Kenali Perbedaan Cacar Monyet, Ruam, Cacar Air,Serta Covid untuk Diketahui

Image
masud fauzi
Info Terkini | Thursday, 04 Aug 2022, 18:20 WIB

Penyakit cacar monyet mempunyai satu tanda-tanda yang unik, yaitu ruam. Tetapi, ruam ini kerap disalahpahami dengan cacar air dan ruam Covid-19. Lantas, bagaimanakah cara membandingkannya?

unsplash

Dr dr H Prasetya Mawardi SpKK dari Perhimpunan Dokter Specialist Kulit Indonesia (PERDOSKI) menguraikan berbeda tanda-tanda ruam pada cacar monyet, cacar air, sampai COVID-19.

Ia menerangkan, abnormalitas kulit pada cacar air diawali dari lesi yang awalnya ada di muka dan usai menebar ke hampir semua anggota badan. Keadaan ini tidak diketemukan pada pasien cacar monyet.

Sementara pada penyakit cacar monyet, lesi yang ada di punggung dan tubuh relatif sedikit.

"Lesi karena cacar monyet semakin banyak ada pada bagian muka atau anggota gerak atas atau tangan," ucapnya dalam pertemuan jurnalis PB IDI, diambil dari comunitynews, Kamis (4/9/2022).

Cacar monyet biasanya diawali dari bercak-bercak yang mencolok, yang pada akhirnya membuat lepuh kecil berisi cairan. Lepuh karena infeksi virus monkeypox ini selanjutnya membuat koreng yang pada akhirnya akan rontok.

"Pada monkeypox, ada plenting kecil dan selekasnya berkembang relatif padat, abnormalitas kulitnya, yang memperlihatkan itu ialah infeksi virus, dan umumnya banyak menyebar di tempat muka dan tangan," tandas ia.

Adapun pada infeksi COVID-19, bentuk abnormalitas di kulit diawali dari bercak-bercak seperti pendarahan kecil yang dapat ada di tempat badan mana saja.

Cacar monyet atau monkeypox sendiri telah diputuskan sebagai kondisi genting kesehatan global oleh Organisasi kesehatan dunia (WHO).

Berdasar laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, beberapa kasus cacar monyet belakangan ini di AS sudah menyelimpang dari skema umum. Di sejumlah pasien, ruam mengakibatkan ngilu pada anus dan rektum, infeksi yang menyakitkan pada susunan rektum (proctitis), dan kesan harus buang air besar saat usus kosong (tenesmus).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

adalah pemilik portal comunitynews

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Opini tentang APBN 2022

Image

Rori Perwira Jadi Calon Kuat Ketum Imarindo

Image

BNPT Bina Napiter Lapas Purwokerto

Image

Opini APBN 2022

Image

Opini Tentang APBN 2022

Image

Artikel Tentang Strategin Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image