Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Bapas Kelas II Musi Rawas Utara

Lakukan Penggalian Data ABH, PK BAPAS Kelas II Muaratara Kunjungi Polres Lubuk Linggau

Eduaksi | Thursday, 04 Aug 2022, 15:40 WIB

Musi Rawas Utara – Pembimbing Kemasyarakatan Kelas II Musi Rawas Utara Kementerian hukum dan HAM Sumatera Selatan mengunjungi Unit PPA Satreskim Polres Lubuk linggau, Kamis (04/08). Kunjungan yang dimaksud guna melakukan penggalian data untuk menyusun penelitian kemasyarakatan terhadap Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH).

PK Bapas Lakukan Penggalian Data di Polres Lukbuk Linggau (Sumber : Tim Humas Bapas Muar

Penggalian dan pengumpulan data dilakukan terhadap seorang ABH yang terjerat kasus Pasal 83 Jo. Pasal 76 F UU No. 35 Tahun 2014 Subsidair Pasal 296 dan Pasal 297 KUHP dan/atau Pasal 506 KUHP tentang tindak pidana perdagangan anak. Metode yang dilakukan dalam penggalian data adalah wawancara menggunakan pendekatan langsung. Hal ini dilakukan agar pelaku dapat memberikan keterangan dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan atau tekanan dari pihak manapun. Dengan begitu pembimbing kemasyarakatan dapat dengan mudah menyusun rekomendasi kasus anak dalam Penelitian Kemasyarakatan guna sebagai bahan pertimbangan di pengadilan.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk menjalankan fungsi utama sebagai pembimbing kemasyarakatan yakni melakukan pendampingan serta penelitian Kemasyarakatan untuk memenuhi amanat undang-undang No. 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image