Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ibnu nih

Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Luar Negeri

Kuliner | Thursday, 21 Jul 2022, 17:12 WIB
Sumber: Pinterest

Makanan merupakan budaya suatu daerah, makanan orang pesisir berbeda dengan makanan orang – orang yang tinggal di pegunungan. Orang dipesisir dengan geografis yang cukup panas lebih suka menyantap makanan yang tidak menimbulkan sensasi panas untuk tubuh, lebih lanjut geografis tanah mereka tidak mendukung untuk ditanami tumbuhan – tumbuhan khas pegunungan yang tanahnya subur dan mudah untuk ditanami. Orang yang tinggal dipesisir cenderung mengkonsumsi makanan yang bersumber dari laut seperti ikan, kerang dan produk – produk laut lainya. Sementara orang – orang dari pegunungan cenderung memanfaatkan hasil kebun untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari. Sebagai budaya yang mewakili kultur budaya, makanan orang Indonesia jelas berbeda dengan makanan orang – orang dari luar negeri, makanan asal Indonesia cenderung kaya akan rempah dan bumbu meski dari segi tampilan dan look makanan Indonesia tidak semenarik makanan dari Eropa dan sekitarnya, tapi dari segi rasa makanan Indonesia tidak bisa diangap remeh.

Saking nikmatnya beberapa makanan dari Indonesia, ada beberapa makanan yang menjadi primadona di negara tetanga, apa saja makanan – makanan tersebut:

1. Sate

Sate merupakan daging tusuk yang dimasak dengan cara dibakar di atas arang. Daging tusuk ini biasanya menggunakan bahan baku daging ayam, kambing, kelinci. Salah satu yang membedakan sate khas Indonesia dan daging bakar dari negara – negara lain terletak pada bumbunya, sate dari Indonesia biasanya mengunkan saus kacang, saus matah, atau bahkan sate padang yang mengunakan bumbu kuning.

2. Rendang

Makanan khas Indonesia yang berasal dari Minangkabau Sumatra Barat ini dimasak seperti kari daging sapi, tetapi tanpa kuah kaldu. Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam saus santan dan rempah-rempah selama beberapa jam. Makanan khas daerah Sumatra ini membutuhkan kesabaran dan keterampilan saat memasaknya. Memasak daging rendang memang memerlukan waktu yang lama, agar bumbunya meresap dengan baik.

3. Soto

Makanan selanjutnya yang masuk kategori makanan yang cukup terkenal di luar negeri adalah soto. Bukan tanpa alasan, soto memang menjadi favorit orang Indonesia. Makanan satu ini biasanya kita santap ketika malam hari ketika suasana dingin, ditambah telur puyuh dan teh hangat. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis soto, mulai dari Soto Betawi, Soto Lamongan, Soto Mie Bogor, Soto Banjar, Soto Padang, Coto Makassar, Soto Lenthok, Soto Kudus, Soto Tauco Pekalongan, Soto Kemiri, dan masih banyak lagi. Popularitas soto di luar negeri ini sama dengan bakso.

4. Tempe

Di Indoneisa sendiri makanan ini sudah menjadi makanan sehari – hari mulai dari sarapan makan siang makan malam seringkali makanan satu ini hadir sebagai pelengkap. Makanan dari olahan tempe ini sangat mudah untuk diolah menjadi bermacam jenis makanan, mulai dari digoreng untuk lauk sampai dibuat sayur. Bahkan tempe dapat dimakan mentah dan bermanfaat untuk lambung. Makanan satu ini juga jadi primadona di Inggris. Seorang warga Inggris, William Mitchell, jatuh cinta pada tempe saat datang ke Indonesia tahun 1995. Dia kemudian belajar tentang cara pembuatan tempe dan akhirnya mendirikan usaha kuliner tempe di Inggris.

5. Es Dawet

Tidak hanya makanan dari segi minuman ada juga minumal asal Indonesia yang cukup terkenal sampai ke luar negeri. Bahkan es dawet terpilih sebagai makanan manis terbaik dalam penghargaan World's 50 Best Desserts. Sayangnya, pihak CNN Travel menyertakan keterangan yang kurang benar bahwa es dawet berasal dari Singapura. es dawet memang cukup terkenal di sejumlah negara Asia tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja, Thailand, dan sebagainya. Akan tetapi apabila ditelisik terdapat fakta yang menyebutkan bahwa es dawet merupakan kuliner asli khas Indonesia. Peneliti dari Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada, Murdijati Gardjito, menceritakan cendol atau dawet sudah ada sejak tahun 1323, pada masa Kerajaan Majapahit. "Pada saat babat alas menjaga perbatasan, Raden Kembangjoyo bertemu dengan Kisagulo yang menjadi awal dia tahu seberapa enaknya dawet," minuman satu ini semakin menyebar karena pengaruh kerajaan Majapahit yang memperluas wilayah kekuasaan.

Itu tadi merupakan jenis makanan – makanan khas Indonesia yang cukup terkenal di luar negeri, kita sebagai pribumi asli yang dengan mudah menemukan makanan – makanan tersebut sepatutnya bangga. Kita bisa turut memperkenalkan makanan atau minuman Indonesia ke manca negara.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image