Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Ahmad Syaepudin

Begini Cara Tepat Memanfaatkan CRM Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis!

Bisnis | Tuesday, 28 Jun 2022, 14:47 WIB

CRM Untuk Tingkatkan Penjualan Anda!

CRM tingkatkan penjualan (sumber:sfconsulting.com.my)

Sebagian besar pemilik bisnis di dunia menggunakan CRM (Customer Relationship Management) untuk memenuhi segala kebutuhan bisnis mereka. Dari menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya hingga meningkatkan penjualan dan profit, CRM mewujudkannya. Mari lihat cara memanfaatkan CRM dengan mudah pada artikel ini.

Cara Memanfaatkan CRM Untuk Tingkatkan Penjualan

1. Untuk Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Cara memanfaatkan CRM yang pertama adalah untuk menjangkau pelanggan Anda. Doronglah staf layanan pelanggan Anda untuk menambahkan detail komunikasi ke CRM setiap kali pelanggan baru menghubungi mereka. Data ini mewakili prospek potensial, yaitu orang yang telah menunjukkan minat pada bisnis Anda dan produknya.

2. Tetapkan Prospek ke Setiap Staf Penjualan

Penggunaan CRM memungkinkan bisnis untuk menetapkan prospek potensial ke staf penjualan yang berbeda. Untungnya, Anda dapat memanfaatkan CRM untuk melacak tindak lanjut.

CRM dapat memungkinkan pengguna untuk memasukkan banyak informasi. Mereka juga dapat melacak dan mengelola prospek saat pelanggan bergerak melalui riwayat pembelian.

3. Untuk Meningkatkan Hubungan Layanan Pelanggan Dengan Penjualan

Dalam bisnis, kerja sama antar divisi atau departemen yang berbeda sangat penting. CRM berhubungan dengan pelanggan. Departemen layanan pelanggan (customer service) menggunakan CRM setiap hari. Departemen ini adalah kontak pertama bagi pelanggan, tetapi Anda juga dapat mendorong tim sales untuk menggunakan sumber daya ini. Ini mempromosikan hubungan yang lebih dekat antara layanan pelanggan dan penjualan.

4. Untuk Mencegah dan Mengurangi Adanya Drop Off

Ada banyak alasan mengapa orang tidak jadi melakukan pembelian secara online. Terkadang, ada terlalu banyak langkah dalam membeli produk. Faktor lain adalah proses check out yang terlalu lama dan pelanggan menyerah. Mengumpulkan informasi ini memudahkan untuk mengatasi masalah ini.

Dengan CRM memungkinkan penyelidikan dan penghapusan penyebab pengabaian pelanggan tersebut.

5. Untuk Mempermudah Dalam Membuat Laporan

Laporan penjualan merupakan bagian penting dari penjualan secara keseluruhan. CRM yang baik dengan semua fitur yang diperlukan akan membuat laporan spesifik tentang komunikasi pelanggan, kinerja penjualan individu, dan bahkan tingkat konversi.

Selain menghemat waktu, laporan yang CRM hasilkan adalah sederhana dan bebas dari kesalahan manusia.

6. Untuk Mengeksekusi Prospek Dengan Cepat

Tetap berhubungan dengan pelanggan sama pentingnya dengan mencari prospek baru. Menindaklanjuti pelanggan sangat penting untuk penjualan, dan itu mudah saat Anda menggunakan software CRM. Alat ini dapat mengingatkan staf penjualan untuk menghubungi berbagai pelanggan dan memungkinkan mereka untuk melacak perjalanan mereka.

Telah banyak pebisnis dari berbagai perusahaan ternama yang memakai CRM untuk meningkatkan bisnis mereka. Sebaiknya, Anda pun mulai menggunakan CRM untuk membantu bisnis lebih optimal.

Salah satu penyedia CRM di Indonesia yang bisa kamu pilih adalah Barantum. Selain harganya kompetitif, Anda juga dapat mengkustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image