Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Gina Atikah

Pengejar Dunia Yang Fana! Tidak Akan Tenang Hidupnya

Agama | Wednesday, 20 Jul 2022, 13:40 WIB

Dunia Ini Fana, Akhirat Yang seharusnya menjadi Tujuan Hidup Kita

Mengapa dalam menjalani hidup ini terkadang kita merasa tidak tenang, ada saja yang harus difikirkan dan dilakukan, namun setiap orang memikirkan dan melakukan hal-hal yang berbeda dari lainnya, ada yang memikirkan bagaimana agar bisa mandiri, bagaimana bisa lulus ujian, bagaimana agar cepat mendapatkan uang, bagaimana agar cepat dalam menghafal al-qur’an dan masih banyak lagi.

Fikiran inilah yang akan mempengaruhi bagaimana seseorang akan bertindak, karena itu, terkadang manusia terlalu sibuk dengan urusan dunia nya sehingga lengah dan lupa bahwa tujuan hidup yang sesunggguhnya adalah menggapai ridho Allah Swt, padahal sesungguhnya kekuatan yang kita miliki dalam melakukan semua hal adalah dengan kekuasaan Allah swt. Nabi Muhammad bersabda:

"Wahai anak Adam, luangkanlah waktumu untuk beribadah kepadaKu maka niscaya akan Aku penuhi dadamu dengan kecukupan serta Aku tutup kefakiranmu. Jika engkau tak melakukannya, maka akan kupenuhi kedua tanganmu dengan kesibukan dan tak akan Aku tutup kefakiranmu,".

Disini akan saya paparkan beberapa ciri manusia yang terlalu fokus dengan urusan Dunia atau ciri orang yang mengejar dunia :

1.Merasa sedih terus-menerus2.Merasa letih dan rugi yang tak berujung3. Akan merusak iman dan akhirnya merusak akal fikiran4. Hati menjadi lalai ddari mengingat akhirat sehingga kurang beramal shalih. Rasululah bersabda “Barang siapa yang begitu gila dengan duniaanya maka itu akan memudarkan akhiratnya. Dan barang siapa yang begitu gila dengan akhiratnya maka akan mengurangi kecintaannya pada dunia. Dahulukanlah negeri yang kekal dari yang fana” (H.R Ahmad).5. Tidak merasakan ketenangan dengan berdzikir.6. Pelit dan enggan membagikan hartanya.7. Keras hatinya, suka berbica namun jarang berdzikir.8. Pencapaian yang tak ada ujungnya, ada saja hal dunia yang ingin di kejar.

Lalu bagaimana agar kita bisa menyeimbangkan anatara urusan dunia dan akhirat? berikut hal-hal yang bisa kita lakukan agar bisa selalu dekat dengan Allah swt.

1.Mensyukuri semua nikmat yang telah Allah limpahkan kepada kita.

2.Memahami arti bacaan Shalat.

3.Mendahulukan ridho dari Allah swt dari pada hawa nafsu yang bersifat duniawi

4.Sabar dengan kehidupan didunia dan yakin akan kenikmatan yang berlimpah di surga kelak.

5.Memberi waktu khusus untuk membaca Al-Qur’an, bukan hanya sekedar menyempatkan diri untuk membaca Al-Quran

6.Ingat kematian dan jangan tergiur dengan dunia yang fana

7.Berdzikir dan mengingat Allah swt setiap saat.

Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang terlalu mengejar dunia, dan semoga kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang selalu dekat dan ingat kepada Allah swt. karena hanya dengan mengingat Allah kita bisa merasa tenang.

Usiikum wa Iyyaaya Nafsii, Wallahu A’lamu bi Showab.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image