsosialisasikan Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM di Desa Panyadap sebagai Upaya Mewujudkan SDG'

Image

Masyarakat Harus Jadi Aktor Utama Berantas Politik Uang

Image

Semarak HDKD ke-77, Rutan Prabumulih Ikut Berpatisipasi dalam Virtual Run

Image

Hut Pramuka Ke-61 dengan Kegiatan Jambore Ranting

Image

Taklukkan Gunung Tertinggi se-Jateng, 4 ASN Rutan Banjarnegara Kibarkan Bendera Merah Putih

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image