Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Puluhan Mahasiswa dan Alumni Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Aceh Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

Edukasi | Tuesday, 26 Jul 2022, 21:00 WIB
Peserta Pelatihan Pengolahan Produk Hasil Perikanan Mahasiswa dan Alumni Jurusan Gizi merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Aceh Tahun 2022, Selasa (26/07/2022). Foto Rachmawati

Aceh Besar - Puluhan mahasiswa dan alumni Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan (Poltekkes), Kemenkes (Kementerian Kesehatan) Aceh, mengikuti Pelatihan Pengolahan Produk Hasil Perikanan di kampus setempat, Selasa (26/07/2022).

Pelatihan yang bertajuk Pemberdayaan Kewirausahaan Gizi Melalui Pelatihan Pengolahan Produk Hasil Perikanan bagi Mahasiswa dan Alumni Jurusan Gizi merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Tahun 2022 yang dilakukan oleh Tim Dosen Jurusan Gizi Poltekkes yakni Rachmawati, STP, M.Kes, Rosi Novita, SP, M.Kes, Erwandi, STP, M.Kes dan Iskandar, S.Gz, MPH.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari sejak Selasa-Rabu, 26-27Juli 2022 yang dibagi kepada dua bentuk pembelajaran yaitu teori dan praktik. Di hari kedua semua peserta melakukan kegiatan praktik pengolahan produk perikanan selama satu hari penuh yang dibimbing langsung oleh instruktur dari pelaku UKM Belia Jaya.

Sementara sebelumnya, pada hari pertama peserta mendapatkan materi bersifat teori dan wawasan umum tentang Peluang Kewirausahaan Bidang Gizi (entrepreneurship), Tatacara mengurus perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), Tatacara Pengurusan Sertifikat Halal Produk, Desain Kemasan dan Pemasaran Produk, serta GMP dan SSOP Produk Olahan Hasil Perikanan.

Ketua Jurusan Gizi Poltekkes Dr. Aripin Ahmad saat membuka acara, dalam sambutannya menyebut, "penyiapan mahasiswa dan alumni secara dini terkait jiwa kewirausahaan merupakan salah satu upaya institusi untuk menyiapkan mahasiswa agar mampu menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri dan bagi masyarakat, tentu sesuai dengan profesi mereka sebagai tenaga gizi."

Selain itu, lanjut Aripin Ahmad, potensi wirausaha di bidang pangan dan gizi sangatlah terbuka lebar, antara lain di bidang kuliner. Dengan mengembangkan produk-produk dari berbagai bahan makanan menjadi menu makanan yang menarik, punya citarasa yang khas dan tentunya bernilai gizi.

Adapun pemateri/narasumber berasal dari institusi pemerintah yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Dinas Kesehatan, LPPOM MPU Aceh, Pelaku UKM Belia Jaya, Konsultan UMKM, dan Tenaga Pendamping Usaha Kelautan dan Perikanan (TPUKP) DKP Aceh.

"Melalui pelatihan ini, semoga para mahasiswa mempunyai skill kewirausahaan, mulai dari pengembangan ide produk, proses produksi, packaging dan pemasaran. Kami juga berharap akan lahir para nutripreneurship baru dari alumni Jurusan Gizi Poltekkes Aceh," tandas Aripin. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image