Bulu Tangkis Populer di 4 Negara Ini, Kalahkan Sepak Bola

Image
dhul ikhsan
Olahraga | Wednesday, 24 Nov 2021, 17:34 WIB
Bulu Tangkis

Sebagai salah satu olahraga terpopuler di dunia, bulu tangkis punya nama asal, loh. Pada abad ke-19, permainan tepok bulu ini dikenal sebagai Poona.

Poona diambil dari nama daerah Pune, India. Sebagai kegiatan di kala istirahat, tentara kerajaan Inggris menghabiskan waktu melakukan permainan yang mereka sebut battledores and shuttlecocks. Pokok permainannya adalah mempertahankan shuttlecocks (kok) di udara. Kalau sampai jatuh, ya kalah.

Permainan ini dikembangkan lebih lanjut oleh mereka tatkala kembali ke Inggris. Aturan dasar bulu tangkis kemudian disusun pada tahun 1877. Hingga akhirnya, sebuah asosiasi resmi terbentuk pada tahun 1893, yang melahirkan pertandingan bulu tangkis internasional pertama, yaitu All England.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa asal-muasal olahraga bulu tangkis ditemukan di Tiongkok. Di suatu daerah bernama Jianzi, warga setempat menjadikan perminan menepuk kok di udara sebagai permainan tradisional. Perbedaannya dengan bulu tangkis modern, rakyat Jianzi tidak menggunakan raket sebagai alat, dan garis pembatas sebagai penentu poin.

Ada juga yang berpendapat bahwa olahraga ini berasal dari peradaban Mesir kuno, kira-kira 2000 tahun yang lalu. Namun apapun pendapatnya, modul pembelajaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyatakan bulu tangkis adalah olahraga yang dikembangkan oleh tentara Inggris di Pune, India.

Perkembangan lebih lanjut justru menjadikan negara-negara di belahan Asia mendominasi olahraga tepok bulu ini. Kita bisa menyaksikannya melalui dominasi atlet-atlet bulu tangkis Asia yang menduduki peringkat tertinggi di dunia.

Seperti halnya, kejuaraan Indonesia Master 2021 yang dilangsungkan di Bali, pada 16 hingga 21 November kemarin. Di layar streaming UseeTV GO bisa kita saksikan bagaimana tim bulu tangkis Jepang menguasai podium juara.

Yang paling seru justru terjadi di nomor tunggal putra. Melalui aplikasi streaming milik IndiHome pemirsa Indonesia dapat menyaksikan bagaimana Kento Momota asal Jepang mengalahkan wakil dari Denmark, Anders Antonsen (21-17, 21-11).

Dari 5 (lima) nomor yang dipertandingkan di Daihatsu Indonesia Master 2021 kemarin, tiga diantaranya dikuasai atlet Jepang. Sedangkan tunggal putri dimenangkan oleh An Se Young asal Korea Selatan. Lalu ganda campuran dikuasai oleh pasangan Dechapol Puavaranukroh dan Sapsiree Taerattanachai dari Thailand.

Padahal, baik Jepang, Korea Selatan, maupun Thailand, bukanlah negara dengan bulu tangkis sebagai olahraga favorit warganya. Hampir semunya lebih suka menonton pertandingan sepakbola.

Sumber : Twitter/Nielsen

Menurut survey dari Nielsen (Mei 2020), olahraga paling populer di Jepang adalah baseball, lanjut sepakbola di posisi kedua. Di Thailand, sepakbola sebagai olahraga paling populer, seperti halnya Korea Selatan.

Lalu, negara Asia mana saja yang menjadikan bulu tangkis sebagai olahraga populer mengalahkan sepakbola? Ini dia, seperti yang dikutip Nielsen.

Pertama, ada Indonesia. Ya, negara kita ini sangat menggandrungi olahraga badminton. Setidaknya, kegiatan favorit mengisi waktu luang warga Indonesia adalah dengan bermain raket. Kalau ada pertandingan olahraga, supporter asal Indonesia paling nomor satu.

Jika dilihat dari grafik milik Nielsen, bulu tangkis berada di peringkat pertama sebagai olahraga populer Indonesia. Angkanya mencapai 68 persen, mengalahkan sepak bola maupun pertandingan basket. Tidak salah kiranya, olahraga ini menjadi semacam olahraga nasional, yang dapat mempersatukan bangsa.

Kedua, Malaysia dengan nilai 67 persen. Angka ini lebih tinggi dari olahraga manapun, termasuk sepak bola dengan nilai 57 persen.

Hasil ini tidak mengagetkan, sih. Karena, Malaysia memiliki atlet-atlet terbaik yang cukup berjaya di kejuaraan-kejuaraan dunia. Sebut saja Lee Chong Wei, Aaron Chia, Muhammad Hafiz Hasyim, Mohammad Arif Abdul Latif, dan lain sebagainya. Mereka tercatat sebagai atlet bulu tangkis terbaik yang dimiliki Malaysia.

Ketiga, adalah Republik Rakyat Tiongkok. Kalau ada pertandingan bulu tangkis yang mempertemukan Indonesia dengan atlet negara ini, pasti paling banyak penontonnya. Bikin heboh, dimanapun.

Republik Rakyat Tiongkok memiliki regenerasi atlet terbaik di cabang olahraga bulu tangkis. Deretan namanya panjang. Yang paling fenomenal adalah Lin Dan.

Atas hasil survey dari Nielsen ini, publik tidak akan kaget-kaget amat. Meski mengalahkan popularitas sepak bola, warga Tiongkok ternyata lebih suka menonton pertandingan bola basket dibandingkan bulu tangkis. Itu yang cukup mencengangkan.

Keempat, ada Filipina yang menjadikan bulu tangkis mengalahkan kepopuleran sepak bola. Nilainya mencapai 48 persen. Sedangkan Sepak bola mencapai 33 persen. Namun, hampir sama dengan Tiongkok. Bola basket menjadi olahraga paling populer bagi warga dengan Tagalog sebagai bahasa pemersatu mereka ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI GENERASI MILENIAL

Image

Mahasiswa PMM-UMM Membantu Pendidikan di TPQ Baitussalam Dusun Jetis, Desa Mulyoagung

Image

Hukum Kontrak dalam Muamalah Islam

Image

Elvano Snack Sediakan Cemilan Sehat dan Buka Lapangan Kerja

Image

Peluncuran E-Book, 'Berbeda, Berdialog dan Berjuang Bersama'

Image

Pengembangan metode bank syariah sebagai solusi utama pencegahan adanya riba dalam pelaksanaan kegia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image