Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image KKN MIT 14 Kelompok 41

Idul Adha 1443 H di Bakaran Wetan, Juwana: Sembelih 75 Ekor Kambing dan 18 Ekor Sapi

Agama | Sunday, 10 Jul 2022, 15:54 WIB

Juwana, (10/7/2022) – Melansir Keputusan Menteri Agama No. 668/2022, 10 Dzulhijjah 1443 H yang bertepatan pada Ahad, 10 Juli 2022 mahasiswa KKN 14 Kelompok 41 UIN Walisongo Semarang turut serta memeriahkan malam takbiran hingga proses penyembelihan dan pemotongan hewan di Masjid Darul Muttaqin Bakaran Wetan.

Foto: Dokumen Pribadi

Dalam ibadah ini, imam shalat Idul Adha di Masjid Darul Muttaqin Ds. Bakaran Wetan adalah Ustaz Nur Sholikin. Sementara Ustaz H Sunarto sebagai Khatibnya, dan bilalnya Ustaz Suwarno.

Dalam khotbahnya, Ustaz Sunarto menyampaikan data panitia kurban Masjid Darul Muttaqin memperoleh hewan kurban sejumlah 5 ekor sapi; 8 ekor kambing dari total penyembelihan 18 ekor sapi dan 75 ekor kambing di Desa Bakaran Wetan.

"Sejarah kurban telah berlangsung sejak generasi pertama yaitu ketika peristiwa pertumpahan darah anak Nabi Adam AS, Qabil dan Habil. Kemudian, adanya perintah berkurban bermula ketika Nabi Ibrahim AS. berdo’a kepada Allah SWT. agar diberikan anak yang saleh maka Allah menjawab do’a Nabi Ibrahim AS. melalui mimpinya dengan memberikan ujian untuk menyembelih Nabi Ismail AS yang masih berusia belia". Imbuh dari Ustaz Sunarto dalam bacaan khotbahnya. Shalat ini dimulai pada pukul 06.20 WIB.

Setelah shalat Ied, masyarakat Desa Bakaran Wetan dan Mahasiswa KKN bergegas menuju ke tempat penyembelihan Hewan Kurban. Meskipun situasi pandemi Covid 19 yang masih menyelimuti, rupanya tidak mengurangi semangat masyarakat untuk memeriahkan serangkaian acara penyembelihan hewan kurban, dimulai dari anak usia belia, remaja, sampai orang tua.

Foto: Dokumen Pribadi

Adapun pelaksanaan penyembelihan hewan kurban Desa Bakaran Wetan dilaksanakan sesuai dengan pembagian lokasi rumah.

"Penyembelihan hewan kurban ini dilaksanakan per RT, setiap RT ada lokasi untuk penyembelihan kurban di masing-masing mushola yang sudah ditetapkan. Dengan begitu dapat mengantisipasi adanya kecurangan dalam pembagian daging kurban" Ujar salah satu masyarakat Desa Bakaran Wetan.

Dalam kesempatan tersebut, harapannya semoga dapat merekatkan hubungan, meningkatkan solidaritas, dan kerukunan antar masyarakatnya.

Ikuti kegiatan terbaru KKN MIT DR 14 kelompok 41 UIN Walisongo dengan follow Instagram; @kknmit14_41

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image