Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Ahmad Syaepudin

Canvassing CRM, Kombinasi Antara Metode Pemasaran Tradisional dan Teknologi

Bisnis | Wednesday, 13 Jul 2022, 14:14 WIB

Canvassing merupakan salah satu kegiatan sales untuk melakukan kontak dengan pelanggan atau calon pelanggan dengan tujuan untuk menawarkan, distribusi, dan untuk mendapatkan pelanggan baru. Sedangkan canvasser adalah sebutan untuk orang yang bertugas melakukan kegiatan canvassing tersebut.

Terdapat dua cara kerja yang biasanya dilakukan yang dapat dipakai oleh seorang canvasser dalam melakukan kontak dengan pelanggan atau calon pelanggan. Pertama, canvasser menghubungi pelanggan terlebih dahulu melalui telepon, pesan, maupun email. Kedua, canvasser menemui pelanggan atau calon pelanggan dengan cara datang langsung ke lokasi dimana pelanggan berada.

Keuntungan yang bisa didapat dari memiliki seorang canvasser adalah perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan distribusi pemasaran pada pelanggan di daerah-daerah terpencil yang sulit di jangkau oleh distributor.

Aktivitas yang lebih banyak dilakukan di luar ruangan ini membutuhkan teknologi yang dapat membuat pekerjaan sales menjadi lebih cepat, mudah, dan praktis.

Kegiatan Sales Canvassing

Apalagi Anda sebagai sales manager juga pasti kesulitan dalam mengawasi, memantau dan memonitoring kegiatan canvassing ini. Anda kesulitan untuk memastikan apakah sales canvasser menjalankan tugas dan pekerjaan dengan benar atau tidak.

Salah satu solusi untuk masalah ini adalah dengan cara menggunakan sebuah sistem yang disebut CRM. Sistem ini memiliki berbagai fitur yang dapat mempermudah seorang canvasser dan Anda sebagai sales manager dalam memonitoring aktivitas pekerjaan mereka.

Fitur CRM Yang Sangat Berguna Untuk Kegiatan Canvassing Tim Sales Anda

1. Mobile Application

Dengan menggunakan CRM mobile akan mempermudah seorang canvasser untuk memasukkan hasil kerja mereka dalam aktivitas kunjungan atau canvassing yang mereka lakukan ke dalam sistem yang ter-instal pada smartphone mereka. Dengan aplikasi ini akan mempermudah seluruh aktivitas sales karena dapat diakses kapanpun dan dimana pun sales Anda melakukan kunjungan.

2. Check In Check Out

Adanya fitur ini memudahkan sales Anda membuat jadwal kunjungan dan menghindari adanya human error akibat kekeliruan mengingat hari dan jam kunjungan. Selain itu, fitur ini juga dapat memberikan informasi mengenai kapan dan jam berapa mereka melakukan kunjungan, jumlah dan durasi kunjungan yang dilakukan, sampai dapat memastikan apakah sales benar melakukan kunjungan dan sampai di lokasi atau tidak. Sehingga memudahkan Anda sebagai sales manager untuk mengukur KPI tim sales Anda.

3. Leads & Deals Management

Dengan fitur ini sales bisa memasukkan data informasi pelanggan dan menjadikannya sebagai leads potential, sampai dengan pencatatan riwayat aktivitas follow-up penjualan sampai dengan terjadinya deals atau clossing. Dan juga data pelanggan akan tersimpan secara cloud dalam database CRM, sehingga Anda tidak perlu khawatir data pelanggan hilang atau tidak dapat diakses ketika sales yang menangani pelanggan tersebut resign.

4. Heatmap Area

Fitur ini berguna untuk melakukan analisa menganalisis populasi atau wilayah potensial sales untuk melakukan promosi. Anda bisa melihat titik area mana saja yang sering dikunjungi oleh sales sampai area mana saja yang memiliki tingkat deals atau clossing paling tinggi.

5. Sales Script

Pegangan materi yang perlu dibahas sebagai SOP tim sales canvassing sehingga mempermudah dan mengoptimalkan tim sales dalam berkomunikasi untuk meyakinkan calon pelanggan.

Jadi, apakah Anda sudah menggunakan aplikasi CRM untuk tim sales Anda?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image