Berwisata ke Hutan Pinus Sawangan Ajibarang

Image
AHYAR WEB ID
Wisata | Tuesday, 02 Aug 2022, 07:55 WIB

Menikmati Keindahan Alam Hutan Pinus Sawangan

Sumber Foto : Dok (Ahyar Web Id)" />
Sumber Foto : Dok (Ahyar Web Id)

Hutan Pinus Sawangan Ajibarang menjadi salah satu destinasi wisata alam yang ada di wilayah Kecamatan Ajibarang. Kawasan hutan pinus yang dikelola oleh Perhutani ini masuk dalam wilayah Kelompok Pemangku Hutan Banyumas Timur (KPH Banyumas Timur).

Hutan Pinus Sawangan (HPS), demikian orang-orang Ajibarang menyebut tempat wisata alam yang terletak di Desa Sawangan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah ini. Jaraknya sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Purwokerto Banyumas.

Suasananya begitu asri dan memiliki landscape pemandangan alam yang indah menjadikan wisata alam sebagai salah satu destinasi wisata alam yang wajib untuk dikunjungi oleh para wisatawan ketika berlibur ke wilayah Purwokerto Banyumas.

Tempatnya yang sangat terasa begitu menyatu dengan alam dapat membuat para pengunjung merasa nyaman dan larut oleh suasana keindahan alam pepohonan pinus yang rindang dan teduh. Terdapat spot foto yang instagramable dan juga beberapa fasilitas lainya yang telah disediakan oleh pengelola.

Untuk wisatawan yang datang ke hutan pinus sawangan bersama dengan keluarga atau anak-anak, mereka dapat bermain sepuasnya di area hutan dan juga dapat menikmati aneka wahana permainan anak yang ada seperti ayunan, kereta-keratahan dan lain sebagainya.

Baca Juga : Daftar Lengkap Tempat Wisata Banyumas 2022

Sedangkan bagi komunitas atau organisasi yang bermaksud mengadakan event atau acara di hutan pinus sawangan, pengelola menyediakan ruang pertemuan berbentuk pendopo dengan kapasitas kurang lebih 100 orang. Disediakan juga area lapang yang cukup luas yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat olahraga atau games lainya.

Ada juga fasilitas camping ground untuk para pengunjung yang ingin menikmati suasana malam di hutan pinus sawangan dengan berkemah atau camping bersama dengan rombongan dan teman-temanya tanpa perlu khawatir kelaparan karena terdapat banyak penjual makanan yang ada di lokasi wisata. Terdapat pula tempat penyewaan tenda dan alat-alat camping lainnya untuk pengunjung yang tak membawa tenda.

Pengelola juga telah menyiapkan tempat parkir yang cukup luas, dapat menampung ratusan sepeda motor dan puluhan mobil serta fasiltas pengunjung lainya seperti mushola, WC dan kamar mandi yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Harga tiket masuk ke wisata alam ini juga terbilang sangat murah, hanya dengan Rp 5000 para pengunjung sudah dapat menikmati indahnya alam dan aneka fasilitas lainya yang ada di dalamnya, menjadikan wisata alam hutan pinus sawangan sangat layak dikunjungi bersama dengan keluarga atau pasangan.

Bagi yang berniat berkunjung ke wisata alam ini, tak perlu khawatir dengan keamanan dan kesehatan karena telah disiapkan standar protokol kesehatan dan pengelola juga akan menjaga keamanan para pengunjung selama 24 jam.

Sumber Lengkap : AHYAR WEB ID

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jurnalis, Blogger dan Lain-lain..

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ingin Jus Tambah Sehat? Tambahkan Bahan Makanan Ini Saja

Image

Jaga Kesehatan dan Silahturahmi, UPT Pemasyarakatan Se-Kendal Gowes Bareng

Image

Darurat Pelecehan Seksual pada Anak: Mahasiswa UMSurabaya Berikan Edukasi untuk Siswa Sekolah Dasar

Image

Tingkatkan Produktivitas, Imigrasi Semarang Ikut Fun Bike dan Virtual Run

Image

Universitas Bhamada Slawi, Gelar Pelatihan Kebakaran Pada Pramuka Kwarran Randudongkal

Image

Pegawai Kantor Imigrasi Cilacap Ikut Virtual Fun Run dan Pendakian Gunung Slamet

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image