100 Dhuafa Menjadi Sarjana Melalui Program B Best LAZ Rydha Mauk Tangerang

Image
Ady Cahyadi
Eduaksi | Thursday, 25 Nov 2021, 19:01 WIB

Masih dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka melalui program magang kampus zakat hasil kolaborasi 16 program studi ekonomi syariah perguruan tinggi yang tergabung dalam Asosiasi Program Studi Ekonomi Islam Indonesia (APSEII) dengan 61 Organisasi Pengelola Zakat, kali ini Tim Dosen Pembimbing kampus zakat dari FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan kunjungan ke Lembaga Amil Zakat (LAZ) Rydha di daerah pesisir Mauk, Tangerang Banten.

Tim Dosen Pembimbing yang terdiri dari Erika Amelia, Dwi Nuraini Ihsan, RR Tini Anggraeni, dan Nur Rianto Al Arif ini diterima oleh CEO LAZ Rydha, Apud Dian bersama Sekretaris Al Rydha, Teh Desy. Dalam kesempatan tersebut, kang Apud menyampaikan bahwa LAZ Rydha sudah beberapa kali mengalami transformasi nama dan kelembagaan, mulai dari Badan Penyantun Yatim Dhuafa pada medio tahun 1994-2000, Yayasan Penyantun Yatim Dhuafa pada medio tahun 2000-2003 hingga Rumah Yatim Dhuafa Hifzhul Amanah (Rydha) dengan segala perangkat Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dibawah BAZNAS.

Masih menurut kang Apud, hingga kini LAZ Rydha telah menelurkan lebih dari 100 sarjana dari program pendidikan unggulannya yakni B BEST (Bantuan Bea Study) dengan rincian penerima manfaat yakni 120 anak asuh tingkat SD, 97 anak asuh tingkat SMP, 66 anak asuh tingkat SMA dan 111 anak asuh tingkat perguruan tinggi yang tersebar di 9 provinsi di Jawa, Sumatera, dan Sumbawa. Insyaalloh LAZ Rydha komitmen menjaga karakternya yang utama yaitu “Hanya Untuk dan Karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala”.

Senada dengan Al Rydha, Nur Rianto Al Arif yang juga Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan menyampaikan kesiapannya untuk berkolaborasi dan bersinergi bersama LAZ Rydha dalam upaya mengoptimalkan tata kelola Ziswaf di Mauk Tangerang maupun di Indonesia pada umumnya melalui kerjasama magang kampus zakat bagi para mahasiswa FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta maupun program-program riset dan pengabdian masyarakat para dosen di FEB, seraya menyerahkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan LAZ Rydha.

Nur Rianto Al Arif bersama Kang Apud LAZ Rydha

Davinna dan Audrey, mahasiswa prodi Eksyar FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyampaikan kegembiraannya mengikuti program kampus zakat. "Alhamdulillah, ada banyak sekali pengalaman baru yang kami dapat di laz rydha. Disini kami sering ikut dalam kegiatan pendistribusian zakat, survey calon mustahik, dan minggu lalu kami di ikutsertakan dalam kegiatan musyawarah wilayah II yang di selenggarakan oleh FOZ Banten. Alhamdulillah juga setelah magang di laz rydha wawasan saya tentang ziswaf semakin meningkat dan tentunya menambah relasi juga", ujar Davinna yang di iyakan oleh Audrey.

Kedepan diharapkan kolaborasi program magang kampus zakat ini dapat terus dipertahankan dalam rangkat menciptakan manajer-manajer baru yang handal dalam pengelolaan ziswad di tanah air.

Foto bersama Tim Dospem UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bersama Pengurus Al Rydha, Mauk Tangerang.

LAZ Rydha - Rumah Yatim Dhuafa adalah lembaga filantropi pengelola zakat, infak, sedekah dan wakaf (ZISWAF), dengan moto menyayangi yatim, memberdayakan dhuafa dan mencetak insan sukses mulia, melalui budaya kerja yang istiqomah, jujur, amanah, profesional, lebih bermanfaat dan Ikhlas (IJAP+Ikhlas). Jl. Raya Mauk KM 19 Banyu Asih, Mauk, Tangerang. No rekening: BSI 7002885055 Bank Muamalat 3130007466 Bank Mandiri 1550030122017 Bank BCA 8680932400 Bank BRI 486201024515536 atas nama LAZ Al Rydha.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI GENERASI MILENIAL

Image

Mahasiswa PMM-UMM Membantu Pendidikan di TPQ Baitussalam Dusun Jetis, Desa Mulyoagung

Image

Hukum Kontrak dalam Muamalah Islam

Image

Elvano Snack Sediakan Cemilan Sehat dan Buka Lapangan Kerja

Image

Peluncuran E-Book, 'Berbeda, Berdialog dan Berjuang Bersama'

Image

Pengembangan metode bank syariah sebagai solusi utama pencegahan adanya riba dalam pelaksanaan kegia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image