Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andri Mastiyanto

Samsung Chromebook 4: Laptop BPJS Berstandar Militer

Teknologi | Monday, 15 Nov 2021, 15:54 WIB
Samsung Chromebook 4 I Sumber Foto : dokpri

Samsung Chromebook 4 hadir di Indonesia pada bulan Juni 2021 sedangkan di Canada bulan Februari 2021, Britania Raya bulan November 2020, di Amerka Serikat bulan Oktober 2019 dengan berspesifikasi standar militer.

Laptop ini diperkenalkan di Indonesia selang 2 tahun sejak launching pertamanya. Namun spesifikasi tahun 2019 dengan yang diperkenalkan di Indonesia berbeda pada processor. Tahun 2019 mengusung Celeron N4000 sedangkan tahun 2021 menggunakan N4020.

Tentunya bagi pengguna laptop yang biasa selebor akan bermanfaat sekali karena laptop mini ini telah di uji ketahanannya sesuai standar militer.

Daku (saya) pun akhirnya setelah lima bulan (Juni 2021) dari tanggal peluncurannya di Indonesia dapat berkesempatan menggunakan Samsung Chromebook 4. Pingin juga tau rasanya menggunakan Os.Chrome dimana daku terbiasa menggunakan Os.Windows.

Buat daku ini merupakan sejarah, karena baru kali ini menggunakan merk Samsung. Selama ini daku menggunakan laptop dengan merk lain, hampir semua merk kecuali merk Tiongkok pernah daku coba.

Tapi apakah Samsung Chromebook 4 ini Laptop atau Netbook yaks ? bila Anda searching mbah google akan menemukan artikel media mainstream menggunakan judul “Laptop” didepan tulisan Chromebook 4, bahkan situs resmi Samsung (samsung.com) sendiri menyebutnya Chromebook 4 Laptop.

Bila melihat spesifikasi Samsung Chromebook 4, sepertinya terjadi perubahan paradigma mengenai sebutan Laptop. Tentunya ini berhubungan dengan kata kunci pencarian oleh pengguna search engine yang lebih banyak mencari kata Laptop, dibandingkan Netbook ujung-ujungnya teknik pemasaran.

Jadi apa keunikan dan kelebihan Samsung Chromebook 4 ? dan berapa harganya yang terbilang murah ? monggo di scroll

_

Samsung Chromebook 4 untuk Pekerja Kantoran dan Anak Sekolah

Menjadi tanda tanya untuk daku kenapa Chromebook 4 oleh Samsung di situs resminya sebagai PC yang dikategorikan Business ? padahal iklan video yang tayang di Youtube, Laptop ini menggunakan model seorang anak sekolah.

Brand Image Samsung Chromebook 4 menjadi double atau berstandar ganda. Mungkin awalnya Samsung Chromebook 4 di design menyasar kaum pekerja (pebisnis) tetapi karena pandemi Covid-19 melanda dunia merubah target pasar.

Oktober 2019 Samsung Chromebook 4 telah dipasarkan di Amerika Serikat, ini berarti sebelum Pandemi Covid-19 melanda.

Samsung sepertinya melihat pangsa pasar untuk penjualan Laptop berukuran kecil, tipis, ringan dan berstandar militer dengan menargetkan anak sekolah selain pekerja kantoran.

Samsung Chromebook 4 dimaksukkan kategori bisnis oleh Samsung I Sumber Foto : samsung.com

Jujur saja daku yang berkerja bukan di perusahaan design grafis atau konsultan komunikasi menemukan bahwa rekan-rekan kerja ku lebih hanya menggunakan Laptop untuk ms.word, ms.excel, internetan, youtube, menjalankan musik digital dan presentasi.

Mungkin hanya kurang dari 5 % menggunakan photoshop, corel draw, dan editing video serta game barat (klo nggak ketauan). Jadi memang tepat bila laptop ini ditujukan bagi pekerja kantoran bukan seorang design grafis atau programer.

Samsung Chromebook 4 bisa dibilang cocok bagi anak sekolah karena di era Pandemi Covid-19, sekolah dijalankan secara Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Buat pelajar dan pekerja yang sering zoom meeting tidak perlu khawatir karena Samsung Chromebook 4 telah dilengkapi dengan kamera HD 720p dan speaker stereo untuk menunjang kegiatan PJJ atau rapat online.

_

Samsung Chromebook Menggunakan Os Chrome bukan Os Windows

Samsung Chromebook 4 merupakan jenis laptop yang menggunakan Os Chrome sebagai sistem operasinya. Walaupun belum umum digunakan, sistem operasi Chrome terbilang sangat mudah karena menyerupai sistem operasi pada smartphone android atau tablet pada umumnya.

Tersedia layanan Playstore pada Os Chrome dimana terkoneksi dengan akun google pada smartphone yang Anda miliki.

Bila ada aplikasi di smartphone yang tersedia pada playstore, Anda akan diminta untuk mencentang untuk diunduh ke Samsung Chromebook 4. Intinya terkoneksi antar perangkat dengan akun google kita. Bahkan anda bisa menambahkann aplikasi yang mau Anda unduh.

Kids jaman now akan sangat mudah mempelajari dan menggunakan Samsung Chromebook 4 ini. Sistem Os Chrome yang berbasis internet menyediakan sistem penyimpanan clouds. Walaupun chromebook lebih optimal secara online tapi dapat juga digunakan secara offline.

Os Chrome ini mungkin akan lebih bermanfaat bagi anak sekolah perkotaan yang tersedia konektivitas internet yang bagus dan stabil. Tapi bagi anak sekolah di daerah yang minim fasilitas internet akan menghadapi kinerja yang kurang optimal.

_

Samsung Chromebook 4 Memiliki Bobot yang Ringan

Sewaktu Samsung Chromebook 4 tiba ke rumah ku, minggu, 13 November 2021, paket terasa ringan. Saat box / kardus Laptop dibuka..wow isi nya hanya Laptop, charger, kwitansi, garansi, dan buku panduan.

Ternyata yang bikin begitu enteng, bobot dari Samsung Chromebook 4 sendiri hanya berkisar di 1,18 Kg saja. Laptop ini pun terbilang tipis 16,7 mm dimana layar screen juga mini di ukuran HD 11,6 inchi (1.366x768 piksel) anti reflective.

Ukuran layar Samsung Chromebook 4 sebesar 11,6 inchi belum bazzel less dan belum layar sentuh I Sumber Foto : dokpri

Tapi anehnya, dengan ukuran layar 11,6 inchi tetap terasa nyaman menatap untuk berselancar dunia maya dan membuat tulisan, walaupun layar masih kualitas HD. Memang sih layarnya belum mengikuti laptop kikinian yang bazzel less tapi tetap oke sih !

Sayangnya, Chromebook 4 ini belum menggunakan layar sentuh, ketidakhadiran yang mencolok karena alaptop ini menyediakan aplikasi Android yang tersemat di laptop Chrome OS

Pekerja yang mobile dan anak sekolah akan cocok menggunakan laptop mini karena body nya yang tipis dan ringan. Sehingga akan sangat mudah untuk dibawa kemana-kemana. Tidak akan membuat encok dipunggung kecuali di tas ditambahin batu bata.

_

Samsung Chromebook 4 Berstandar Militer dengan Tampilan yang Berkelas

Samsung Chromebook 4 merupakan laptop mini yang kokoh dan tahan goncangan. Bila daku membaca situs resmi Samsung, laptop mini ini di uji menggunakan delapan ujian setara standar Mil-STD-810G.

Perangkat ini selamat dari uji ketahanan terpisah, termasuk uji getaran, perubahan suhu yang ektrim baik suhu tinggi dan suhu beku, kelembapan, debu, dan tekanan rendah dan uji dijatuhkan ke pelat baja dari ketinggian 50cm – ini benar-benar perangkat yang cocok bagi orang selebor !

Samsung Chromebook 4 outstanding durability I Sumber Foto : samsung.com

Pada bagian atas body dan sekitar keyboard berbahan metal alumunium dan bagian bawah plastik. Uniknya saat daku melihat kebawah, tidak menemukan ada baut. Mungkin ada tapi tersembunyi, hanya teknisi Samsung yang tau.

Samsung Chromebook 4 berbanding terbalik dengan harganya yang murah. Dengan tepi melengkung dan colour rona perak, Samsung Chromebook 4 secara penampilan sangat mirip dengan laptop bisnis flagship. Sepertinya Samsung ingin tetap mengusung citra brand dengan tampilan yang elegan dan berkelas.

_

Samsung Chromebook 4 ini Isi Jeroannya

Samsung Chromebook 4 bila dilihat dari spesifikasi nya bisa dibilang standart tapi melebihi dari harganya.

Laptop mini ini ditenagai intel Celeron 4020, Ram 4 Gb LPDDR4, penyimpanan 32 GB e-MMC dan dibekali grafis Intel UHD Graphics 600. Daku menyarankan jangan pula digunakan untuk design atau game berat, bisa ngos-ngosan laptop mini ini.

Perangkat berstandar militer ini tidak memiliki DVD sehingga berbobot ringan. Namun, dalam 2 tahun terakhir Laptop papan atas pun yang baru-baru dilaunching banyak yang sudah tidak menggunakan DVD. Perangkat penyimpanan flashdisk dan HDD eksternal telah menggantikan peran DVD.

Terdapat port USB-C multifungsi untuk mengisi ulang baterai dengan cepat, transfer data dalam kecepatan tinggi, atau menghubungkan ke layar lebih besar dengan kualitas 4K.

Sama seperti laptop, Chromebook 4 memiliki keyboard dan touchpad, sehingga siswa atau pekerja dapat mengetik dan menyusun dokumen dengan nyaman.

Tombol-tombol keyboard-nya pun didesain ergonomis agar bisa mengetik nyaman bahkan dalam waktu lama di support dengan touchped yang lebar.

_

Samsung Chromebook 4 Memiliki Charger yang Tidak Biasa dan Daya Tahan Baterai Mumpuni

Pada saat daku melihat Chargernya pun cukup unik, yang berdaya 39 WH. Bisa daku bilang Chromebook 4 seperti menggunakan charger smartphone seri flagship, tidak umum untuk laptop. Hal ini yang bikin charger ringan dan bisa dibawa kemana-mana tidak memenuhi tas.

Pada saat daku mencoba pertama kali menyalakan Samsung Chromebook 4 kok nggak nyala ! ternyata posisi battery masih kosong. Ketika dicolokkan charger ke listrik, joss langsung nyala sempat sport jantung.

Samsung Chromebook 4 memiliki daya tahan baterai hingga 12.5 jam I Sumber Foto : samsung.com

Pengisian awal sampai penuh hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam dimana daya baterai dapat digunakan hingga 12 jam untuk pemakaian browsing, video conference, atau streaming video.

_

Samsung Chromebook 4 Harganya Terbilang Murah

Pada saat Promo terbatas di tanggal 11.11.2021 harga Samsung Chromebook 4 dibandrol diharga 2,7 jutaan di Lazada. Pada tanggal 14.11.2021 baik dari lazada, tokopedia tercantum harga kisaran 2,8 juta s/d 4,5 jutaan.

Tahun 2019 bila kita lihat history tokopedia sempat ditawarkan diharga 7,9 juta. Sedangkan pada bulan November 2020 saat peluncuran di Britania Raya, harga Samsung Chromebook 4 diharga 5 jutaan. Saat launching di Indonesia bulan juni 2021, dipatok diharga 4 jutaan.

Bisa jadi ini tekhnik pemasaran, bagi yang terbiasa melihat harga Laptop. Dalam setahun terakhir harga laptop naik. Amat sulit menemukan laptop baru diharga 3 s/d 4 jutaan. Bahkan laptop mengusung intel celeron 4020 banyak ditemui pada laptop yang dibandrol dengan harga 5 jutaan.

Ada becandaan bahwa ketika laptop di ulas content creator (daku termasuk nggak ya ?) yang awalnya Laptop Budget Paspasan Jiwa Sosialita (BPJS) tau-tau seminggu kedepan harganya naik drastis menjadi Laptop kelas menengah.

Jadi minggu-minggu ini merupakan momen yang tepat untuk membeli Samsung sebelum harganya melejit atau menjadi laptop hantu (ghosting). Chromebook 4 minggu ini diharga terendahnya,

Salam hangat - Andri Mastiyanto

Instagram I Twitter I [email protected]

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image