Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khairil Fajrin

Tips Menarik untuk Mengembangkan Potensi secara Maksimal selama Kuliah

How To | Thursday, 21 Jul 2022, 19:07 WIB
Sumber: Pexels

Dunia kuliah adalah lingkungan yang penuh dengan berbagai macam hal baru. Buat kamu yang baru menjalani masa perkuliahan pada tahun ini, maka kamu harus memulai langkahmu dengan tepat, termasuk dengan memaksimalkan potensi dirimu yang sebelumnya mungkin belum kamu sadari. Tujuannya adalah untuk memberikan fungsi lain bagi dirimu sendiri atau sebagai persiapan untuk menghadapi hal-hal baru lain, misalnya dunia pekerjaan dan sebagainya. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar kemampuanmu bisa berkembang dengan maksimal selama kuliah. Seperti apa tipsnya? Mari simak ulasannya sampai habis!

1. Fokus Mengasah Hard Skill

Sebagai mahasiswa, kewajiban dan tanggung jawab utama kamu adalah belajar. Ilmu pengetahuan yang akan kamu pelajari di masa perkuliahan akan menjadi salah satu modal penting untuk menunjang kariermu. Selain itu, belajar juga tidak hanya menambah wawasan, tapi membentuk pola pikirmu menjadi kritis dan rasional. Tentunya ini akan sangat berpengaruh besar untuk mempertajam kemampuan kamu dalam menganalisa seuatu permasalahan dan mengambil keputusan. Kesimpulannya: kamu harus fokus pada tujuan utama kamu sebagai mahasiswa, yaitu belajar. Apapun program studi yang kamu ambil, apa pun mata kuliahnya, maka program studi dan semua mata kuliah itulah hard skill yang harus kamu kuasai.

2. Mengasah Soft Skill

Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, memang tujuan kamu selama kuliah adalah untuk belajar. Tapi tak ada salahnya jika kamu juga sambil mempelajari sesuatu yang baru untuk mengasah kemampuan soft skill yang kamu miliki. Mungkin kamu bisa memulainya dengan mengikuti suatu kegiatan organisasi kampus atau kegiatan volunteer. Misalkan kamu hobi fotografi, mungkin kamu bisa kuliah sambil mengeksplor lingkungan kampusmu untuk selanjutnya kamu tuangkan dalam majalah kampus atau universitas. Sambil kuliah, sambil jadi seorang jurnalis. Tapi, seimbangkan juga waktu belajar yang kamu punya dengan waktu di luar belajar ya. Sekalipun kamu masih menjalani sistem belajar online saat ini.

3. Berteman dengan Siapa Saja

Dengan kamu aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di kampus seperti yang dijelaskan pada poin kedua, tidak hanya akan membantu kamu dalam mengasah soft skill, tetapi juga akan memperluas dunia pertemananmu. Berteman atau pun membangun relasi dengan siapa saja tentunya penting dan ini bisa dimulai sejak masa perkuliahan. Hal ini bisa membukakan berbagai peluang untuk kamu, misalnya: peluang bisnis bersama atau peluang rekomendasi pekerjaan dan lain sebagainya.

4. Menerapkan Manajemen Keuangan

Sebagai seorang mahasiswa, tentunya ada saja godaan yang akan kamu hadapi, khususnya adalah godaan untuk mengahambur-hamburkan uang. Nah hal ini harusnya kamu hindari! Mulailah membangun manajemen keuangan yang baik yang tujuannya adalah untuk membangun pondasi di fase kehidupan kamu selanjutnya. Langkah awal yang mukngkin bisa kamu lakukan adalah: kamu bisa mulai dengan mencatat cash flow dan mengatur anggaran setiap bulan secara disiplin. Misalnya membagi uang untuk kebutuhan pokok, hiburan, tabungan, dana darurat, investasi dan lain-lain. Jangan masukkan dana kelakuan, karena biasanya “kelakuan” adalah hal yang tak harus dilakukan.

5. Berprestasi

Hal lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah: meningkatkan prestasi. Meningkatkan prestasi yang dimaksud adalah berprestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik. Tentunya ini berpotensi jadi nilai tambah dalam memasuki dunia karier kamu nantinya. Maksimalkan waktu kuliah agar kamu punya ruang untuk mengembangkan potensi diri. Kedisiplinan diri adalah kunci dalam hal ini, dan tujuan utamanya adalah “memahalkan diri” lewat prestasi.

Nah itulah tadi tips menarik dan tidak ada salahnya kamu coba, dengan tujuan untuk mengembangkan potensi secara maksimal selama kamu berkuliah. Poin pentingnya adalah: imbangi segala kegiatan yang ingin kamu jalani agar tercapai goal yang kamu inginkan. Mencari dan mencoba hal-hal baru memang penting, tapi yang paling penting adalah seimbangkan kegiatan luar kuliah dengan fokus dalam belajar hingga potensi dalam dirimu semakin berkembang maksimal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image