FT UMJ Gelar Semnastek yang ke-7 dan Icecream Perdana Diikuti Peserta dari 7 Negara.

Image
Humas FT-UMJ
Eduaksi | Thursday, 25 Nov 2021, 10:06 WIB
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya pada Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK) dan 1st International Conference on Engineering, Contruction, Renewable Energy, and Advance Material (ICECREAM) . Pada Rabu 17 November 2021 (Dok Humas FTUMJ)

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) kembali menyelenggarakan Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK) yang ketujuh kalinya, dan 1st International Conference on Engineering, Contruction, Renewable Energy, and Advance Material (ICECREAM) secara daring dengan platform zoom pada Rabu 17 November 2021.

Acara ini mengusung tema “Enhancing Sustainable Technology Towards Society 5.0”. Seminar ini juga mewadahi publikasi hasil penelitian terbaru dari 9 bidang keteknikan, yaitu Teknik Sipil, Elektro, Kimia, Mesin, Industri, Arsitektur, Informatika dan Alat Berat, serta Sains dan Teknologi yang Relevan.

Ketua Panitia SEMNASTEK dan ICECREAM 2021, Yeptadian Sari, S.T, M.T, melaporkan bahwa peserta SEMNASTEK 2021 berasal dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia, seperti STT Duta Bangsa, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Pakuan Bogor, Universitas Pancasila, Universitas Diponegoro, termasuk dari internal UMJ sendiri dan lembaga-lembaga penelitian dan kajian yang ada di Indonesia, seperti BPPT.

“Kami sangat bangga bahwa kegiatan ICECREAM untuk pertama kalinya dilaksanakan dan diikuti oleh total 7 negara yang memberikan kontribusinya dalam acara ini sebagai presenter, peserta, bahkan panelis dan reviewer. Negara-negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Inggris, Singapura, Belanda, Argentina dan India” lanjut Yeptadian Sari di Jakarta, Rabu (17/11/2021).

SEMNASTEK dan ICECREAM 2021 diadakan sebagai sumbangsih Fakultas Teknik dalam mengembangkan Ilmu pengetahuan keteknikan dan sumber daya insani dalam rangka Meningkatkan Teknologi Berkelanjutan Menuju Era Society 5.0. SEMNASTEK 2021 menghadirkan empat pembicara kunci, yaitu Ahmad Gamal, S.Ars., M.Si., MUP., Ph.D dari Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ida Idayu Binti Muhamad dari Universiti Teknologi Malaysia, Ir. Wanhar dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta Prof. Dr. Ir. Budiyanto, M.T dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Untuk ICECREAM 2021 menghadirkan tiga pembicara kunci, yaitu Prof. Dr. Andrivo Rusydi dari National University of Singapore, Iswandaru Widyatmoko, BSc., MSc., PhD dari AECOM UK serta Dr. Carlos Burgos dari UNNE Argentina.

Dekan Fakultas Teknik UMJ, Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng. menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu mensukseskan acara SEMNASTEK dan ICECREAM 2021. Meski masih dalam kondisi pandemi, seluruh yang terlibat masih tetap produktif dan kreatif, sehingga acara bisa berlangsung dengan baik dan lancar. Irfan juga menyampaikan bahwa kondisi pandemi telah mengakselerasi transformasi digital dan teknologi baru yang pasti akan berdampak pada metode, model, cara berinteraksi dan kolaborasi dengan orang/pihak lain. Dalam rangka meminimalisir dampak negatif inilah, perhelatan SEMNASTEK dan ICECREAM tahun 2021 ini mengusung tema yang berkaitan dengan Era Society 5.0. Irfan berharap acara ini bisa menghasilkan luaran-luaran yang bermanfaat bagi akademisi, peneliti dan praktisi guna perkembangan ilmu pengetahuan, riset dan teknologi.

Senada dengan Irfan, Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, M.Si., yang diwakili oleh Wakil Rektor 1, Dr. Muhammad Hadi, SKM., M.Kep., menyampaikan bahwa kondisi pandemi Covid19 saat ini membuat perubahan yang sangat hebat bagi dunia. Kita harus mampu beradaptasi dengan lingkungan dan bertahan hidup di masa pandemic Covid19 ini. Universitas Muhammadiyah Jakarta sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia akan ikut serta berkontribusi dalam menghadapi pandemi Covid19, sehingga diharapkan dengan dilaksanakannya SEMNASTEK dan ICECREAM tahun 2021 ini dapat melahirkan teknologi-teknologi yang mampu memberikan dampak sosial yang positif bagi kehidupan masyarakat khususnya di Indonesia, dan bagi dunia pada umumnya.

Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec. dari Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan SEMNASTEK dan ICECREAM 2021. Edy berharap kegiatan ini menjadi wadah diskusi keteknikan, dan juga tema yang diusung sangat relevan dengan kondisi saat ini. Dampak pandemi Covid19 membuat pertumbuhan ekonomi dunia melambat, termasuk Indonesia. Dengan adanya forum diskusi ini diharapkan muncul teknologi-teknologi baru yang mampu memecahkan permasalahan dunia, khususnya di Indonesia, agar perekonomian kembali tumbuh dan berkembang lagi di masa pandemi Covid19.

SEMNASTEK dan ICECREAM 2021 didukung oleh berbagai sponsor, yaitu Prodi Arsitek Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, Bank Syariah Indonesia, MR Group and PT. Rahmat Perdana Adhimetal.

Kunjungi Juga: FT UMJ Gelar Semnastek yang ke-7 dan Icecream Perdana Diikuti Peserta dari 7 Negara.

Kata Kunci : Fakultas Teknik UMJ ,ICECREAM FTUMJ, SEMNASTEK FTUMJ

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

TP PKK Tanjung Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw

Image

5 Tips Aman dan Cara Menggunakan WhatsApp Web

Image

Bisnis Waralaba/Franchise dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah

Image

Pengawas Apresiasi PKKM Kepala MTsN 6 Bantul

Image

PP. Muhammadiyah Sampaikan Belasungkawa dan Duka Untuk Korban Letusan Gunung Semeru

Image

Evaluasi KIP tahun 2021

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image