Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rey Rey

5 Rekomendasi Hidangan Penutup Khas Indonesia

Kuliner | Wednesday, 27 Jul 2022, 08:32 WIB

Gak kalah lezat sama varian hidangan pencuci mulut alias dessert dari luar negeri, Indonesia juga punya jajanan tradisional yang akan menutup akhir sesi makanmu dengan manis. Meski sudah banyak variasi hidangan penutup dari luar negeri yang ditawarkan di aneka restoran Indonesia, tetap saja makanan penutup dari dalam negeri sendirilah yang terlezat.

Kalau di luar negeri dessert identik dengan makanan penutup. Bedanya, dessert di Indonesia lebih dikenal dengan makanan manis dan minuman menyegarkan yang bisa dikonsumsi kapan saja, termasuk sebagai camilan. Berikut ini, kami akan memberikan daftar 5 rekomendasi hidangan penutup khas Indonesia, antara lain

1. Kue Cucur

Makanan berwarna cokelat dengan bentuk bulat pipih ini merupakan makanan khas Betawi. Perpaduan tepung beras, tepung terigu, dan gula merah merah menghasilkan tekstur padat dan empuk, pinggiran yang renyah, serta rasa yang manis. Agar semakin komplet, kue cucur paling nikmat disantap sambil menyeruput secangkir teh hangat.

2. Selendang Mayang

Selendang mayang merupakan minuman. Selendang mayang merupakan kuliner khas Betawi yang terdiri dari kue lapis: terbuat dari tepung kanji, gula, dan pewarna makanan. Kue tersebut dipotong tipis melebar dengan tekstur kenyal saat disantap. Uniknya, potongan kue tersebut akan dicampur dengan gula merah, es batu, lalu disiram kuah santan. Perpaduan tersebutlah yang akan menghasilkan rasa manis, gurih, dan menyegarkan

3. Klepon

Salah satu makanan penutup yang populer adalah Klepon yang berasal dari Pulau Jawa. Makanan penutup ini terbuat dari tepung beras ketan, daun pandan, dan gula merah. Bentuknya bulat dan kecil, saat dimakan ada kejutan manis dari gula jawa yang meletus di dalam mulut. Klepon juga menjadi makanan penutup Indonesia yang sangat populer di kalangan turis asing, lho.

4. Bika Ambon

Salah satu makanan penutup khas dari daerah Indonesia adalah Bika Ambon. Bika Ambon adalah makanan khas dari Provinsi Sumatera Utara, khususnya daerah Medan. Aroma harum dari Bika Ambon membuatnya menjadi makanan khas atau oleh-oleh favorit. Bika Ambon adalah kue pipih berwarna kuning, yang permukaannya nampak seperti pori-pori. Saat dimakan, cita rasa legit Bika Ambon akan bercampur dengan sensasi kenyal di lidah.

5. Martabak Manis

Martabak, makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Martabak juga jadi salah satu makanan yang bertahan dari zaman dahulu hingga saat ini. Martabak manis ini menggunakan adonan tepung terigu yang dimasak dan diberikan topping seperti meses, keju, selai cokelat, dan aneka topping lainnya yang beraneka ragam.

Temukan berbagai rekomendasi hidangan penutup khas Indonesia di Yummy Advisor. Karena Yummy Advisor memiliki banyak rekomendasi hidangan penutup khas Indonesia yang tentunya memiliki rasa lezat di setiap gigitan.

Tentang Yummy Advisor

Yummy Advisor adalah situs web yang menyediakan informasi Restoran kepada pengguna. Pengguna dapat dengan mudah melihat informasi seperti gambar, menu, dan ulasan restoran. Di Yummy Advisor, Anda dapat dengan mudah menemukan restoran di dekat Anda dan jenis restoran yang Anda butuhkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image