Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image irman muhammad ridwan

Tips Memancing Ikan di Sungai

Gaya Hidup | Saturday, 30 Jul 2022, 17:15 WIB
Tips Memancing Ikan Di Sungai

Memancing Ikan di Sungai, Mau Mencoba?

Memancing ikan adalah salah satu hobi bagi sebagian orang yang gemar atau suka memancing, salah satunya memancing ikan di Sungai. Memancing di sungai memerlukan kesabaran yang luar biasa karena memancing ikan disungai ikannya terkadang memakan umpan terkadang juga tidak memakan umpan berbeda dengan memancing di kolam pemancingan yang ikannya sudah ada di kolam.

Memancing ikan di sungai harus benar-benar harus dipersiapkan segalanya. Mulai dari joran, kail, timah, pelampung kalau airnya tidak begitu deras, dan tentunya umpan yang sesuai untuk ikan di sungai. Memancing ikan di sungai suatu kebanggaan tersendiri apabila mendapatkan ikan di sungai karena ikannya secara kebetulan memakan umpan.

Umpan memancing ikan di sungai secara umum menggunakan cacing tanah atau cacing kalung. Ada juga menggunakan daging ayam di potong-potong, usus ayam, udang, jangkrik, pelet, kecoa batu, gaang dan lain-lain. Berharap bagi pemancing ikan khususnya memancing ikan di sungai memakan umpan tersebut.Adapun ikan di sungai diantaranya: gabus, lele, hampal, nila, sapu-sapu, lubang, ikan tawes dan lain-lain.

Hal-hal yang harus di perhatikan dalam memancing ikan di sungai:

1. Waktu

Waktu memancing ikan di sungai harus diperhatikan masalah waktu. Menentukan Waktu kapan yang sesuai memancing ikan di sungai. Biasanya pagi mulai jam 7 pagi sampai jam 11 biasanya ikan di sungai sedang mencari makanan. Kemudian sore yang sore sampai malam mikan kembali mencari mangsa. Mudah-mudahan saja umpan kita dimakan oleh ikan.

2. Cuaca

Cuaca harus diperhatikan oleh sipemancing ikan di sungai. Cuaca yang bagus ketika memancing ikan di sungai tidak terlalu panas dan yang paling bagus sesudah hujan adalah waktu yang cocok untuk memancing ikan di sungai.

3. Spot atau tempat memancing ikan di sungai

Spot atau tempat memancing ikan disungai diantaranya:

a. Di bebatuan atau batu di sungai

Di sungai biasanya suka ada bebatuan. Disanalah sebagaian ikan disungai berdiam diri dilubang-lubang batu. Pemancing ikan di sungai cobalah memilih tempat bebatuan siapa tau ikan lagi lapar memakan umpan dan strike hasilnya.

b. Berada di dekat pohon

Ikan-ikan disungai bisasanya berkumpul ditempat yang banyak pohonnya. Silahkan untuk mencoba memancing ikan didekat pepohonan yang ada di sungai.

c. Tempat yang dalam

Tempat yang dalam di sungai biasanya banyak ikannya. Silahkan mencoba memilih tempat yang kira-kira mempunyai ukuran yang dalam di sungai. Tempat yang dalam tempat yang cocok untuk dipilh oleh pemancing ikan di sungai.

d. Belokan sungai

Disungai biasanya ada tempat berbelok air. Berbelok air di sungai merupakan salah satu tempat yang cocok untuk memancing ikan di sungai. Pemancing ikan di sungai silahkan untuk mencoba memancing ikan tempatnya dengan belaokan sungai biasanya ikan yang ada di sungai suka berkumpul disana.

Demikian pemaparan mengenai pengalaman memancing ikan di sungai. Sobat pemancing ikan khusus untuk pemancing ikan di sungai mudah-mudahan dapat ikannya dengan penuh kesabaran dan semangat joran melengkung.

Penulis : Irman Muhamad Ridwan, SHI, MPdI

Pemerhati Keagamaan, Pendidikan, Lingkungan dan Hobi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image