Cara Mengelola Stress

Image
Maria Tanjung Sari
Curhat | Saturday, 23 Jul 2022, 19:56 WIB
Sumber gambar: pixabay

Pernah tidak kalian merasa hidup ini hampa tanpa tujuan yang jelas? Malas mau melakukan aktivitas sehari-hari, rasa sakit yang datang tiba-tiba tanpa sebab, merasa semua orang mengabaikan diri kita dan segala bentuk perasaan negatif lainnya.

Saya pernah merasakan hal tersebut. Tidak semangat dalam menjalani hari-hari dalam kehidupan, tapi bingung alasan di balik itu semua. Bisa jadi karena hormon perempuan yang hendak datang bulan saja.

Sebenarnya wajar sekali ketika kita tiba-tiba merasa tidak semangat dalam hidup. Baik laki-laki maupun perempuan bisa mengalami perasaan tidak semangat dalam hidup. Bisa jadi karena faktor stress yang terkadang datang tiba-tiba.

Stress merupakan kondisi kejiwaan yang dialami oleh seseorang karena merasa tertekan oleh keadaan atau kelelahan akibat tingginya aktivitas.

Stress karena pekerjaan bisa jadi salah satu faktor kita kehilangan motivasi dalam hidup. Banyaknya tumpukan pekerjaan yang seolah tiada berhenti bisa membuat seseorang menjadi stress.

Banyak cara mengelola stress agar tidak membuat kondisi kesehatan mental kita menjadi semakin buruk. Adapun cara mengelola stress antara lain:

1. Berdoa kepada TuhanSebagai makhluk beragama, tentu kita harus menghadirkan Tuhan dalam hidup ini. Bagi kalian yang beragama Islam, sholat adalah kunci apabila sedang dilanda kesedihan atau stress misalnya.Pasrahkan diri kita hanya kepada Tuhan, sembari tidak lupa berdoa terus menerus. Percayalah, Tuhan akan mendengar doa hamba-Nya dan memberi solusi atas segala himpitan hidup.

2. Menyendiri dan Lakukan Perenungan

Jika merasa kita sedang mengalami stress, cobalah untuk berada dalam keheningan sejenak. Menyendiri bisa jadi solusi tepat sementara waktu.

Dengan melakukan perenungan dan instrospeksi, lalu kita mencari tahu apa yang sebenarnya diinginkan dalam hidup ini, mungkin dapat mengurangi stress bahkan menghilangkannya.

3. Curhat dengan Orang yang Bisa DipercayaJika kita sedang stress, maka kemungkinannya sedang ada masalah yang membebani pikiran kita. Cobalah untuk terbuka menceritakan permasalahan kita kepada orang yang bisa dipercaya.

Terkadang ada individu yang tidak suka curhat karena memiliki kepribadian yang introvert. Tak masalah juga jika tidak ingin curhat, namun sebisa mungkin luapkan emosi yang tertanam di dalam hati agar stress dapat hilang.

Demikian tips sederhana dari saya dalam mengelola stress. Tentunya kita tidak ingin mengalami stress berkepanjangan dalam hidup ini. Cobalah untuk menikmati hidup walau masalah menghimpitmu.

Semoga bermanfaat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Saya seorang blogger aktif yang memiliki beberapa blog diantaranya www.mariatanjung.com , www.keliling.my.id , www.curhatanku.com , www.mariatanjungme

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Story of Razy : Wisudawan UMPR asal India

Image

Tak Ada yang Lebih Pedih dari Kehilangan

Image

Kajian Morfologis Proses Morfem pada Kumpulan Cerpen Kompas edisi Bulan Juli 2015

Image

Asyiknya Nonton Bareng Piala Dunia di Sudut Kota Daeng Sudiang

Image

Kongres Halal Internasional 2022 dan Optimalisasi Potensi Halal Dunia

Image

Proses afiksasi pada cerita "leteh" karya Oki Rusmani

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image