Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Kemenag Bantul Dorong MTsN 3 Bantul Menjadi Madrasah Berbasis Budaya

Sekolah | Thursday, 14 Jul 2022, 04:19 WIB
Kasi Dikmad Kemenag Bantul saat memberi tanggapan dalam uji publik di MTsN 3 Bantul, Selasa (12/7/2022)

Kemenag Bantul mendorong MTsN 3 Bantul menjadi madrasah berbasis budaya. Potensi yang ada di wilayah Imogiri mendukung terwujudnya hal itu. Apalagi komite madrasah sangat peduli terhadap semua kegiatan madrasah.

Hal tersebut disampaikan Kasi Dikmad Kemenag Bantul, Ahmad Musyadad, S.Ag,MSI saat memberikan tanggapan terhadap draf kurikulum dalam Uji Publik Kurikulum MTsN 3 Bantul Tahun Pelajaran 2022/ 2023 di aula madrasah setempat, Selasa (13/7/2022). Tampak hadir dalam acara tersebut Pengawas Madrasah, Drs. H. Mugiyanta, MSI, Lurah Wukirsari, Susilo Hapsoro, SE, Ketua Komite, H. Turmudzi, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, perwakilan orangtua/ wali dan perwakilan peserta didik.

"Potensi batik tulis, kerajinan tatah sungging, kerajinan keris, adalah potensi yang tidak semua daeeah memilikinya. Ini peluang yang perlu ditangkap, apalagi komite madrasah sangat peduli dan mendukung semua kegiatan madrasah," imbuh Musyadad.

Ketua komite menyambut baik apa yang disampaikan Kasi Dikmad, bahkan dirinya siap memfasilitasi jika siswa maupun guru karyawan ingin berlatih karawitan. Lewat media ini merupakan upaya nyata turut nguri-uri budaya tradisi yang adiluhung.

Lurah Wukirsari menyambut baik program muatan lokal batik tulis MTsN 3 Bantul

Dalam tanggapannya Lurah Wukirsari mendukung program yang ada di madrasah terutama muatan lokal batik tulis yang turut berkontribusi untuk regenerasi. Dirinya juga meminta pihak madrasah juga turut mendukung posisi Wukirsari sebagai Kampung Pramuka. Potensi anggota pramuka bisa dimaksimalkan untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pramuka.

"Wukirsari telah ditetapkan sebagai kampung pramuka. Kita minta madrasah turut mendukungnya dengan turut serta dalam berbagai even yang ada melalui potensi yang dimiliki," imbuhnya.

Sambutan Kepala Madrasah, Sugeng Muhari, S.Pd.Si

Sugeng Muhari, S.Pd.Si selaku Kepala Madrasah MTsN 3 Bantul menjelaskan bahwa uji publik kurikulum ini merupakan tindak lanjut dari beberapa kegiatan seperti evaluasi diri madrasah (EDM), workshop kurikulum, workshop KKM, Focus Group Disscusion (FGD) yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Kurikulum sebagai pedoman pembelajaran selama satu tahun.

Waka Kurikulum Puji Lestari, S.Pd memberikan paparan draf kurikulum

Pemaparan draft kurikulum disampaikan Waka Kurikulum, Puji Lestari, S.Pd. Beberapa point penting yang disampaikan, mengenai rencana yang akan direalisasikan di MTsN 3 Bantul dalam sebuah acuan yang jelas yang berbentuk kurikulum termasuk berbagai kegiatan ekstra kurikuler wajib maupun pilihan. Untuk mewujudkan draft kurikulum yang ideal, perlu dukungan, kerjasama, dan sinergisitas antar berbagai pihak, sehingga kebersamaan dan kekeluargaan merupakan sesuatu hal yang sangat penting.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image