Yuk Mencicipi Bakso Legendaris di Kebumen

Image
Frisca Linda Widiana
Kuliner | Monday, 01 Aug 2022, 13:36 WIB
Bakso Jenggot Sarwogadung yang legendaris

Indonesia mempunyai banyak sekali kuliner yang sangat beragam. Salah satunya adalah bakso. Bakso dengan kuah yang hangat sangatlah menggugah selera. Nah, jika kamu bertandang ke Kota Kebumen, tidak ada salahnya jika kamu mampir ke salah satu bakso yang sangat legendaris ini. Warung bakso legendaris ini bernama Bakso Jenggot Sarwogadung.

Bakso Jenggot Sarwogadung berlokasi di Jalan Pejaten, Sarwogadung, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Dengan lokasinya yang di pinggir jalan membuat siapapun yang lewat menjadi penasaran dan ingin mencoba Bakso Jenggot Sarwogadung. Bakso yang satu ini memang selalu menarik perhatian dan ramai pengunjung yang berdatangan. Seperti pada saat momen-momen lebaran pembeli berdatangan dari mana saja. Karena kebanyakan pembeli adalah rombongan. Biasanya rombongan itu dari luar kota. Selain itu, juga ada yang berasal dari Pantai Laguna untuk berekreasi dan pulangnya menyempatkan mampir untuk menikmati bakso.

Sarinah pemilik warung bakso mengatakan bahwa mulai jualan bakso sejak tahun 1979. Hal ini yang membuat bakso menjadi legendaris. Karena bukan hanya rasanya yang enak, tapi juga mampu menjaga kualitas. “Dulu awal-awal pertama saya jualan bakso berkeliling, yaa menggunakan gerobak,” ujar Sarinah, pemilik warung bakso, saat ditemui di warungnya, Selasa (07/06/2022). Hingga saat ini masih bertahan dengan cita rasa yang khas.

“Terpikir jualan bakso karena tidak bisa lainnya,” ujar Sarinah, saat diwawancarai. Jadi, ia lebih memilih jualan bakso. Dengan jualan bakso pun menjadikan untung yang menentu. Selain itu, sarinah juga mengatakan perhari 5 kilo daging sapi yang digunakan. Dengan kelezatan bakso tersebut ada pada komposisi bahannya yang pas. Tidak lupa pada adonan bakso menggunakan daging yang banyak. Hasilnya pun bakso menjadi enak dan kenyal. Baksonya yang kenyal sangat menggugah selera. Hal ini yang membuat Bakso Jenggot Sarwogadung laris manis.

Bakso Jenggot Sarwogadung tidak hanya bakso saja, tetapi ada hidangan lainnya. Seperti tahu brontak, tempe mendoan, kerupuk, rempeyek kacang, kacang bawang, roti, jajanan snack yang bisa kamu pilih untuk menemani makan bakso. Ditemani es jeruk dan es teh sebagai pelengkap. Dengan harga yang relatif murah, Anda cukup mengeluarkan uang Rp 16 ribu untuk seporsi Bakso Jenggot Sarwogadung ini.

Tidak lupa ada sesuatu yang menarik dalam penamaan warung bakso ini. Menurut Sarinah, dinamakan Bakso Jenggot Sarwogadung karena dulu yang berjualan itu berjenggot. Alhasil dinamakan seperti itu. Yang mempunyai pesan membuat pelanggan senang dan datang lagi. Yuk yang pencinta bakso bisa merapat ke Bakso Jenggot Sarwogadung.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa Sastra Indonesia UAD

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image