Sejarah pergerakan Budi Utomo

Image
haloo haii
Sejarah | Thursday, 11 Nov 2021, 13:25 WIB

Oleh: Rifyal Dwi Saputra

Mahasiswa FISIP UMJ

Pada awal pergerakan nasional di Indonesia yaitu gerakan pemuda sejak tahun 1908 dan gerakan mahasiswa yang biasa disebut kaum intelektualitas dan kemampuan kepemimpinannya kerap dianggap cikal bakal melanjutkan perjuangan nasional indonesia ke depannya.

Maka dari itu organisasi Budi Utomo menjadi pelopor berdirinya organisasi -organisasi lainnya dan dari situlah gerakan organisasi bermunculan di Indonesia,seperti Trikoro dharmo,jong sumatranen bond,perhimpunan pelajar-pelajar Indonesia,pemuda Indonesia dan masih banyak lagi.

Salah satu nya terbentuklah organisasi Budi utomo di tahun 1908, pada tahun 1907 Dr Wahidin Sudirohusodo berkeliling pulau Jawa untuk mengkampanyekan peningkatan martabat dan kehormatan rakyat,peningkatan ini membentuk dana pelajar (studiefonds) yang merupakan lembaga untuk membiayai pemuda cerdas yang tidak lanjut sekolah.Tahun 1907 adanya pertemuan antara Dr Wahidin Sudirohusodo dan Dr soetomo mahasiswa stovia,setelah mereka berdiskusi dr Soetomo tertarik dengan gagasan itu.

Pada 20 Mei 1908 di Jakarta terbentuklah organisasi Budi Utomo dan terpilihlah Dr Sutomo menjadi ketua organisasi Budi Utomo,

tujuan dari organisasi Budi Utomo yaitu kemajuan yang harmonis bagi bangsa dan bahasa Melayu lah yang resmi menjadi bahasa tersebut. Pada bulan Juli 1908 sudah 650 orang yang bergabung dalam organisasi Budi Utomo dan tersebar di 7 kota yaitu Jakarta,Bogor,Bandung,Yogyakarta,Magelang,Surabaya dan Probolinggo.

Pada saat itu Budi Utomo ditolak oleh sebagian besar kaum priyai atau golongan bangsawan karena mendapat dukungan birokrasi dari golongan ningrat,akan tetapi Budi Utomo memperoleh dukungan dari kalangan cendekiawan yang peduli terhadap pendidikan bangsa.

Kongres pertama Budi Utomo yaitu pada 5 Oktober 1908 di yogjakarta, mereka sepakat menentukan pengurus besar organisasi berasal dari golongan tua. Hasil dari kongres tersebut yaitu Budi Utomo tidak melakukan kegiatan politik,kegiatan organisasi Budi Utomo ditunjukkan pada bidang sosial budaya dan pendidikan.

Ruang gerak Budi Utomo hanya ada di Jawa dan Madura,Raden Adipati TirtoKoesoemo adalah bupati Karanganyar yang dipilih sebagai ketua pusat Budi Utomo,Penetapan pusat organisasi Budi Utomo adalah Yogjakarta.

Pada tahun 1909 Dr Cipto mangunKusumo mengundurkan diri dari Budi utomo untuk melaksanakan cita citanya yakni gerakan politik bagi seluruh rakyat Hindia Belanda,pada tahun 1912 notodirjo menjadi ketua Budi Utomo karena pada saat itu adanya organisasi lain yaitu sarekat Islam (SI)dan idiespartij (IP).

Pada saat itu Budi Utomo tergabung dalam pemufakatan perhimpunan-perhimpunan politik kebangsaan Indonesia (PPPKI) pada tahun 1927, gerakan tersebut dipelopori oleh Ir Soekarno dan pada tahun 1928 Budi utomo mengambil satu langkah untuk maju yaitu dengan menambah asas dan tujuan pergerakannya yaitu turut berusaha mewujudkan cita-cita persatuan Indonesia.

Akan tetapi usaha mencapai persatuan Indonesia dilanjutkan dengan melakukan fusi dengan partai bangsa Indonesia (PBI) yang dipimpin oleh Dr Soetomo, dan berakhirnya Budi Utomo yang berperan sebagai organisasi pergerakan di Indonesia.

#mahasiswa #budiutomo

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Sejarah pergerakan Budi Utomo

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

URGENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI GENERASI MILENIAL

Image

Mahasiswa PMM-UMM Membantu Pendidikan di TPQ Baitussalam Dusun Jetis, Desa Mulyoagung

Image

Hukum Kontrak dalam Muamalah Islam

Image

Elvano Snack Sediakan Cemilan Sehat dan Buka Lapangan Kerja

Image

Peluncuran E-Book, 'Berbeda, Berdialog dan Berjuang Bersama'

Image

Pengembangan metode bank syariah sebagai solusi utama pencegahan adanya riba dalam pelaksanaan kegia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image