Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Seni Opriliani

Cara Menentukan Gaji Karyawan dan Rumusnya

Bisnis | Tuesday, 23 Nov 2021, 09:04 WIB

Bagaimana cara menghitung gaji karyawan? Mari kita lihat bersama!

Ya, setiap bulan perusahaan membayar karyawannya. Gaji adalah hak yang harus diberikan kepada seorang karyawan setelah memenuhi tanggung jawabnya di tempat kerja.

Gaji dibayarkan sebulan sekali atau secara berkala, tergantung kebijakan perusahaan. Perusahaan biasanya memberikan gaji pada awal dan akhir bulan secara bulanan.

Perusahaan yang memberikan gaji perlu memperhatikan komponen gaji yang diterimanya dan menghitung gaji yang sesuai untuk karyawannya.

Perusahaan memperhatikan besaran tunjangan, potongan, uang lembur, dan gaji pokok yang dapat mencapai gaji yang sesuai yang diberikan kepada karyawan. Gaji pokok adalah gaji pokok yang harus diberikan kepada karyawan.

Menurut UU Ketenagakerjaan, pada tanggal 13 tahun 2003, gaji pokok lebih dari 75% dari upah pekerja dan terdiri dari gaji pokok dan tunjangan tetap. Gaji pokok yang diberikan kepada seorang karyawan harus memperhitungkan nilai pekerjaan di pasar. Perusahaan menentukan gaji pokok untuk kualifikasi pendidikan dan pengalaman karyawan. Selain itu, gaji pokok dapat ditentukan oleh faktor geografis atau lokasi kantor.

Untuk mencari gaji yang tepat untuk diberikan kepada seorang karyawan, perusahaan perlu menghitung gaji berdasarkan perhitungan unsur tambah dan kurang.

Rumus untuk menghitung gaji yang sesuai untuk seorang karyawan adalah:

Gaji pokok + komponen tambahan – komponen pengurangan = gaji yang diterima

Gaji pokok mempengaruhi nilai pekerjaan di pasar, latar belakang pendidikan, dan pengalaman karyawan. Besaran gaji pokok ini juga ditentukan oleh standar perusahaan yang dipengaruhi oleh letak geografis kantor dimana perusahaan tersebut berada.

Perusahaan juga memperhatikan faktor tambahan, antara lain tunjangan transportasi, tunjangan konsumen, bonus karyawan, THR, dan uang lembur untuk setiap karyawan yang bekerja lembur di kantor. Namun, perusahaan juga akan mengurangi anggaran gaji, antara lain BPJS ketenagakerjaan, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan pinjaman pegawai PPh21.

Setelah perusahaan menghitung besarnya dana untuk masing-masing komponen di atas, maka perhitungan gaji akan mencapai jumlah gaji yang diterima karyawan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image