Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Niki Tamara

Ini Cara Ampuh Mengatasi 4 Jenis Hama Tanaman

How To | Tuesday, 26 Jul 2022, 00:22 WIB

Tanaman yang terkena hama dapat terganggu perkembangannya dan dapat mengakibatkan gagal panen. Biasanya, ada 4 jenis hama tanaman yang ditemui oleh para petani di ladang mereka. Berikut kami jelaskan jenis-jenis hama tanaman serta cara mengatasinya:

Hama

Hama didefinisikan sebagai hewan yang dapat menyerang tanaman sehingga tidak bisa berkembang dengan baik. Hewan yang termasuk dalam kategori hama yaitu:

1.) Tikus

Hama yang paling sering dijumpai oleh petani adalah tikus. Hewan ini termasuk salah satu hama yang paling mengancam, disebabkan tingkat mobilitasnya yang tinggi, kemampuannya yang cepat beradaptasi terhadap perubahan lingkungan serta tingkat perkembangbiakannya yang juga tinggi.

Tikus dapat membuat kerusakan pada tanaman padi dengan memakan biji-bijiannya pada malam hari, kemudian membuat lubang disekitar sawah atau bersembunyi di semak-semak.

Untuk mengendalikan hama tikus, ikuti langkah berikut:

– Tutup lubang yang ada disekitar sawah untuk mengurangi tempat persembunyian tikus.

– Tangkap tikus yang berkeliaran, atau lepas ular yang sudah jinak untuk memangsa tikus tersebut.

– Menggunakan umpan atau racun khusus tikus.

2.) Ulat

Ulat merupakan salah satu hama yang biasanya memakan daun dan batang tanaman sehingga tanaman tidak dapat berkembang secara optimal.

Untuk mengatasi hama ulat pada tanaman, ikuti langkah berikut:

– Rutin mengecek bagian bawah daun dan bersihkan dari telur kupu-kupu yang menempel apabila ada (Biasanya berwarna putih.)

– Genangi bagian bawah tanaman dengan air, agar semua ulat naik keatas tanaman dan mudah dibasmi.

– Menggunakan pestisida.

3.) Walang Sangit

Walang sangit adalah serangga yang dapat merusak tanaman dengan meloncat atau terbang dari satu tanaman ke tanaman lain. Selain itu, serangga ini juga kerap mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Untuk mengatasi hama walang sangit, berikut langkah-langkahnya:

– Menerapkan sistem tanam serentak

– Menjaga kebersihan sawah dari rumput liar

– Menangkap walang sangit

– Menggunakan predator seperti laba-laba

– Menanam jamur yang memberikan efek bagi walang sangit

– Menggunakan insektisida

4.) Wereng

Sama seperti ulat, hama wereng biasanya juga memakan daun dan batang tumbuhan sehingga menyebabkan tumbuhan tersebut mati. Selain itu, hama wereng juga dapat menyebabkan penyakit tungro.

Untuk mengatasi hama wereng, ikuti cara berikut:

– Terapkan sistem tanam serentak

– Menggunakan Predator seperti kumbang atau laba-laba

– Menggunakan insektisida

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image