Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Ahmad Syaepudin

Manfaat Manajemen Hubungan Pelanggan Bagi Perusahaan

Bisnis | Monday, 11 Jul 2022, 14:13 WIB

Manfaat Manajemen Hubungan Pelanggan Bagi Perusahaan

Dalam bisnis, interaksi dengan pelanggan merupakan hal sangat penting. Semua kegiatan bisnis yang terjadi dalam perusahaan pasti berujung untuk pelanggan. Mulai dari bagaimana cara agar pelanggan tertarik dan membeli produk Anda, cara agar pelanggan tetap betah dan terus menggunakan produk Anda, sampai bagaimana pelanggan merekomendasikan produk Anda pada orang lain.

Managemen hubungan pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi bisnis untuk meningkatkan hubungan baik antar perusahaan dan pelanggan, baik kepada calon pelanggan agar mereka cepat tertarik dengan produk yang ditawarkan maupun kepada pelanggan yang sudah ada untuk tetap mempertahankan mereka agar tetap menggunakan produk dari perusahaan.

Sebuah sistem yang digunakan untuk kegiatan manajemen hubungan pelanggan inilah yang disebut sistem CRM. Dengan menggunakan sistem CRM pada perusahaan. Tentu akan mempermudah dalam mengelola interaksi pelanggan yang terjadi dalam perusahaan seperti proses menarik prospek atau follow-up, mengkonversi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan sistem CRM pada perusahaan:

Sumber Gambar: info.populix.co

1. Menghemat Biaya

Menggunakan CRM mampu menghemat biaya operasional perusahaan. Data pelanggan yang tersusun rapi dalam database di dashboard yang dikategorikan berdasarkan kebutuhan mereka (pelanggan) masing-masing, memudahkan Anda untuk melakukan kegiatan pemasaran ulang (remarketing) kepada pelanggan yang sudah ada.

Seperti menggunakan media email marketing yang menawarkan produk sesuai kebutuhan pelanggan Anda. Sehingga pemasaran menjadi lebih tepat sasaran. Dalam hal ini tentu akan menghemat banyak biaya promosi perusahaan.

2. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Dengan menggunakan CRM akan meningkatkan layanan pelanggan perusahaan. Dengan sistem yang terintegrasi membuat divisi satu dengan yang lainnya saling terhubung akan mempercepat proses follow-up atau kegiatan menarik prospek kepada pelanggan dengan kebutuhan yang sesuai pelanggan butuhkan sehingga tepat sasaran.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan meningkatnya layanan pelanggan perusahaan Anda karena menggunakan CRM, tentu akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sehingga akan meningkatkan peluang untuk menjadikan pelanggan menjadi pelanggan yang loyal terhadap perusahaan Anda.

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan pelayanan yang cepat dan meningkatnya kepuasan pelanggan Anda akan meningkatnya loyalitas pelanggan. Dengan semakin cepatnya layanan, semakin banyak pesan pelanggan yang dibalas, akan semakin banyak pula pelanggan yang puas yang akan menghasilkan pelanggan yang loyal terhadap perusahaan.

Ditambah lagi, dengan menggunakan CRM Anda dapat melihat riwayat aktivitas follow-up pada pelanggan Anda sehingga mengetahui apa keinginan dan kebutuhan masing-masing pelanggan. Jadi, Anda dapat melakukan penawaran sesuai dengan kebutuhan mereka.

5. Meningkatkan Transparasi Data

Dengan menggunakan CRM, riwayat aktivitas staff Anda dengan pelanggan akan terdata lengkap. Sehingga manajer perusahaan dapat mengecek kinerja staff customer service dan mengukur kinerja mereka. Anda juga dapat memonitor aktivitas penjualan perusahaan Anda untuk meningkatkan penjualan perusahaan yang lebih tinggi.

6. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Dengan menggunakan CRM akan meningkatkan produktivitas perusahaan Anda. Semua aktivitas pekerjaan karyawan Anda akan terdata rapi, sehingga Anda dapat memonitor kinerja mereka untuk produktivitas perusahaan yang lebih baik.

7. Time to Market Meningkat

CRM akan memiliki data tren penjualan dengan produk tertentu di perusahaan Anda berdasarkan database penjualan yang membentuk suatu pola tren penjualan. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan inovasi perusahaan dalam mengembangkan produk Anda untuk meraih penjualan yang lebih tinggi lagi.

8. Keamanan Data Terjamin

Dengan menggunakan sistem cloud pada CRM menjadikan sistem ini aman untuk menyimpan semua data perusahaan Anda dengan akses data yang berbeda-beda untuk setiap user berdasarkan posisi mereka di perusahaan.

9. Mudah Diakses Dimanapun dan Kapanpun

Cloud CRM secara otomatis menyinkronkan data antara seluler dan web. Oleh karena itu, apa pun perangkat yang Anda gunakan, atau di mana pun Anda berada, informasi akan selalu tersedia untuk Anda.

10. Meningkatkan Penjualan

Dengan menggunakan CRM akan meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan pelayanan pelanggan semakin baik, kepuasan dan loyalitas pelanggan yang meningkat, kegiatan pemasaran ulang (remarketing) yang mudah dengan database yang tersusun rapi berdasarkan kebutuhan masing-masing pelanggan, tentu akan meningkatkan konversi penjualan dan juga omzet penjualan bisnis Anda.

11. Kustomisasi Sesuai Kebutuhan

Sistem CRM memiliki fitur yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan, sangat fleksibel sehingga dapat disesuaikan untuk berbagai divisi di perusahaan Anda. Sehingga memudahkan manajer perusahaan dalam menjangkau semua karyawan dan memonitor kinerja mereka.

Fungsi utama dari menggunakan sistem manajemen hubungan pelanggan adalah untuk meningkatkan layanan pelanggan agar lebih cepat dan lebih mudah dalam memonitoring proses prapenjualan dan pascapenjualan, yang nantinya akan berujung untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image