Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ali Rochmad

Tips Agar Melahirkan Normal Lancar dan Tidak Sakit, Khusus Ibu-ibu Yuk dibaca!

Gaya Hidup | Saturday, 23 Jul 2022, 15:56 WIB

Tips agar Melahirkan normal lancar dan tidak sakit untuk diketahui oleh para wanita. Ini karena pada dasarnya semua wanita ingin dapat menjadi wanita sempurna dengan melahirkan secara normal. Merujuk AyoSpa.com

Persiapan Ibu Selama Masa Kehamilan

Melahirkan merupakan proses yang cukup panjang. Seorang ibu memiliki waktu kurang lebih 9 bulan untuk mempersiapkan kelahiran. Ini wajib melakukan beberapa hal untuk melancarkan persalinan antara lain sebagai berikut.

1. Mengonsumsi Makanan Sesuai Pedoman Gizi Seimbang

Kondisi hamil menjadikan adanya peningkatan kebutuhan gizi seorang wanita. Maka dari itu perlu memenuhi kebutuhan tersebut agar tidak terjadi kondisi buruk. Suplemen folat, zat besi, kalsium dan protein harus dipenuhi.

Dengan memenuhi kebutuhan gizi tersebut maka tubuh seorang ibu menjadi sehat. Kondisi optimal akan mempermudah proses persalinan. Selain itu, ini juga berperan besar dalam menjaga kesehatan calon bayi.

2. Melakukan Berbagai Aktivitas Kecil untuk Kesehatan Ibu dan Janin

Seorang ibu hamil tetap memerlukan aktivitas fisik yang tepat. Berjalan kaki, senam untuk ibu hamil, pilates dan yoga. Hal inilah yang membantu kebugaran tubuh ibu hamil meningkat.

Kondisi bugar tentunya akan membuat badan terasa lebih segar. Kemudian proses persalinan pun akan terasa lebih mudah. Tidak lupa latihan pernafasan ibu hamil juga akan memudahkan proses melahirkan.

3. Istirahat Cukup

Seorang wanita sedang dalam masa kehamilan harus memiliki waktu istirahat yang cukup. Hal tersebut berguna untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap lancar. Selain itu, ini juga mampu menjaga kesehatan antara ibu dan calon buah hati.

Sangat wajib sekali hukumnya bagi para wanita hamil untuk memperbaiki pola tidur. Dengan beristirahat maka secara otomatis tubuh akan kembali. Bisa istirahat dengan sekalian relaksasi di tempat pijat di makassar yang sangat banyak di sukai oleh ibu-ibu hamil untuk mencari relaksasi terbaik untuk kesehatan pasca melahirkan nanti.

Tips Agar Melahirkan Normal Lancar dan Tidak Sakit

Setelah melakukan aktivitas fisik yang cukup dengan bersama konsumsi asupan makanan yang tepat, maka selanjutnya adalah memilih jenis persalinan. Terdapat banyak teknik yang bisa meringankan rasa sakit saat melahirkan normal.

1. Menggunakan Teknik Water Birth

Water birth atau melahirkan di dalam air merupakan teknik baru di dunia persalinan. Seorang ibu akan memposisikan diri di dalam kolam kecil berisi air hangat. Kemudian serta perawat mendampingi selama melahirkan. Ini menjadi tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit.

Tubuh yang berada di dalam air hangat ini menyebabkan otot terasa rileks. Kontraksi pun akan terqsq jauh lebih ringan dan juga nyaman. Teknik ini sudah mulai ada di Indonesia.

2. Menggunakan Teknik Hypnobirthing

Teknik ini menggunakan dasar hypnosis. Situasi melahirkan yang menegangkan menjadi lebih tenang dan rileks. Dengan begitu persalinan akan berjalan secara lancar.

Jika dokter menganjurkan teknik tersebut, maka seorang ibu hamil dapat menerapkan pada saat persalinan. Tentunya manajemen rasa sakit akan lebih mudah sehingga nyeri tidak terlalu parah.

Persiapan Mental untuk Menghadapi Persalinan Normal

Melahirkan bayi menjadi hal yang cukup menakutkan bagi sebagian perempuan. Terlebih jika melahirkan secara normal, perempuan harus menunggu hingga liang lahir terbuka sebesar 10 cm. Tidak ayal lagi, rasa sakit akan mendera sang calon ibu.

Saat menggunakan metode persalinan normal maka perlu persiapan khusus. Salah satu adalah persiapan mental untuk menghadapinya. Jika tidak menyiapkan sejak dini maka akan terjadi trauma.

Demikian informasi terkait tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit. Semua metode tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image