Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Shafira Adlina

Rahasia Memenangkan Lomba Blog

Curhat | Wednesday, 13 Jul 2022, 05:01 WIB
rahasia memenangkan lomba blog (ilustrasi buatan pribadi dengan canva.com)

Sejak kecil kita terbiasa melihat sebuah kompetisi atau perlombaan. Masih teringatkan setiap hari raya ulang tahun kemerdekaan beragam lomba diadakan? Mulai dari balap karung, makan kerupuk, lomba kelereng dan sebagainya.

Ada perasaan excited, takut, gembira saat mengikuti perlombaan tersebut. Saya juga teringat pertama kalinya saat masih duduk di sekolah dasar, beberapa perwakilan dari kelas unutk mengikuti lomba pramuka. Rasanya tentu senang dan bangga menjadi perwakilan terpilih membawa nama sekolah.

Melompat ke tingkat berikutnya, duduk di bangku menengah pertama dan atas tak membuatku lupa rasa bahagia mengikuti lomba. Walaupun saat mengikuti belum tentu selalu menang. Sering diri ini kalah, entah karena pesaingnya memang yang lebih cerdas atau diri ini yang kurang banyak berlatih. Namun, saat mengikuti lomba ada perasaan yang tidak bisa dideskripsikan dengan suku kata. Ada aliran hormone adrenalin bercampur dengan kekhawatiran bayang-bayang kalah serta perasaan mendapatkan hadiah dan penghargaan.

Manfaat mengikuti kompetisi lomba begitu banyak, mulai dari melatih skill dan kepercayaan diri hingga mendapatkan hadiah tentunya. Meskipun tidak lagi duduk di bangku sekolah ada kompetisi lomba yang senang ikuti akhir-akhir ini adalah lomba blog.

Sakha, mamah mau ikut lomba nulis dulu ya. Bantu mamah foto bareng mau?”

Mau mah! Nanti dapat hadiah ya?

Begitu polosnya jawaban dari anak sulung saya, Sakha, yang berusia 6 tahun. Saat itu saya sedang mengumpulkan dokumentasi bersama Sakha unutk pemanis di artikel lomba blog Keju beberapa waktu lalu saat Ramadhan.

Sejak 2 tahun selama pandemi ini, saya memiliki kesibukan baru sebagai seorang bloger di website pribadi saya. Meskipun sudah sering menulis di blog gratisan sejak di bangku SMA di tahun 2006 tapi baru 2 tahun ini saya lakukan dengan serius.

Serius dalam artian, mencari ilmu tentang menulis, terjun ke berbagai komunitas menulis blog serta menulis lebih intens. Tidak disangka ternyata menulis di blog pertamaku di tahun 2020 membawaku ke podium juara di lomba menulis salah satu multivitamin anak. Walaupun hanya juara favorit, rasanya ada perasaan bangga melihat nama kita dipajang dan disematkan di sana.

Ketika anakku bertanya demikian, selalu kutekankan bahwa mamah memang pengen hadiahnya tapi mamah mau coba, mamah bisa ga ya nulis yang disukai juri?. Walaupun anakku belum paham, namun ia berkata Sakha juga mau coba ah.

Waktu berlalu, saya semakin giat dalam menulis. Walaupun saya tetap mengutamakan tugas utama saya dalam membersamai anak-anak dan suami tentunya.

Ada masanya memang tidak bisa semua kompetisi lomba blog diikuti. Entah diri ini yang tidak cukup mengatur waktu menulis atau topik yang tidak dikuasai.

Cerita Memenangkan Lomba Blog

Jujur ketika lomba blog keju tersebut, saya tidak memperkirakan bahwa saya dapat duduk di bangku juara pertama. Saat menulis itu saya nothing too lose dan berharap menjadi inspirasi bagi teman-teman yang membaca dalam meningkatkan semangat puasa pada anak balitanya. Target saya kali itu juara favorit atau juara 3 sudah senang. Ternyata Allah kasih juara 1. Masya Allah.

Tangkapan layar pengumuman lomba blog keju (dokpri)

Sebenarnya banyak sekali teman-teman bloger yang lebih berpengalaman dalam mengikuti lomba blog. Kalau ceritaku bagaimana bisa memenangkan blog, tipsnya yang paling utama adalah membaca dengan cermat syarat dan ketentuan. Setelah itu menentukan sudut pandang yang cocok dengan tema tersebut. Setelah menulis, baru ditambah dengan gambar-gambar pendukung.
Nah, kalau cerita memenangkan lomba blog yang lebih berpengalaman ada dari Juara dan Juri Lomba Blog IndiHome 2021.

Beberapa waktu lalu saya mengikuti webinar yang berjudul Internet Talks, narasumbernya adalah Deddy Huang yang terkenal sering duduk di juara 1 lomba blog. Beliau juga sebagai pemenang juara pertama Lomba Blog IndiHome tahun kemarin. Ia berbagi insigt menarik, lebih dari 10 tahun ia sudah di dunia blog dan hadiah yang ia kumpulkan lebih dari ratusan juta. Masya Allah. Ada insight menarik dalam memenangin juara lomba blog. Mulai dari memperhatikan syarat dan ketentuan lomba blog dengan benar, buat tulisan yang sistematis,pilih sudut pandang, buat konten orisinal jangan jadi plagiator hingga menyiapkan gambar pendukung.

Kemudian ada tips menarik juga dari Fadli Hafizulhaq pada sesi sharing di Internet Talks Episode selanjutnya. Beliau sebagai juri lomba Blog IndiHome 2021 memaparkan bagaimana rahasia membuat konten yang berdampak atau the secret impactful content.

Uda Fadli, begitu sapaannya menjelaskan bahwa intro atau lead ibarat teras yang menjadi first impression pembaca. Lead atau teras ini ada pada paragraph awal artikel. Maka, penting sekali membentuk rasa penasaran dan ketertarikan pembaca agar lebih bikin mereka “melek” untuk membaca.

Selanjutnya cara kedua membuat konten yang berdampak adalah jangan buat pembaca bosan, berikan pemanis gambar, ilustrasi atau infographic. Kini semakin mudah membuat ragam ilustrasi dengan hadirnya berbagai macam aplikasi dan software. Uda Fadli bilang ya minimal di dalam 1 artikel itu ada 2 gambar untuk menghidupkan artikel tersebut. Hal terakhir dekatkan cerita dengan pengalaman. Misalnya, teman-teman ingin mengikuti Lomba Blog IndiHome 2022 dengan tema Manfaat Tak Terbatas Internetnya Indonesia. Meskipun kalian bukan pengguna IndiHome, kita bisa mencari tetangga, saudara ataupun mencari Gedung yang koneksinya dengan provider internetnya Indonesia tersebut untuk merasakan experience-nya.

poster lomba blog IndiHome 2022

Lomba Blog yang total hadiahnya 170juta ini punya 10 kategori yang bisa diikuti. Mulai dari Pendidikan, Parenting, lifestyle, Kesehatan, Profesi, Teknologi dan Internet, Ekonomi dan Bisnis, Creative n Culture, Tourism n Hospitality dan Gamer & Esport. Dengan 10 kategori yang beragam tersebut, kita bisa memilih kategori yang paling dekat dengan kita. Contohnya seorang bloger guru akan menceritakan seputar manfaat internet di profesinya sebagai guru atau ia bercerita tentang manfaat internet dari proses Pendidikan itu sendiri.

Contoh lainnya jika kita seorang ibu rumah tangga, tentu kategori parenting sangat dekat dengan keseharian. Bagaimana internet sangat bermanfaat dalam membantu kita belajar tentang tumbuh kembang anak. Wah, jadi ide tak terbatas deh.

Jadi rahasia untuk memenangkan lomba blog sudah terbayang bukan? Jangan lupa baca syarat dan ketentuan secara detail dan mulai menulislah!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image