Candi Prambanan, Berdiri Kokoh dalam Usia Ribuan Tahun

Image
Anifa Ardia Rahmani
Wisata | Wednesday, 27 Jul 2022, 10:34 WIB
Candi Nandi, salah satu candi di area Prambanan

Pernahkah kalian mendengar tentang legenda Roro Jonggrang? Jika pernah, tempat apa yang pertama kali terpikirkan oleh kalian? Mungkin sebagian besar akan menjawab Candi Prambanan. Benar, kan? Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia dan terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena kaitannya dengan legenda Roro Jonggrang yang terkenal luas dan populer, Candi Prambanan juga dijuluki sebagai Candi Roro Jonggrang. Namun, tahukah kalian tentang sejarah terbentuknya Candi Prambanan di luar legenda tersebut dan bagaimana keadaan dalam area candi?

Disebutkan bahwa Candi Prambanan dibangun oleh Rakai Pikatan, seorang raja dari Dinasti Sanjaya pada tahun 856 Masehi, sekitar abad ke-9. Dahulu Candi Prambanan digunakan oleh para pendeta untuk beribadah. Candi ini juga pernah mengalami keruntuhan akibat terjadinya gempa dahsyat dan letusan Gunung Merapi. Seluruh candi runtuh dan rusak hingga pada tahun 1733, reruntuhan candi ditemukan oleh C.A. Lons, seorang berkebangsaan Belanda, yang kemudian dilakukan pembersihan dan pemugaran kembali.

Di area Candi Prambanan terdapat 3 halaman yang fungsinya berbeda-beda. Halaman pertama, terdiri dari lapangan rumput yang luas. Pada halaman kedua terdapat Candi Perwara yang berjumlah 224 candi. Candi-candi itu mengelilingi halaman utama atau halaman pertama dan dijuluki sebagai candi pelindung yang melindungi candi-candi utama. Sayangnya, ratusan Candi Perwara yang runtuh akibat gempa bumi masih belum bisa diperbaiki. Dari halaman kedua, kemudian naik beberapa anak tangga, kita akan sampai ke halaman utama atau pertama.

Sampai di halaman utama, kita disuguhkan pemandangan 16 candi dengan 3 candi sebagai candi utama, 3 candi wahana, 2 candi apit, 4 candi sudut, serta 4 candi kelir.

Candi Utama/Trimurti

1. Candi Siwa

Candi yang letaknya di tengah dan merupakan candi yang paling besar. Candi Siwa berdiri kokoh dengan tinggi 47meter dan memiliki 4 ruang. Pada ruang utama terdapat arca Dewa Siwa. Sedangkan 3 ruang lainnya diisi dengan arca Durga Mahisa Sura Mardini yang masyarakat lokal juluki juga sebagai arca Roro Jonggrang, Ganesha, dan Agastya atau Siwa Mahaguru.

2. Candi Brahma

Kemudian candi berikutnya, Candi Brahma. Hanya memiliki 1 ruang serta diisi oleh arca Dewa Brahma.

3. Candi Wisnu

Candi utama yang terakhir adalah Candi Wisnu dengan tinggi 37meter, sama dengan Candi Brahma. Candi ini hanya memiliki 1 ruang yang terdapat arca Dewa Wisnu.

Candi wahana terdiri dari 3 candi yang nama-namanya diambil dari kendaraan para dewa trimurti. Yang pertama, Candi Nandi yang di dalamnya terdapat arca lembu. Lembu Nandi ini merupakan transportasi dari Dewa Siwa. Kemudian, terdapat Candi Angsa, transportasi Dewa Brahma dan Candi Garuda, transportasi Dewa Wisnu. Keduanya dalam keadaan kosong, tidak ada arca sama sekali. Kemudian ada Candi Apit yang berjumlah 2 candi, terletak di ujung selatan dan utara saling berhadapan. Selain itu terdapat 4 Candi Sudut berukuran kecil yang diletakkan di masing-masing sudut halaman, serta 4 Candi Kelir yang berukuran kecil pula, diletakkan di masing-masing pintu masuk ke halaman utama.

Seperti itulah sedikit gambaran tentang candi berusia ribuan taun ini. Jika memiliki waktu luang, berkenankah kalian singgah barang sebentar saja di area Candi Prambanan?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Hakikat Kemerdekaan

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Kepala Rutan Kelas IIB Majene Gelar Sepeda Santai Bersama Pegawai dan DWP

Image

Abonie Digital Music, Distributor Musik Terkemuka Asal Riau

Image

Kompak! Pegawai Rutan Kudus Ikuti Virtual Run 7,7 KM

Image

Mp3 Juice: Free Download Musik Tanpa Batas 2022 Cepat Sekaligus Mudah

Image

Savefrom Net : Cara Mudah Anti Ribet Download Mp4 Dan Mp3 Youtube Tanpa Aplikasi Plus Gratis Disini

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image