Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Novitania Pambhudi

Anak Hobi Main Game Online? Arahkan Jadi Atlet ESport Profesional Yuk!

Olahraga | Friday, 22 Jul 2022, 12:28 WIB

Game dan anak-anak itu rasanya dua hal yang sulit dipisahkan. Sekarang, setiap ada waktu luang, anakku selalu sibuk dengan gadgetnya lantas main game. Bahkan, sampai lupa waktu. Jujur hal itu sering bikin mamak-mamak sepertiku mengeluarkan nada tinggi.

Makin ke sini aku paham kalau dunia teknologi memang terus berkembang. Tentu sangat berbeda dengan kita dahulu. Kalau zaman kita kecil dulu, game sering kali dibaratkan sebagai suatu hiburan yang sia-sia atau tak ada faedahnya. Masa kini, nyatanya game bisa jadi sesuatu yang membanggakan dan menghasilkan.

Yup, sudah tahu kan kalau kini game online atau eSports merupakan salah satu cabang olahraga di Indonesia. Sejak beberapa tahun lalu, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi mengaku eSport sebagai sebuah cabang olahraga prestasi di Indonesia lho.

Menurut Ketua Harian Pengurus Besar ESports Indonesia (PB ESI) Bambang Sunarwibowo, eSports layak jadi sebuah cabang olahraga karena menggunakan tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan, dan strategi seperti olahraga pada umumnya. Selain itu, eSports juga sudah banyak dipertandingkan baik dalam event nasional ataupun internasional, termasuk di Asian Games 2018 dan Sea Games 2019.

eSports merupakan gim interaktif dan kompetitif yang dilakukan melalui media elektronik seperti komputer, console, telepon seluler, dan sebagainya. Nah, Indonesia sendiri memiliki potensi pasar besar untuk gim dan eSports. Makanya kita sebagai orang tua, harus lihat eSport dalam kacamata yang lebih luas untuk dampingi anak-anak yang memiliki passion dalam hal itu.

LEAD National Series by IndiHome Ajang Asah Kemampuan Jadi Atlet ESport Profesional

Menurut sejumlah penelitian, ternyata bermain game online menghadirkan manfaat kecerdasan untuk anak. Sebab saat bermain game online, otak anak membutuhkan konsentrasi penuh. Hal ini dapat merangsang neurotransmitter dopamine untuk menguatkan daya ingat dan memori anak.

Sadari hal ini, orang tua harus memahami dan mengarahkan anak yang memiliki ketertarikan, passion, dan bakat di bidang eSports agar menjadi prestasi yang membanggakan.

Lalu caranya gimana?

Untuk yang sudah memiliki KTP dan memiliki skill serta ketertarikan terhadap game Free Fire, bisa ikut LEAD National Series (LNS). Yup, IndiHome layanan fast internet terkemuka milik Telkom Group kembali menggebrak eSport Nasional melalui gelaran LEAD National Series (LNS) game Free Fire. Acara ini menjadi suksesi event LEAD by IndiHome season 1 menuju LEAD by IndiHome season 2. Turnamen ini diselenggarakan secara masif meliputi 7 regional wilayah Telkom atau seluruh Indonesia dengan total hadiah Rp 100 juta.

Melalui LNS, IndiHome berupaya memberi wadah untuk calon atlet eSports Tanah Air dalam mengembangkan potensi hingga jadi pemain profesional dan berkompetisi sebagai wakil Indonesia untuk kejuaraan dunia.

LEAD National Series akan jadi momen emas kemajuan eSports di Indonesia dan ajang mengasah skill serta mental bertanding calon atlet eSport terutama untuk mereka yang berasal dari daerah. Melalui turnamen ini, para peserta bisa merasakan atmosfer pertandingan besar melawan tim-tim hebat dari masing-masing wilayah dengan tingkat persaingan yang sangat ketat.

Nantinya, seluruh partisipan yang terdaftar akan mengikuti pertandingan kualifikasi di masing-masing wilayah Telkom Indonesia terlebih dahulu sebelum melaju ke babak berikutnya. Pertandingan babak Qualifier akan dipertandingkan online dan Grand Final akan dipertandingkan secara offline.

Tenang aja, pendaftarannya GRATIS alias tidak dipungut biaya. Eittss, nggak hanya itu aja, LEAD National Series by IndiHome juga akan menghadirkan tim - tim eSport tenar seperti, EVOS, RRQ, AURA, ECHO, yang tentu menambah semarak event bergengsi ini.

So, bagi calon atlet eSports yang ingin mengikuti event ini, langsung kunjungi website dan sosial media IndiHome ya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image