Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Ahmad Syaepudin

Pebisnis Wajib Tahu! Begini Cara Meningkatkan Omzet Penjualan Dengan Aplikasi CRM

Bisnis | Thursday, 23 Jun 2022, 15:23 WIB

CRM (Customer Relationship Mangement) adalah strategi bisnis yang bertujuan untuk mengelola hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Dengan menggunakan CRM, akan membantu Anda dalam menarik prospek penjualan, mengkonversi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta meningkatkan potensi loyalitas pelanggan untuk Customer Livetime Value yang lebih tinggi.

Di Indonesia, banyak perusahaan yang menawarkan jasa aplikasi CRM. Sebaiknya, Anda memilih CRM yang tepat untuk bisnis Anda, yang dapat menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda.

Memilih CRM yang tepat ini sangatlah penting agar sistem ini mempermudah operasional bisnis Anda. Pilihlah sistem CRM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan sesuai budget yang Anda miliki.

Apa itu CRM? (Sumber: forbes.com)

Ini Manfaat CRM Yang Bisa Bikin Omzet Penjualanmu Meningkat Drastis

Dengan menggunakan aplikasi CRM, akan banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dan tentunya bisa membuat bisnismu mendapatkan omzet penjualan yang meningkat.

1. Meningkatkan Jangkauan Pelanggan

Dengan sistem CRM, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Dengan sistem yang terintegrasi dan bisa terhubung dengan berbagai channel akan memudahkan Anda dalam menjangkau lebih banyak pelanggan.

2. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Sistem CRM mampu meningkatkan layanan pelanggan bisnis Anda, karena semua database pelanggan yang tersusun rapi dan dikelompokan berdasarkan kebutuhan mereka masing-masing. Membuat mempercepat proses follow-up pada pelanggan dengan langsung menawarkan produk sesuai kebutuhan mereka.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan semakin banyaknya data pelanggan yang di follow-up dan cepatnya proses follow up pelanggan. Akan semakin banyak pelanggan yang terbantu dan puas dengan pelayanan bisnis Anda sehingga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda.

4. Menghemat Biaya Promosi

Dengan CRM, semua aktivitas prapenjualan dan pasca penjualan bisnis Anda akan tersusun rapi. Sehingga Anda bisa memonitor aktivitas penjualan Anda. Data yang sudah tersimpan dan menjadi database bisa Anda gunakan untuk kegiatan remarketing (pemasaran ulang).

Data yang dikelompokan sesuai kebutuhan pelanggan memudahkan Anda dalam menawarkan produk Anda kembali kepada mereka atau memberikan promo atau diskon khusus sesuai kebutuhan pelanggan.

5. Meningkatkan Omzet Penjualan

Dengan meningkatnya layanan pelanggan bisnis Anda, akan semakin banyak pelanggan yang bisa di follow-up dan juga loyalitas pelangan yang meningkat karena pelayanan yang cepat. Akan semakin banyak peluang untuk mendapatkan clossing dan meningkatkan omzet penjualan bisnis Anda.

Itulah manfaat CRM yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan aplikasi atau sistem CRM yang tentunya bisa membuat bisnis Anda mendapatkan keuntungan dan omzet penjualan yang berlipat.

Jadi, apakah Anda sudah menggunakan aplikasi CRM untuk bisnis Anda?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image