Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Shafira Adlina

5 Profesi yang Memiliki Semangat Pahlawan

Curhat | Friday, 12 Nov 2021, 15:36 WIB

Bulan november ini selalu identik dengan hari pahlawan. Ingatan kita tentu melayang membawa ke masa-masa sekolah. Mulai dari sekolah dasar kita diminta untuk memperingatinya.Bicara soal hari pahlawan, apakah kalian sadar bahwa di sekitar kita banyak profesi yang setara dengan pahlawan ini.

Kenapa? Karena sosok pahlawan tidak selalu hanya mereka yang berjuang melawan penjajah dan sekutu. Mereka yang rela berkorban dan berjuang untuk memberikan sesuatu yang terbaik atau orang-orang yang dicintainya, rasanya pantas mereka disematkan gelar pahlawan, kan?

Contohnya, Kamu pernah gak sih mendadak mengalami suatu hal yang tidak diinginkan?

Misalnya, ban kendaraan bermotor bocor saat sedang dijalan, atau mengalami gangguan internet di rumah atau sedang buru-buru untuk menghadiri meeting kantor, tetapi di rumah sedang tidak ada kendaraan?

Jika kamu pernah mengalami kejadian seperti itu, pasti akan berpikir sejenak untuk menemukan solusinya. Contoh kasus di atas sebenarnya dapat diatasi melalui profesi jasa yang tersedia di sekeliling kita, contohnya ketika ban motor bocor, kita bisa mencati tukang tambal ban.

Nah, berikut 5 profesi yang memiliki semangat pahlawan yang bisa menjadi pahlawa ketika kamu terkendala masalah.

1. Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Pahlawan tanpa tanda jasa, itulah sebutan yang melekat pada profesi guru. Guru adalah pahlawan pendidikan. Mereka merupakan sosok pahlawan dengan senjata ilmu pengetahuan dan kesabaran yang tulus untuk menyelamatkan kita dari ketidaktahuan dan kebodohan.

unsplash.com

2. Teknisi Provider Internet

Semenjak pandemi, kebutuhan internet meningkat tajam. Hampir semua kegiataan dikendalikan dari rumah. Mulai dari pekerjaan kantor, sekolah anak-anak hingga berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Terbayang betapa merepotkannya saat tidak ada teknisi provider internet ini. Salah satu tetangga saya mengalami gangguan kabel jaringan internetnya terputus karena perbaikan rumah. Dengan sigapnya teknisi IndiHome datang memperbaiki kurang dari 24 jam dari mengajukan komplain. Teknisi provider internet berjuang untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya.

3. Petugas dan tenaga Kesehatan

Tenaga kesehatan baik itu dokter, suster, bidan, dan bagian administrasinya sekalipun sangat memiliki semangat pahlawan. Terlebih lagi dalam kondisi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir 2 tahun ini. Mereka para petugas tenaga kesehatan (nakes) merupakan pahlawan yang menangani para pasien. Pengabdian mereka seperti pahlawan di masa lampau, rela mempertaruhkan nyawa karena tidak sedikit yang gugur karena turut terpapar virus ini.

4. Tukang Ojek

sumber : instagram.com/indihome

Jika dahulu tukang ojek hanya bisa mengantarkan dan jemput ke tujuan kita. Tukang ojek online kini memiliki fungsi yang lebih dari itu. Mulai dari mengantarkan paket, memesankan makanan hingga membelikan obat-obatan yang kita perlukan. Tak salah rasanya menyematkan kata pahlawan di antara nama mereka. Mereka membantu banyak urusan kita.

5. Customer Service

Profesi pelayanan pelanggan atau customer service juga memiliki semangat seorang pahlawan. Mereka yang menjaga “gawang” pelayanan 24 jam 7 hari untuk menjaga kepuasan konsumen. Sama yang dialami teman saya, ketika internetnya mengalami gangguan. Dengan sigapnya CS IndiHome menjawab keluhannya sebagai perpanjangan tangan ke bagian teknisi yang diperlukan. Tidak lama dari itu bagian teknisi pun datang ke rumahnya untuk memperbaiki bagian yang rusak. Setelah internet tersambung, mereka pun bisa melanjutkan aktivitas tanpa batas kembali.

Charanjeet Dhiman on Unsplash" />
Photo by Charanjeet Dhiman on Unsplash

6. Petugas Kebersihan

Meski berada diurutan terakhir, profesi petugas kebersihan setara juga memiliki semangat pahlawan yang patut diacungi jempol. Mereka membantu daerah kita menjadi lebih bersih dari tumpukan sampah dan kotoran.

Mari bayangkan sejenak, bagaimana rasanya jika sampah dari rumah-rumah tidak diangkut. Wah terbayang bisa-bisa jadi kumpulan sampah dan bau tidak sedap. Mereka pun memiliki risiko tersendiri karena harus berhadapan dengan sumber penyakit.

Tanpa mereka, banyak aktivitas kita banyak terbantu. Yuk mari kita belajar menghargai dan peka terhadap lingkungan sekitar kita! Selamat hari pahlawan, semoga semakin menghargai para pahlawan yang ada di sekeliling kita.

infografis dari indihome

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image