Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Tradisi Silaturrahmi Ketika Hari Raya di Kampungku

Gaya Hidup | Tuesday, 12 Jul 2022, 09:28 WIB
Suasana silaturahmi ke rumah Ketua Tuha Peut Gampong Tanjung Selamat, Syamsul Bahri, MA. (Dokpri)

Aceh Besar - Sudah menjadi tradisi yang berlaku umum dalam kehidupan masyarakat Gampong Tanjung Selamat, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, dimana setiap momentum lebaran/hari raya selalu meriah dengan kegiatan silaturahmi.

Bagi masyarakat Tanjung Selamat dan umat Islam pada umumnya tradisi silaturrahmi merupakan bagian dari nilai-nilai Islam yang diajarkan oleh Baginda Rasulullah Saw sebagai wujud memperkokoh ukhwah islamiyah dan ukhwah insaniyah antar sesama muslim dan masyarakat sekitar.

Hal itu pula yang melatarbelakangi masyarakat yang diapit oleh dua kampus besar di Nanggroe Aceh tersebut antusias menegakkan budaya silaturahmi, seperti yang dilakukan pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 H oleh para Pemuda TS yang mengunjungi rumah-rumah guree dan tokoh masyarakat.

Safari silaturrahmi biasanya dilakukan sejak usai pelaksanaan ibadah hari raya. Mula-mula rumah yang dikunjungi adalah rumah kedua orang tua, keluarga, kerabat dekat, dan tetangga. Lalu ke rumah saudara yang ada di luar gampong bahkan luar kota.

Begitupun ketika pada malam hari, biasanya seusai shalat Isya, aktivitas berkunjung ke rumah-rumah guree (guru/teungku) menjadi prioritas untuk didatangi. Misalnya rumah Imam masjid/imam meunasah gampong, guru pengajian, tokoh adat dan tokoh masyarakat, termasuk silaturahmi ke kediaman pimpinan gampong.

Melakukan kunjungan silaturrahmi secara beramai-ramai ternyata memiliki nilai tersendiri bagi tamu yang datang dan tuan rumah yang menyambutnya. Meski mungkin sedikit merepotkan sang pemilik rumah namun rasa senang hati justru memberikan nikmat yang lebih besar.

Pada perayaan Idul Adha kali ini. Para pemuda Tanjung Selamat telah mengunjungi dan bersilaturrahmi dengan Imam Masjid/Imam Gampong, Ketua Tuha Peut Gampong, ke tempat Guree, dan kediaman para sepuh yang dihormati.

“Semoga dengan terjalinnya silaturahmi, dapat menghilangkan prasangka dan dapat pula membersihkan hati kita,” kata Ketua Pemuda TS Jufri.

Sementara itu Ketua Tuha Peut Gampong Syamsul Bahri, MA.,PhD mengingatkan pentingnya menjaga silaturahmi dan kebersamaan antarsesama umat. “Marilah kita selalu berpegang teguh kepada Alquran dan Sunnah. Semoga kita selamat hidup di dunia dan akhirat,” ujarnya. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image