Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Add aja

Saat Pekerjaan Tak Sesuai Jurusan

Eduaksi | Thursday, 21 Jul 2022, 15:20 WIB
sumber: pexels.com

Ketika kita berada di bangku SMA, pasti kita menemui saat-saat dimana kita merasa kebingungan untuk mau menuju ke mana setelah lulus dari bangku sekolah menengah itu. Beberapa orang memutuskan untuk bekerja, memulai usaha, mengikuti seleksi aparatur negara, dan satu yang paling banyak adalah melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Bagi orang-orang yang memilih untuk meneruskan ke perguruan tinggi pastinya mengalami kebingungan lagi yaitu memilih jurusan kuliah. Pastinya saat memilih jurusan, kita akan mempertimbangkan tingkat kesulitan, kemampuan yang kita miliki, dan pastinya yang paling sering adalah prospek kerja di masa depan. Pastinya saat kita memilih suatu jurusan, kita tidak lupa mencari informasi mengenai pekerjaan apa yang ditawarkan untuk lulusan dengan pekerjaan tersebut, seperti orang yang mengambil jurusan perbankan pasti membayangkan jika suatu saat ia akan bekerja di sebuah bank entah sebagai teller, customer service, atau back office.

Namun pada kenyataannya hal tersebut tidak akan selalu terealisasi, mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah membutuhkan effort yang tidak mudah, seperti ketersediaan lowongan pekerjaan, skill yan mumpuni, serta pengalaman kerja yang tidak sedikit. Mungkin setiap lulusan baru mendambakan pekerjaan yang memang sesuai dengan jurusan kuliah yang telah mereka tempuh selama empat tahun. Akan tetapi beberapa faktor akan memaksa seseorang untuk keluar dari apa yang telah ia bayangkan itu, dan mulai mencoba mencari pekerjaan lain walau tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya. Konsekuensinya adalah kita harus mempelajari skill baru yang mungkin tidak pernah kita pelajari sebelumnya.

Maka penting bagi mahasiswa untuk tetap mempelajri banyak kemampuan dalam rangka menghadapi kemungkinan ini. Di samping kemampuan yang sesuai dengan jurusan yang sedang kita tempuh, kemampuan-kemampuan lain ini penting untuk dipelajari karena entah suatu saat beruga atau tidak, tapi tidak ada salahnya untuk belajar, karena kita tidak akan rugi jika memiliki banyak kemampuan, siapa tahu suatu saat akan bisa kita manfaatkan dengan baik. Berikut akan saya rankum skill-skill yang perlu dipelajari oleh mahasiswa untuk menambah kemampuan serta memperluas kesempatan untuk diterima kerja.

Bahasa Inggris

Tidak di ragukan lagi baha kemampuan bahasa Inggris merupakan kemampuan yang penting untuk dipelajari. Saya rasa ini menjadi kemampuan yang wajib, kenapa? Bahasa Inggris telah menjadi mata pelajaran yang selalu ada dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri jika kemampuan ini terkadang jarang di miliki oleh mahasiswa sekalipun. Jadi sembari menimba ilmu dalam kelas, mahasiswa perlu untuk belajar bahasa Inggris baik secara mandiri atau mengikuti kursus bahasa Inggris. Karena di era globalisasi ini, kemampuan bahasa Inggris akan dipertimbangkan oleh sebuah peruhaan, bahkan beberapa pekerjaan mewajibkan pelamarnya untuk menguasai bahasa Inggris.

Komunikasi

Sebagai manusia pastinya tidak lepas dari komunikasi, memiliki komunikasi yang baik memerlukan sebuah kepercayaan diri serta wawasan yang luas. Maka tidak heran dalam tahap recruitment pastinya kita akan mengikuti tahap wawancara. Di sinilah kemampuan dan pengalaman kita sedang diuji melalui komunikasi dua arah. Jika komunikasi kita lancar dan tertata, perusahaan akan menilai kita sebagai orang yang kompeten dan percaya diri.

Kemampuan komunikasi lain yang perlu kita pelajari adalah kemampuan negosiasi dan persuasif. Kemampuan negosiasi adalah kemampuan komunikasi untuk menemukan sebuah kesepakan dengan mengedepankan tujuan dan keuntungan. Sedangkan kemampuan persuasif adalah kemampuan komunikasi yang bersifat mengajak atau mempengaruhi. Dua skill ini perlu kamu kuasai, dan pastinya dua kemampuan komunikasi ini membutuhkan kepercayaan diri yang tinggi.

Komputer

Kita sekarang mulai memasuki era revolusi Industri 4.0, di mana kegiatan yang berhubungan dengan industri mulai memasuki ranah digital. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang kian pesat serta memberikan kemudahan bagi kita semua untuk mengakses informasi. Maka agar tidak ketinggalan perkembangan jaman yang kian maju, mahasiswa perlu memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer. Kemampuan ini tidak hanya yang berhubungan dengan microsoft office saja, termasuk kemampuan memahami pengoperasian komputer dan aplikasi-aplikasi di dalamnya. Kemampuan ini perlu terus untuk dipelajari karena setiap penyedia perangkat lunak komputer akan memberikan pembaharuan dengan fitur-fitur baru.

Media Sosial

Kita tahu jika pada era sekarang ini kita tidak bisa lepas dari media sosial. Berapa waktu yang kita habiskan dalam mengakses media sosial? Pastinya cukup banyak. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh suatu perusahaan dalam mengembangkan perusahaannya, maka seorang pencari kerja perlu memahami mengenai media sosial, tidak hanya sebagai media komunikasi, akan tetapi media sosial juga merupakan pasar yang mudah untuk di masuki

Manajemen dan kerja sama

Kemampuan manajemen ini saya rasa perlu dilatih oleh setiap orang, tidak hanya kalangan mahasiswa. Pasalnya kemampuan ini juga berhubungan dengan cara kita membawa dan mengelola diri kita sendiri, ini merupakan awal dari kemampuan mengelola suatu kelompok yang lebih besar. Selain itu, kerja sama juga merupakan kemampuan yang mengharuskan kita membangun hubungan yang baik dengan orang lain, menciptakan interaksi yang positif serta menempatkan diri dalam peran dan tanggung jawab.

Enterpereneur

Untuk kemampuan yang terakhir ini adalah kemampuan yang cukup sulit, pasalnya menjadi enterpreneur memerlukan banyak skill dan keberanian. Sepertinya jika menjadi seorang enterpreneur, kemampuan di atas tadi wajib kita miliki. Enterpreneur dapat menjadi jalan mandiri apabila kita tidak mendapatkan pekerjaan yang memberikan dampak yang baik, selain itu enterpreneur juga menjadi impian setiap orang untuk bisa mengelola sebuah usaha sendiri dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Itulah hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja. Saya rasa kita mampu menyempatkan waktu di sela-sela jam kuliah untuk mempelajari kemampuan-kemampuan baru. Selain itu di kampus pun kita bertemu dengan banyak orang yang bisa kita ajak bertukar pikiran dan berbagi pengalaman, karena kampus adalah benar-benar tempat kita untuk bisa belajar banyak hal, tidak hanya melalui kelas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image