Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Niki Tamara

Ini 5 Cara Atasi Hama Tanaman Secara Alami

How To | Tuesday, 26 Jul 2022, 00:37 WIB

Jangan panik jika tanaman kesayangan Anda terserang hama. Anda dapat melindungi tanaman Anda dan mengatasinya dengan menggunakan cara berikut untuk membasmi hama tanaman secara alami:

Singkirkan hama dengan menggunakan daun tomat

Anda juga dapat melindungi tanaman Anda dengan menggunakan daun tomat untuk membuat pestisida alami karena daunnya memiliki sifat alkaloid alami yang membunuh jamur, serangga dan mikroorganisme penyebab penyakit tanaman. Caranya ambil beberapa lembar daun tomat, potong-potong dan campurkan dengan dua gelas air. Biarkan daun tomat direndam dalam air semalaman dan campur dengan 1 gelas air lagi keesokan harinya. Masukkan air dari daun tomat ke dalam botol untuk memudahkan penyemprotan tanaman.

Menggunakan larutan soda kue

Cara praktis lain untuk membasmi hama pada tanaman kesayangan Anda adalah dengan menggunakan larutan soda kue. Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan beberapa tetes sabun cair dan 500 ml air. Blender campuran sampai halus dan kemudian masukkan ke dalam alat penyemprot. Kemudian semprotkan larutan soda kue pada bagian tanaman yang terkena. Untuk hasil yang maksimal dan tanaman yang sehat, lakukan proses ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Membuat air rendaman tembakau

Kandungan nikotin tembakau ternyata sangat beracun bagi berbagai jenis hama tanaman. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat pestisida alami. Caranya, masukkan segenggam tembakau ke dalam kantong kain atau kaus kaki lalu semalaman dalam 1 liter air. Keesokan harinya, gunakan air yang direndam dalam tembakau untuk menyirami tanaman, terutama bagian yang rusak karena bayangan.

Siapkan larutan kulit lemon

Jika Anda tidak memiliki minyak atsiri jeruk, Anda dapat menggunakan kulit lemon, yang memiliki sifat pengendalian hama yang serupa. Parut kulit lemon dan campur dengan 1 liter air mendidih. Biarkan kulit lemon dalam air semalaman, lalu rendam sebelum menambahkannya ke alat penyemprot. Kemudian taburkan air dari kulit lemon pada sisi atas dan bawah daun, terutama pada bagian daun yang masih terserang serangga. Air kulit lemon yang terkena serangga akan langsung membunuhnya.

Menggunakan ampas kopi

Keberadaan ampas kopi di rumah dapat dimanfaatkan untuk pemberantasan hama tanaman secara alami. Caranya mudah, Anda harus menaburkan bubuk kopi di sekitar tanaman. Sifat abrasif dari bubuk kopi membuat siput enggan mendekati tanaman. Selain itu, ampas kopi juga membantu tanaman menyerap nutrisi dari tanah sebanyak mungkin. Tanaman selalu sehat dan bebas hama jika tanah di sekitarnya ditaburi kopi bubuk.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image